Mahasiswa Memiliki Semangat Juang 45

Perkenalkan, nama saya Sintya Gita Nabilla Putri. Saya adalah Mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta. Pada kesempatan ini saya akan mengimplementasikan aspirasi Mahasiwa sebagai Pemuda yg memiliki Semangat Juang 45. Apasih Semangat Juang 45? Mari simak dengan baik.

Sebelum kita mengerti apa arti dan nilai nilai semangat juang 45, saya akan membahas seberapa penting sih mahasiswa memiliki semangat juang yg tinggi? Ya, tentu penting sekali. Karena dengan semangat juang itu lah yg membuat negara kita maju baik di bidang pendidikan maupun lain lain.

Arti dari Semangat 45 adalah Dorongan dan manifestasi dinamis dari Jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa, menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya.

Seberapa penting Semangat 45 terhadap Mahasiswa?

Jika mahasiswa memiliki rasa jiwa semangat 45, ia akan termotivasi dalam belajar. SemangatĀ juang tidak hanya menghasilkan kemenangan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari Belanda dan sekutu, tetapi juga mampu meningkatkan prestasi bangsa Indonesia di segala bidang.

Contoh semangat juang 45 oleh Mahasiswa seperti bersemangat dalam belajar, berjiwa pantang menyerah. Di era globalisasi seperti sekarang ini, pemuda harus mampu bersaing dan menjasi pemuda yg tangguh. Dan sangat diharapkan bahwa generasi muda saat ini untuk mengisi kemerdekaan dengan hal yg positif. Dan juga agar meresapi nilai-nilai kebangsaan.

Mahasiswa harus mengetahui akan sejarah perjuangan terbentuknya NKRI yang dilakukan oleh para pejuang karena dengan mengetahui sejarah perjuangan kemerdekaan, maka generasi penerus akan dapat membangun negeri ini dengan sebaik-baiknya.

Jiwa, semangat dan nilai kejuangan 45 telah terbukti kehandalannya dalam perjuangan, pencapaian kemerdekaan dan pengisian kemerdakan. Juga terbukti kehandalannya bagi kelestarian kehidupan berbangsa dan bernegara, hingga saat ini. Oleh sebab itu bagi kita bangsa Indonesia harus bertekad baik secara individu, keluarga dan masyarakat untuk melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45, tentu melalui penghayatan, penerapan dan pengamalan dalam kehidupan kita sehari-hari dan bertekad untuk menyebarluaskan atau mentransformasikan kepada generasi di belakang kita.

 

 

Tinggalkan Balasan