Tanggung Jawab Saya sebagai Warga Negara Indonesia (Britney Gracesika)

Britney Gracesika (20047, 1B)

 

Tanggung Jawab Saya sebagai Warga Negara Indonesia

( Saya Cinta Indonesia )

 

Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita mengenai sebuah kata apa yang dimaksud dengan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara Indonesia. Saya kamu dan kita semua sudah menyadari dan mengetahui itu sejak kita lahir sebagai Warga Negara Indonesia atau disebut juga Pribumi. Namun, apakah kita sudah menjalankan dan Melaksanakan Tanggung jawab saya kamu dan kita sebagai warga dengan baik dan benar?

 

Saya terlahir dari keluarga Pribumi, ya kedua orang tua saya, keluarga besar saya asli Pribumi. Begitu cintanya saya dan keluarga saya dengan Indonesia. Keluarga Bapak dan Ibu saya terlahir dari keluarga Petani dan Perkebunan. Pekerjaan mereka sehari-hari hanyalah bertani,bercocok tanam,berkebun. Bapak saya lahir di Kupang NTT, Ibu saya lahir di Yogyakarta DIY,  saya dan kembaran(lelaki) saya Lahir di Jakarta, sedangkan adik saya lahir di Bekasi.

 

Saya sangat menyukai asal perbedaan mereka, dengan begitu saya penasaran apasih yang membuat mereka berbeda asal lahir? Ya itulah yang disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika berbeda beda tetap satu jua. Itu yang menjadi semboyan bangsa Indonesia dan tertulis juga pada Lambang negara Garuda Pancasila. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki sekitar 17.000 pulau keberagaman suku, adat istiadat, bahasa, ras dan kebudayaan. Saya sangat cinta Indonesia, saya bangga menjadi warga negara Indonesia.

 

Lanjut cerita waktu saya berada di kepulauan Kupang, Nusa Tenggara Timur saya suka dengan pantai yang indah sekali bagai sedang di alam berbeda hihi. Pantai yang indah dan berwarna, air laut yang sangat bersih bahkan kita bisa melihat ikan kecil, lumba-lumba, ubur-ubu, baby shark dll bahkan sunset disana begitu cantik banget, langit yang tercampur dengan warna pink orange merah biru itu yang membuatku meleleh dengan keindahan Kupang, Indonesia. Kupang juga terkenal dengan “Kota Batu Karang”. Waktu aku naik Gunung Fatuleu tidaklah mudah kita harus melewati 1.500 anak tangga untuk memudahkan keindahan Gunung Fatuleu, bukan sampai situ saja kita juga harus memanjat dan mendaki gunung yang Cuma bisa dilewati satu tapak kaki dan itu harus satu persatu naik yang penuh dengan batu karang  tinggi sekali untuk mencapai Puncak gunung Fatuleu/batu kramat dan menyaksikan pemandangan Pulau Timor dengan ketinggian 875m diatas permukaan laut Fatuleu.

Sedangkan di Yogyakarta aku sangat menyukai tempat wisata alam budaya, wisata belanja dan wisata kuliner. Beberapa wisata yang pernah aku kunjungi, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Museum Gunung Merapi,  Jogja Bay Waterpark, Kalibiru, Hutan pinus pengger, pantai kukup dan masih banyak lagi. Suasana jogja bahkan semua setiap sudut jogja banyak kenangan itu yang membuatku rindu dan ingin berkali-kali kesana, setiap orang yang singgah merasa damai dan tenang. Suasana pengunungan  menoreh yang membuatku terpanah disana sangatlah sejuk,adem, kabut masih tebal sekali, burung berkicau an, suara binatang kecil terdengar dimana mana.

 

Disini saya mau memberi contoh tanggung jawab yang sudah diajarkan oleh kedua orangtua dan keluarga saya bahkan seluruh warga Indonesia, yaitu :

  1. Menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia
  2. Menjaga dan mencintai tanah air Indonesia
  3. Melaksanakan Pancasila dan patuh menaati uu
  4. Saling tolong-menolong
  5. Wajib ikut dalam keamanan dan pertahanan negara
  6. Melaksanakan tata tertib lalu lintas
  7. Saling menghargai satu sama lain tanpa melihat perbedaan
  8. Membuang sampah pada tempatnya
  9. Harus sopan kepada orang yang lebih tua dari kita

 

Dengan begitu kita sebagai anak milineal dan warga Indonesia harus mencintai menjaga dan memajukan Indonesia ini dengan sebaik mungkin. Tanpa membeda-bedakan agama,ras, dan suku. Aku sangat kagum dengan Indonesia dengan keberagaman suku yang menjadikan salah satu kekayaan bangsa Indonesia dan wajib kita jaga bersama sama. Orang Indonesia terkenal dengan sopan santun dan ramah terhadap warga Indonesia dan warga asing. Indonesia didirikan dengan perjuangan dan darah para Pahlawan Indonesia demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) . Aku? Bangga bangga banget terhadap Indonesia. Aku mengucapkan terimakasih kepada Para Pahlawan yang telah berperang untuk keutuhan negara ini, jasa-jasamu akan selalu dikenang.  Aku mengucapkan terimakasih kepada pertanian, perkebunan, nelayan dengan adanya engkau ini menjadi wisata kunjung. kalau tidak ada engkau mungkin kami tidak mengenal apa-apa dan engkau mengajarkan kita warga Indonesia dan warga asing  yang menetap/singgah mengenal tentang pertanian, perkebunan, dan nelayan. Aku juga berterimakasih kepada Tuhan yang telah membuat bumi ini sangatlah indah dan menawan. Aku juga berterimakasih kepada nenek moyang orang jaman dulu yang telah membuat suatu sejarah yang dijadikan museum di Indonesia ini.

 

Kalau kata musisi Indonesia Koes Plus “ Tanah kita adalah Tanah Surga, Tongkat kayu dan batu jadi Tanaman”. Jadi kita sebagai warga negara Indonesia untuk mencintai, menjaga dan memanfaatkan kekayaan alam ini dengan hal Positif untuk kemakmuran bersama rakyat Indonesia.

 

AKU BANGGA MENJADI WARGA NEGARA INDONESIA.

Tinggalkan Balasan