Merawat Kasih Sayang Tak Dapat Dilakukan Secara Instan

Terbaru0 Dilihat

Harus Dimulai Sejak Kecil 

Anak anak akan merekam segala yang dirasakan ,dilihat serta dialami nya dan disimpan dalam memori ingatannya.

Bila sering mengalami hal hal yang dirasakan melukai hatinya,maka disamping akan menyebabkan anak akan mengalami depressi terselubung, sekaligus menghadirkan sikap mental yang negatif.  Karena menganggap dirinya diperlakukan secara tidak adil. Kelak setelah dewasa, anak anak mengcopy paste apa yang dialami semasa kecil

Karena dalam pikirannya memang seharusnya begitu. Sebaliknya bila merasa dirinya diperlakukan dengan kasih sayang yang setulus hati, maka sikap mental positif dalam dirinya akan terbentuk secara alami.

Anak anak akan meniru prilaku kedua orang tuanya karena dalam pikiran anak anak itulah hal yang terbaik dilakukan sesuai dengan apa yang dialaminya

Dokumentasi pribadi
Walaupun hal kecil perlu disimak agar anak dapat pedoman yang baik untuk masa depan anak anak.  Kami pernah membatalkan rencana tur keluar negeri, karena salah satu dari anak anak kami sakit. Walaupun sebagai konsekuensi logisnya,tiket hangus.

Apalah arti travelling,bila harus melukai hati anak. Karena orang tuanya tega meninggalkan dirinya dalam keadaan sakit. Kelak setelah dewasa anak anak kami ternyata menempatkan pola berpikir yang sama. Yakin family is the first. Kebahagiaan tercipta dalam kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Dokumentasi pribadi
Anak tidak akan merasa bersalah bila dia melakukan hal serupa dengan orang tuanya lakukan ketika dia kecil. Sekarang dia hanya menirunya saja. Oleh karena itu semenjak anak masih bayi kita memberi mereka contoh yang baik untuk ditiru dimulai hal hal kecil.

Dokumentasi pribadi
Untuk dapat membangun dan merawat kasih sayang dalam kehidupan berumah tangga,harus dimulai sejak dari awal.

Kesimpulan :

Ibarat membangun rumah, sejak awal sudah harus dipersiapkan pondasi yang kokoh. Kalau pondasi tidak kokoh, bila terjadi goncangan,maka rumah akan roboh. Begitu juga dalam hubungan merawat kasih sayang dimulai sejak dari kecil.

Adalah menjadi tugas bagi semua orang tua, untuk membangun mental yang kokoh dalam diri anak anak. Hidup susah, ekonomi morat marit, bukanlah alasan untuk mengabaikan pendidikan anak anak. Kami sudah melalui hidup dalam kemelaratan, sehingga pakaian, perhiasan dan cicin kawin kami jual.

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman hidup pribadi, bukan hasil kajian ilmiah.

Memberi contoh pada anak adalah tanggung jawab orang tua agar anak kelak bisa berbuat hal yang baik. Jangan lupa, nasihat panjang lebar dan nyinyir pada anak anak, akan dilupakan dalam waktu singkat. Tetapi contoh teladan yang nyata, akan direkam oleh anak anak dan disimpan baik baik dalam memorinya sebagai pegangan dalam hidupnya kelak.

30 Nopember 2023.

Salam saya,

Roselina.

Tinggalkan Balasan