Celoteh Nyakbaye Jumat, 070122

Assalamualaikum salam pembuka, berjumpa sore jumat penghulu hari dalam seminggu. Tak terasa sudah tujuh hari berada di tahun 2022, tentu setiap hari diisi dengan cerita suka maupun duka. Bagaimana menyikapi diri dalam menghadapi hari itu tentu berarti dari membuat hati menjadi sakit karena ulah yang menyakitkan hati, seperti kata pepatah jagalah lidah karena lidah lebih tajam dari mata pisau yang tajam.

Untuk membuat hari berarti tentu tidak lupa dari zikir serta doa pagi meminta kepada yang Maha Kuasa semoga hari ini berjalan dengan kebaikan, tapi jika di dalamnya ada yang menyakitkan anggap saja kita berbuat kebaikan tapi belum cukup baik untuk orang yang menerimanya, itulah rezam hidup di dunia fana ini.

Hari ini kegiatan nyakbaye masih seperti biasa, pagi setelah berpasrah kepada Illahi, menyiapkan sarapan, terus siap bertempur sebagai pendidik anak bangsa menjadi kewajiban yang tidak boleh dilupakan, karena ini hutang dalam menjalankan tugas sebagai pegawai negeri.

Sedikit celoteh nyakbaye tentang bagaimana menyikapi hari supaya terus dalam rasa kegembiraan, karena kebetulan pagi menjelang siang ada rasa yang mencuit hati, karena tindakan yang tidak dipikirkan oleh seseorang sebenarnya sebelum bercakap harus dipikirkan dulu, bukannya mengikuti kata hati akhirnya membinasakan diri sendiri dan merusak silaturahmi.

Tip untuk menghadapi hari supaya selalu bahagia :

  • Bangun pagi dengan semangat tinggi, lupakan lelah ataupun sakit yang dirasa, karena orang lebih suka melihat kita menderita daripada bahagia, karena itu tunjukkan bahwa anda bahagia
  • Tunjukkan bahwa anda berharga dengan memberikan kebahagian pada sekitarnya
  • Berikan senyum pada siapa saja di pagi hari, insyaallah hari anda akan ceria
  • Sikapi segala sesuatu dengan hati – hati, luapan emosi biasa bagi manusia tapi jangan berlarut di dalamnya
  • Jangan membalas rasa kecewa dengan kecewa, mungkin dia bicara karena lagi kalut tapi harus waspada karena orang yang bersikap seperti ini akan selalu lupa diri, maka yang harus

mengingatkan diri untuk berhati – hati

  • Buatlah suasana selalu happy maka semua akan berarti dalam menjalani hari.

Ini celoteh dari nyakbaye hari ini, berbuat baik berpada – pada, mawas diri harus selalu, menghindari bukan berarti takut tapi lebih menghargai hati sendiri daripada disakiti, wassallam*** (AZ)

Tinggalkan Balasan