Shita Dara; Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia (Saya Cinta Indonesia)

Nama: Shita Dara Kinanti

NIM: 20072

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia

(Saya Cinta Indonesia)

Kali ini aku membuat makalah mengenai tanggung jawabsebagai warga negara Indonesia seperti yang di tulis pada juduldi tulisan aku kali ini.

Aku terlahir di negeri ini. Aku tumbuh dan menghirupudara di negeri ini, begitu juga sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia yang lain. Ketika aku lahir, Indonesia masih dipimpin seorang “Bapak Pembangunan” yang katanya memberikan banyak perubahan dan kemajuan, tapi juga banyak meninggalkan hutang bagi Indonesia. Tapi aku tak peduli, akumulai merasakan cinta pada negeri ini mulai tumbuh sejak hari pertama aku melihat dunia. Inilah negeriku, tempat hidungku menghirup udara pertamanya atau tempat tangisku pertama kali pecah. Manusia, lahir, hidup dan berkembang dalam masyarakat. Tak seorang pun dapat hidup sebatang kara tanpa masyarakat. Sadar atau tidak, kita bergaul dengan tetangga dan sesama manusia dan turut serta dalam usaha-usaha dan kegiatan-kegiatan masyarakat.

Seorang warga negara adalah juga seorang anggota masyarakat di mana ia hidup. Tanggung jawab sebagai warganegara meliputi juga tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Warga negara, masyarakat, dan negara adalah tiga istilah yang mempunyai hubungan erat, yang tak dapat dipisah-pisahkan. Masyarakat dan negara selalu mengharapkan bahwa setiap warga negara adalah orang yang baik dan penuh rasa tanggungjawab terhadap masyarakat dan negara.

Tanggung jawab merupakan keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Tanggung jawab sebagai akibat lanjutan dari pelaksanaan hak maupun kewajiban. Tanggung Jawab adalah kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja atau pun tidak di sengaja. Tanggung jawab juga harus berasalah dari dalam hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus di tanggung jawabkan. Manusia tidak boleh dan tidak bisa berbuat semaunya terhadap sesama manusia atau alam sekitarnya. Manusia harus menciptakan keseimbangan, keselarasan antara sesama manusiadi lingkungan sekitar.

Tanggung Jawab bersifat kodrati yaitu sudah pasti tanggung jawab itu harus ada didalam diri setiap manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan rasa tanggung jawab yang besar. Apabila ia tidak mau dan tidak bisa bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang harus memaksa tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung  jawab itu dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi yang berbuat dan dari sisi yang kepentingan pihak lain. Dari sisi si pembuat ia harus menyadari akibatakibat perbuatannya itu dengan demikian ia sendiri juga yang harus merubah ke dalam keadaan baik. Dari sisi pihak lain apabila si pembuat tidak mau dan tidak bisa bertanggung jawab, pihak lain yang akan membuat menjadi lebih baik dengan cara individual ataupun dengan cara kemasyarakat.

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai Warga Negara :

1. Menjaga dan mengarumkan nama baik Negara
2. Memanfaatkan sumber daya alam dengan tetap menjagakelestariannya
3. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong di lingkungan masyarakat
4. Mentaati segala peraturan hukum yang ada
5. Memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan
6. Melaksanakan kewajiban membayar pajak
7. Saling membina kerukunan di antara warga masyarakat, antar pemeluk agama, suku, ras, dan budaya.

Dampak yang di timbulkan :

1. Negara akan di pandang sebagai Negara yang baik
2. Tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga Negara akan semakin kuat
3. Tercipta kehidupan masyarakat yang terjalin dengannyaman

Semakin dewasa dan menginjakkan kaki di jenjang sekolah tertinggi, aku jadi sadar betapa banyak rakyat yang tidak mencintai Indonesia seperti diriku. Aku dapat merasakankeegoisan di negeriku. Banyak pihak yang ternyata hanya ingin mengambil untung dari negeriku, bukan memajukan negeriku. Bahkan para wakil rakyat pun tak benar-benar menjalankan tugasnya sebagai penyampai aspirasi rakyat demi kemajuan negeriku, mereka kebanyakan hanya tidur waktu sidang soalrakyat. negeriku pun kerap menangis melihat aparat pemerintahannya yang ternyata lebih memenuhi sel penjara karena korupsi daripada memikirkan kesejahteraan rakyat. Akudapat melihat kecarut-marutan di sekolah-sekolah, di kota-kotabesar, di gedung-gedung bertingkat, di pengadilan negeri, di kolong jembatan layang, bahkan di Instana Presiden sekalipun..Semuanya penuh ketidak beresan dan sangat berantakan. Semuaorang saling tuduh, berebut harta dan kuasa, mencari muka, yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin terinjak.

Kemudian Indonesiaku kembali menangis, dan kini sedikit meraung. Melihat itu, aku hanya bisa berdiri dengan rapi di lapangan dan hormat pada bendera yang lusuh ketika lagu Indonesia Raya dinyanyikan. Aku hanya ingin menunjukkan aku masih mencintai Indonesia, dengan segala ketidak seimbangan yang ada di negeri ini.

Mencintai Indonesia berarti kita siap melakukan perubahan menjadi negeri yang lebih baik dan memperbaiki yang telah buruk sebelumnya. Maka aku membuat karangan ini bukan lagiuntuk menunjukkan betapa aku mencintai Indonesia, dan bukanlagi untuk menggambarkan rasa cintaku yang besar pada Indonesia. Tapi aku membuat karangan ini, karena aku sadar banyak orang di luar sana yang belum tahu bagaimana cara mencintai Indonesia.

Sejauh aku berjalan, aku merasakan kedamaian yang takterkira

Ya, sebuah kedamaian yang tak akan pernah ku dapatkandi tempat lain

Dimanakah itu? Di bumi-ku tercinta Indonesia

Negeri yang begitu elok dan permai dengan nyanyian alam

Ku hidup di dalam lingkungan yang begitu ramah

Ingin selalu aku berada di sini Indonesia-ku,

hingga nanti tubuhku berada di dalamnya

TERIMAKASIH

Tinggalkan Balasan

News Feed