Manfaat Daun Pepaya Tidak Sebatas Dijadikan Sayur

Tetapi Memiliki Manfaat Yang Menakjubkan 

Saya yakin bahwa bukan hanya saya yang senang sekali makan pucuk daun pepaya  yang direbus hingga matang. Boleh dengan bunganya .Dijadikan tumisan bunga pepaya dan pucuk atau dibuat anyang. Dimana bunga pepaya  dan pucuk pepaya di rebus diberi parutan kelapa dan sedkikit cabe giling serta garam dan jeruk nipis. Rasanya enak banget.

 

Bunga pepaya(dok Pribadi)
Sering memakan bunga pepaya dan pucuk pepaya tapi tidak tahu manfaatnya. Setelah saya membaca manfaat daun pepaya saya jadi tahu kenapa saya sehat sehat saja .

Dihalaman belakang rumah, suami menanam beberapa pohon pepaya. Ada Pohon pepaya yang sudah kami nikmati buahnya yang manis dan ada Pohon pepaya yang hanya dinikmati pucuk dan bunganya. Di Australia tidak mudah mendapatkan daun dan bunga pepaya

Dokumentasi pribadi
Manfaat daun pepaya:

Daun pepaya sangat banyak manfaatnya terutama untuk menetralisir tekanan darah,melebatkan rambut serta menghilangkan keriput.Mengatasi DBD,mengontol tekanan darah dan mengontrol gula darah Sekaligus obat alami herpes,mengatasi nyeri sendi,mengobati pegal linu,mencegah dan mengatasi sembelit

Mari kita lihat manfaat daun pepaya ini.

Dokumentasi pribadi
Melebatkan rambut.

Daun pepaya mempunya banyak antioksidan yang tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut.Memakan makanan yang banyak mengandung antioksidan dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut

Sering ada yang bertanya apakah rambut saya asli? Tentu asli, karena saya tidak pernah tersentuh oleh wig.

Menghilangkan keriput .

Daun pepaya yang mengandung vitamin  C dan antioksidan yang tinggi mampu melawan tanda tanda penuaan  seperti keriput. meningkatkan elastisitas kulit, sehingga meminimalkan munculnya kerutan maupun garis halus yang dapat mengganggu penampilan. Yang dikenal dengan istilah anti aging atau pencegaan penuaaan dini .

Mengatasi DBD

Kandungan carpaine yang terdapat dalam daun pepaya bermanfaat untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit.Serta anti virus yang dikandung daun pepaya dapat melawan virus DBD.

Mengontrol tekanan  darah

Daun pepaya juga mengandung Kalsium yang bisa mengontrol tekanan darah.

Mengontrol gula darah.

Ekstrak daun pepaya mengandung antioksidan yang tinggi bisa membantu menurunkan gula darah terutama bagi penderita Diabetes.

Obat alami herpes .

Enzim papain yang ada dalam daun pepaya meredakan gejala Herpes zoster meliputi nyeri, lepuhan pada kulit. Enzim papain ini jauh lebih baik dari obat anti virus

Mengatasi nyeri sendi

Daun pepaya bisa meringankan nyeri sendi.

Mengobati  pegal linu

Kandungan papain, flavonoid, dan vitamin E yang terdapat dalam daun pepaya bisa membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan pegal linu.

Mencegah dan mengatasi sembelit

Enzim papain yang terdapat pada daun pepaya juga berguna untuk mengatasi sembelit .Disebabkan kandungan serat dalamg daun pepaya dapat melunakkan kotoran.

Daftar bacaan:

:https://www.alodokter.com

https://www.kompas.com

Kesimpulan:

Banyaknya manfaat daun pepaya dan  tanaman lainnya sangat berguna kita ketahui .Hanya tidak semua orang akan mengalami effect yang sama. Jadi sesuaikan mana yang berfungsi dan mana yang tidak.

Walaupun sejauh ini belum pernah kejadian ada efek negatif terhadap orang yang mengonsumsi daun pepaya tetapi bila terjadi reaksi yang tidak nyaman, tentu perlu dihentikan atau tanya ke dokter.

28 Agustus 2023.

Salam saya,

Roselina

 

 

Tinggalkan Balasan

News Feed