oleh

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia

-Sosbud, Terbaru-Telah Dibaca : 251 Orang

Assalamualaikum.wr.wb

Saya Cinta Indonesia

Saya salsabilla rizkyta putri sebagai warga negara indonesia sangat bangga memiliki negara yang sangat kaya akan berbagai macam kebudayaan nya. Dan saya sebagai warga negara indonesia yang cinta akan kekayaan budaya indonesia akan turut serta dalam melestarikan dan menjaga budaya yang ada di indonesia.
Indonesia adalah bangsa yang saya cintai, banyak hal yang dapat saya temukan di indonesia, terutama budayanya yang banyak sampai berjuta juta, dari mulai pakaian adat, lagu adat, makanan adat, tarian adat, adat istiadat, senjata adat, serta suku dari semua wilayah di indonesia, dan banyak tempat tempat istimewa di indonesia contohnya dapat kita temui di Candi Borobudur, Candi Prambanan dan juga Museum Museum lainnya.
Maka dari itu kita sebagai warga negara bangsa indonesia yang akan mencintai budaya budaya indonesia harus melestarikan dan menjaga dengan agar tidak punah. Lalu bagaimana sih cara kita melestarikan dan menjaga budaya itu? Dan apa saja sih contoh dari macam macam budaya didalam nya?
Adapun cara kita untuk melestarikan budaya akan Indonesia:
1.Mau mempelajari berbagai macam budaya atau kesenian tradisional dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia.
2.Turut serta dalam berbagai macam kegiatan yang memiliki unsur budaya bangsa di dalamnya. Seperti tradisi grebeg syawal, karnaval atau pagelaran budaya, dan sebagainya.
3.Mengajarkan berbagai macam budaya bangsa kepada generasi penerus.
Ada pula contoh dari macam macam budaya yang ada di Indonesia:
1. Bahasa daerah, Tiap-tiap daerah memiliki bahasa daerah yang unik

2. Upacara adat, seperti bersih desa atau ruwat desa

3. Tarian daerah, seperti tari jaipong, tari piring

4. Pakaian daerah, contoh: kebaya

5. Lagu daerah, contoh: Ampar ampar pisang dari Kalimantan

6. Rumah adat, contoh rumah joglo

7. Senjata daerah, contoh keris

Maka dari itu, Indonesia adalah negara tercinta bagi saya. tempat dimana saya akan mengabdi. Saya lahir di sini, tumbuh, dan belajar di Indonesia ini. Minum dari mata airnya yang jernih, makan dari hasil bumi negeri ini, menghirup paru-paru dengan udara segar alam Indonesia.
Perjalanan hidup saya juga akan berakhir di sini, menyatu dengan tanah tercinta dan menutup mata selamanya seraya berucap syukur karena diberikan tempat tinggal dengan segala keistimewaannya. Saya mencintai negeri indah ini bersama gugusan ribuan pulaunya. Saya mencintai Indonesia dengan segenap hati saya, menjaganya dengan apapun yang saya punya. Indonesia jaya dan tetap merdeka selamanya.

Teeimakasih, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum.wr.wb

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed