Datangilah Sang Pengubah Kehidupan. Pasti Hidupmu Akan Berubah

Datangilah Sang Pengubah Kehidupan. Pasti Hidupmu Akan Berubah

Cing Ato

#SarapanPagidenganMenulis

Al-kisah, ada sebuah diskusi panjang antara tukang cukur dengan orang yang sedang dicukur.

“Pak, Allah itu tidak ya?” Tanya tukang cukur

“Ada, Allah itu ada,” jawab orang yang dicukur

“Kalau Allah itu ada, kenapa nasib saya tidak pernah berubah?”

“Allah itu ada.”

“Tidak ada pak.”

Tukang cukur tetap kekeh mengatakan bahwa Allah itu tidak ada, sementara orang yang dicukur tetap kekeh mengatakan bahwa Allah itu ada. Diskusi belum putus sampai selesai memotong rambut.

Orang yang dicukur keluar dari tempat cukur. Tak lama ia keluar, tiba-tiba ada orang yang rambutnya gembel seperti tak pernah dicukur.

Orang itu pun teriak dengan keras di luar tempat tukang cukur.

“Tukang cukur itu tidak adaaaaaa,” teriak orang yang dicukur dengan keras.

“Adaaaaaaaa, pan tadi saya habis cukur bapak,” balas tukang cukur tidak mau kalah

“Kalau ada tukang cukur, kenapa orang ini rambutnya gembel?” Tanya orang yang dicukur

“Karena ia tidak mau datang ke tukang cukur,” jawab tukang cukur membela

“Nah, kalau begitu Allah itu ada, Tetapi Kamu tidak pernah mendatangi Allah, sehingga hidupmu tidak berubah,” jelas orang yang dicukur tadi.

Akhirnya tukang cukur diam seribu bahasa dan tidak bisa berkomentar lagi. Laksana orang main catur terkena skak dan ster.

Kisah di atas tentang enggannya kita mendatangi Allah. Bisa kita jadikan pembelajaran dalam mengarungi samudera kehidupan ini.

Berapa banyak dari kita yang dalam hidup ini jauh dari Allah, bahkan meniadakan keberadaan Allah. Padahal Allah selalu ada, hanya saja kita terkadang dibutakan oleh gemerlapnya suguhan dunia. Dan atau juga karena terlalu pintarnya kita.

Padahal Allah itu dekat sedekat urat nadi, karena kebodohan kita, seolah-olah Allah itu hilang. Ketika kita dalam pusaran kesusahan dalam hidup, sering kita menyalahkan akan keberadaan Allah.

Padahal kita sendiri yang jauh dari Allah.

Pada saat penulis menjadi seorang pelajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) mengalami kegalauan bersebab persaingan kepintaran teman-teman sekelas. Sejak kelas 1 MAN penulis bercita-cita ingin kuliah di perguruan tinggi negeri lewat jalur prestasi, dahulu dikenal dengan istilah PMDK, kalau sekarang dengan istilah Mahasiswa Undangan.

Sejak kelas 1 penulis mencoba untuk terus belajar di rumah walau hari libur. Hal hasil penulis selalu berada di pusaran lima besar hingga kelas 3 MAN. Ketika sampai di kelas 3 penulis sedikit galau. Karena yang akan mendapatkan atau mengikuti jalur prestasi hanya 3 siswa dari 5 siswa yang peringkat atas.

Ketika dalam kebingungan penulis mendapatkan jawaban sendiri “Kenapa aku tidak mengadu kepada Allah saja. Pan Allah Maha kuasa. Dengan kuasanya Allah bisa merubah apa yang menurut manusia tidak bisa berubah.”

Akhirnya penulis selalu menunggu dan menjumpai Allah pada waktu yang tepat. Kapan itu, pada saat waktu salat pardu tiba. Di situlah penulis selalu mengejar azan. Hampir setiap waktu penulis mengumandangkan azan, setelah itu sebelum iqomah penulis menjumpai dan berbicara panjang lebar kepada Allah lewat lantunan -lantunan doa.

Doa penulis yang terus-menerus dilakukan berbuah manis. Ketika upacara bendera terakhir di kelas 3 MAN, penulis dipanggil oleh kepala madrasah. Penulis dengan dua teman menghadap kepala madrasah.

Kami pun duduk di kursi yang sudah tersedia di kantor kepala madrasah. Kami pun tidak mengetahui bersebab apa dipanggil kepala madrasah.

Kami duduk tenang, lalu kepala madrasah bertanya

“Apakah kalian ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri?”

” Iya, Pak.” Jawab kami serempak

“Ok, kalian akan saya kirim ke IAIN Jakarta.”

“Alhamdulillah,” jawab kami

Penulis sangat berbahagia pada saat itu. Impian menjadi seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri menjadi kenyataan. Tidak terbayangkan jika penulis tidak dapat perguruan tinggi negeri. Sudah dipastikan penulis tidak akan kuliah, mengingat penulis hanya seorang anak tukang arang kayu yang penghasilannya sudah bisa ditebak.

Syukur Alhamdulillah, ternyata Allah ada. Semakin kita sering bermesraan dengan-Nya, apapun yang kita pinta pasti dikasih. Jangankan minta, tidak minta saja dikasih. Karena Allah Maha pengasih kepada seluruh makhluknya. Tapi, ingat kita kudu tahu tempat-tempat bisa bermesraan dengan Allah.

Mau tahu tempatnya? Ya, sering-seringlah duduk di majlis taklim.

 

Cilincing, 01 Agustus 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Subhanallah Cing Ato kisah kehidupan nyata yang sangat mempengaruhi perjalanan seorang anak manusia ketika semata berharap dan menghamba kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.
    Inspiratif, patut dan layak dijadikan pemelajaran
    Salam Literasi