Tanggung jawab saya sebagai warga indonesia

Teknologi0 Dilihat

Nama : Putri Minatasari
NIM : 20067

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia
(Saya Cinta Indonesia)
Tanggung jawab saya sebagai warga negara indonesia yaitu menjaga keutuhan negara indonesia,saling menghargai satu sama lain tidak membeda-bedakan kepercayaan satu sama lain.

Kita sebagai makhluk sosial dan anggota masyarat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melangsungkan hidup di dalam masyarat dan juga menjaga memelihara nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.

Dan setiap manusia juga tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantungan dengan keberadaan manusia lainnya.sehingga antar individu harus melakukan komunikasi antar sesama dan sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan antara kepercayaan masing-masing kita harus menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Kewajiban sebagai warga negara indonesia juga wajib menaati hukum dan pemerintahan yaitu pasal 27 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Ada beberapa contoh tanggung jawab yang bisa kita lalukan yaitu:
1.Melaksanakan tata tertib lalu lintas.
2.Menjaga dan mencintai tanah air.
3.Patuh kepada peraturan perundang-undangan dasar 1945.
4.Saling tolong menolong.
5.Menghargai pendapat satu sama lain. 6.Wajib ikut serta dalam pembelaan negara.
7.Mengamalkan pancasila dan nilai-nilainya
8.Sopan dan santun saat berbica kepada seseorang yang lebih tua dari kita.

Kita sebagai anak bangsa indonesia juga memiliki hak dan kewajiban.hak kita yaitu hak untuk hidup, hak berpartisipasi dan lain sebagainya sedangkan kewajiban kita yaitu wajib ikut serta membela tanah air kita, saling tolong menolong antara lain,wajib ikut dalam upaya gotong royong dan wajib juga menghormati hak asasi manusia orang lain karena semua orang mempunyai pendapat yang berbeda-beda tidak sama maka dari itu saling menghormati antara lain.

Selain mempunyai hak dan kewajiban kita juga mempunyai nilai-nilai
pancasila yaitu terkandung juga untuk menjaga, wajib tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang telah di tetapkan dan juga menghormati satu sama lain tidak membeda-bedakan agama karna negara kita ini mempunyai semboyan Bhinneka Tinggal Ika yang artinya yaitu walaupun berbeda-beda tetap satu jua.

AKU BANGGA MENJADI WARGA NEGARA INDONESIA

Tinggalkan Balasan