Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Negara Indonesia

Terbaru0 Dilihat

Nama : Shanty Wijaya
Nim : 20035
Kelas : 1A

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Negara Indonesia
( Saya Cinta Indonesia )
Sebagai warganegara indonesia tentunya memiliki banyak kewajiban yang sudah diatur dalam undang-undang1945.Selain itu juga setiap warganegara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Dengan menjalankan melaksanakannya didalam kehidupan sehari hari. Dan seharusnya kita sudah sepantasnya melaksanakan kewajiban tersebut secara benar dan bertanggung jawab sejak kita menjadi warga negara Indonesia.

Bila kita tidak melaksanakannya kewajiban tersebut secara baik maka kita punakan menghancurkan bangsa kita sendiri. Bangsa kita tidak akan berkembang dan maju apabila warganegarannya tidak menjalankan kewajibannya dengan baik dan benar. Jika kita memginginkan bangsa dan negara indonesia ini menjadi negara yang memiliki warga negara bernasionalisme tinggi maka kewajiban yang di bebankannya pun harus dilaksanakan dengan
bertanggung jawab secara utuh.

Selain itu bangsa indonesia juga akan menjadi bangsa yang memiliki keperibadian yang kuat dan tangguh karena wargannya yang selalu menjalankan kewajibannya dengan sangat baik. Kita juga harus mengerti apa saja tanggung kita sebagai warga negara indonesia . Dengan kita memahami dan mengamalkan idiologi nasional kita yakini pancasila dalam kehidupan sehari hari dalam berbagai bidang kehidupan seperti politik , ekonomi, sosial budaya dan keamanan.

Menjaga memelihara namabaik bangsa dan negara sebagai bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif. Mejaga solidaritas sosial sebagai sesama warga negara indonesia. Selain itu kita juga harus meningkatkan semangat kebangsaan pada setiap diri
warga negara indonesia.

Wujud kita cinta tanah air itu bisa dimulai daricinta produk lokal dalam negeri, mungkin sebagian orang masih mengenal gengsi untukmenggunakan produk lokal terutama dikalangan anak muda yang lebih memilih produk branded yang kebanyakan berasal dari luar negeri. Hal tersebut dapat menjadi masalah terutama bagi generasi penerus bangsa yang akan mencontohkan perilaku tersebut kepada keturunannya nanti.

Banyak dari kita yang lebih memilih produk luar negeri karena melihat dari brand ternama yang kenakan artis artis, menggunakan produk luara akan terkesan lebih mewah dibanding produk lokal masalah lainnya yang sering kita jumpai adalah mayoritas pasar dalam negeri dipenuhi oleh produk impor hal tersebut memicu konsumen untuk membeli produk luar negeri.

Lantas solusi apa yang kita butuhkan untuk lebih menghargai produk lokal?Pembatasan impor produk dari luar negeri bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah ini. pemerintah harus mulai menerapkan kebijakan pembatasan produk impor dari luar negeri.

Tinggalkan Balasan