Menjaga Kebersihan Lingkungan

Adalah tugas Kita bersama.

Banyak orang berpikir bahwa kebersihan lingkungan adalah tugas pemerintah atau Petugas Pembersih sampah  dan sebagainya.

Karena merasa sudah  membayar pajak maka segala sesuatu mengenai kebersihan lingkungan adalah merupakan urusan pemerintah. sudut pandang seperti ini, akan menyebabkan orang membuang sampah secara sembarangan tanpa rasa bersalah.

Mana ada orang yang mau  menyimpan tissu bekas pakai dalam kantongnya,sampai menemukan tong sampah baru dibuang.? Untuk dapat mencapai kesadaran ditahap ini, orang harus benar benar merasakan bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah merupakan tugas setiap orang.

Begitu juga kalau mau meludah , orang meludah di tissu dan membuang ketong sampah. Tidak akan meludah disembarangan tempat,demi untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Seluruh lapangan bersih dari sampah(dok pribadi)
Perbedaan karakter tersebut yang membuat Australia bersih dan rapi Karena semua orang melakukan tugasnya masing masing dengan menjaga kebersihan bersama. Mereka menyimpan tissu yang akan dibuang sampai bertemu tong sampah Meludah ditissu serta membuang tissu tersebut kedalam tong sampah..

Karena sudah mendarah daging,maka tanpa perlu dipasang rambu rambu:”Dilarang Buang Sampah” setiap kesempatan semuanya tahu  kewajiban bersama untuk kebersihan lingkungan. Sehingga terlihat bersih dari  sampah dan pemandangan indah terjaga .

Bahkan bagi yang membawa anjing  jalan jalan, wajib membawa plastik. Seandainya anjingmya BAB  maka yang punya anjing wajib mengumpulkannya untuk dibuang kedalam Tong sampah.

lapangan terbuka (dok pribadi)
Menjaga kebersihan serta tidak memetik bunga dimanapun mereka berada menghadirkan pemandangan yang indah, menyeyukkan hati serta menyehatkan.

Disini pemerintah memberi  3 Tong sampah untuk setiap rumah.Yang  tutupnya berwarna merah untuk sampah rumah dan dapur.Tutup Kuning untuk sampah yang bisa didaur  ulang. Untuk tutup hijau sampah sampah dari kebun yaitu sampah tanaman.

lapangan yang bersih (dok pribadi)
Setiap Minggu truk sampah akan mengangkat sampah dengan bergantian antara sampah Tutup merah setiap minggu tutup kuning dan hijau bergantian 2 minggu sekali. truk sampah akan bertugas mengambil sampah dari penduduk atas initiative pemerintah tanpa memungut bayaran sama sekali.

Kesimpulan :

Kebersihan lingkungan bisa terjaga bila semua orang memiliki sense of belonging terhadap lingkungan. Sehingga walaupun tidak ada yang melihat, dengan kesadaran diri ikut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Sejak anak anak mereka sudah terdidik untuk memahami bahwa kebersihan lingkungan adalah merupakan tugas bersama. Bahwa lingkungan yang bersih adalah untuk kepentingan bersama.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya.

28 Agustus 2023.

Salam saya,

Roselina

Tinggalkan Balasan