Guru Gaptek

Terbaru5 Dilihat

Guru Gaptek

KMAC-17

Cing Ato
#KarenaMenulisAkuCeria
#AndalabelGuruyangMana?

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Berbagai penemuan baru bermunculan. Semuanya mempengaruhi pola perilaku hidup manusia.

Kini zaman digitalisasi, semua sektor kehidupan bersentuhan dengannya. Kita tidak bisa lari dari teknologi. Begitu pula dengan guru.

Guru zaman now harus mengusai teknologi kekinian guna memudahkan proses kegiatan pembelajaran.

Ketika wabah Corona melanda dunia, semua aktivitas kegiatan dilakukan di dalam rumah. Termasuk kegiatan pembelajaran. Di sinilah guru yang terbiasa dengan teknologi tidak akan gagap menghadapi teknologi.

Namun, bagi guru yang gagap teknologi (gaptek) kebingungan untuk menyampaikan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi.

Corona membuat semua melek teknologi, begitu juga guru tidak boleh tidak harus bersentuhan dengan teknologi. Baik komputer, laptop, dan smartphone.

Dewasa ini hampir semua guru sudah melek teknologi, andaikan ada hanya segelintir guru tua. Namun, tidak semua guru tua gaptek.

Alhamdulillah, penulis pada saat pembelajaran jarak jauh ada sedikit bekal ilmu pengetahuan tentang media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga ketika diberlakukan pembelajaran jarak jauh sudah tidak kaget lagi.

Apalagi penulis dalam kondisi separuh daya. Walau dalam separuh daya tidak mau kalah dengan yang sehat. Terus belajar mempelajari bermacam aplikasi di smartphone. Dahulu membuat presentasi menggunakan powerpoint dengan menggunakan laptop. Kini cukup dengan menggunakan smartphone bisa membuat berbagai media pembelajaran. Seperti aplikasi canva, kinemaker, blog, google form, Quizis, whatsApp dan lain-lainnya. Bahkan untuk membuatnya cukup sambil tiduran.

Demikianlah sudah saatnya guru melek teknologi agar tidak gagap teknologi.

Teknologi membuat yang sulit menjadi mudah, yang jauh menjadi dekat, yang berat menjadi ringan, yang makan waktu menjadi cepat, dan lain-lainnya.

Cakung, 27 Februari 2023.

 

Tinggalkan Balasan