Penilaian Akhir Semester, Ujian Anak atau Orang Tua?

Penilaian Akhir Semester merupakan salah satu bentuk penilaian yang dilakukan satuan pendidikan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah diselesaikan pada satu semester yang telah dilalui.

Bagi siswa atau peserta didik yang baik, mereka akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Caranya mereka akan mempelajari semua kisi-kisi yang telah diberikan dan sering melakukan latihan soal-soal baik secara individu maupun kelompok. Persiapan yang mereka lakukan tidak bersifat SKS (Sistem Kebut Semalam) namun sudah mereka cicil setiap harinya bahkan sejak jauh-jauh hari.

Namun bagi siswa atau peserta didik yang kurang bertanggung jawab, mereka menyikapi Penilaian Akhir Semester secara biasa-biasa saja bahkan cenderung masa bodoh. Mereka seakan tidak peduli dengan “ancaman” nilai di bawah KKM dan rawan tinggal kelas.

Ada juga di antara mereka yang membuat catatan di kertas kecil-kecil bukan untuk dipelajari namun untuk digunakan sebagai contekan tatkala penilaian berlangsung. Apabila tidak bisa digunakan di kelas (karena pengawasan cukup ketat) terkadang mereka menggunakan kesempatan ke toilet untuk bisa membuka contekan tersebut.

Bagi kita selaku orang tua yang memiliki anak yang akan mengahadapi Penilaian Akhir Semester, sudah semestinya kita mengambil peran dalam moment Penilaian Akhir Semester ini. Kita tidak boleh masa bodoh terhadap apa yang sedang dihadapi mereka. Lantas kita marah-marah ketika nilai mereka kurang memuaskan.

Sejatinya momentum Penilaian Akhir Semester bukan saja ujian bagi peserta didik atau anak-anak kita, namun juga ujian bagi kita selaku orang tua. Akankah kita terlibat langsung dalam moment ini?. Minimal kita memberi perhatian dan dukungan kepada mereka bahkan kalau perlu ikut menemani mereka dalam belajar dan latihan soal-soal.

Sebagai orang tua, kita tidak boleh mengatakan sedang sibuk tatkala anak membutuhkan perhatian kita atau menanyakan soal-soal yang mereka tidak bisa.

Sesungguhnya hasil sebenarnya dari Penilaian Akhir Semester bukanlah berupa nilai atau angka-angka yang akan mereka lihat di rapor nantinya, namun hasil sesungguhnya adalah berupa pembentukan karakter yang menjadi bekal utama mereka dalam menghadapi tantangan hidup di era millenial ini.

Dukung terus putra-putri kita dalam belajarnya, semoga mereka menjadi orang-orang sukses dan memiliki karakter yang mulia di masa yang akan datang.Aamiin.***

Tinggalkan Balasan