Narakarya 1 Sebagai Syarat di Kukuhkannya Nenjadi Pembina Pramuka

Narakarya 1 Sebagai Syarat di Kukuhkannya Menjadi Pembina Pramuka

Pendidikan formal bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu: manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, memiliki etos kerja yang tinggi, bertanggung jawab serta sehat jasmani dan rohani.

Tujuan tersebut dapat tercapai melalui kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikulet. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan di sekolah diantaranya adalah kepramukaan yang dilakukan oleh gerakan pramuka tingkat siaga dan penggalang untuk sekolah dasar. Pendidikan kepramukaan dilaksanakan melalui gugus depan gerakan pramuka yang berpangkalan di sekolah yang bersangkutan. Program kegiatan ekstrakutikuler ini memiliki tujuan sebagai wadah bagi anak-anak dan pemuda indonesia dengan prinsip-prinsip metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan kepentingan dan perkembangan bangsa dan negara Indonesia agar:
a. Menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta
1) Tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat keyakinan beragama.
2) Tinggi kecerdasan dan keterampilan.
3) Kuat dan sehat fisiknya.
b. Menjadi warga Negara Indonesia yang ber-Pancasila serta dan patuh kepada Negara kesatuan republik Indonesia.
Sementara itu tujuan pembinaan ekstrakurikuler dibidang kepramukaan di sekolah adalah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan ke peserta didik dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik melalui kegiatan kepramukaan.
Berdasarkan uraian di atas, maka Pendidikan kepramukaan agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya di sekolah dan dapat menunjang ketercapaian tujuan Pendidikan nasional.
Tujuan umum dari kegiatan Kursus Mahir Dasar Pramuka bagi Pembina Pramuka Kabupaten Gunungkidul Angkatan Tahun 2023 ini adalah untuk memberikan bekal dan pengalaman praktis bagi pembina Pramuka melalui Kepramukaan pada Gugus Depan sekolah masing-masing. Sedangkan secara khusus, kegiatan ini bertujuan sebagai berikut:
1. Meningkatkan kemampuan dan jumlah Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dalam melakukan pembinaan anggota pramuka di Gugus Depan masing-masing.
2. Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional, dan sosial Pembina pramuka sesuai dengan golongannya sehingga mampu berperan positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3. Menerapkan Sistem Among dan Prinsip Dasar Kepramukaan dalam hidup bermasyarakat, sehingga Pembina Pramuka mampu menjadi panutan peserta didik dan masyarakat di sekitarnya.
Sasaran dari diselenggarakannya kegiatan Kursus Mahir Dasar Pramuka bagi Pembina Pramuka Kabupaten Gunungkidul Angkatan Tahun 2023 ini dibagi menjadi dua, sebagai berikut:
1. Sasaran Peserta
Peserta Kursus Mahir Dasar adalah Pembina pramuka jenjang SD/SMP/SMA/SMK di-Kabupaten Gunungkidul, baik negeri maupun swasta.
2. Sasaran Program
Sasaran program diselenggarakannya Kursus Mahir Dasar adalah :
a. Kuat keyakinan beragama
b. Tinggi mental dan moralnya serta berjiwa Pancasila
c. Sehat, segar dan kuat jasmaninya
d. Cerdas, tangkas, dan terampil
e. Berpengetahuan luas dan dalam
f. Berjiwa kepemimpinan dan patriot
g. Berkesadaran nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan
h. Berpengalaman banyak

Sejumlah 72 peserta KMD ( Kursus Mahir Dasar) yang terdapat mengikuti diklat dan dinyatakan lulus ini harus menyelesaikan Narakarya 1 selama 6 bulan. Dalam penyusunan Narakarya ini sejumlah 3 peserta mendapatkan satu pembimbing. Peserta menyelesaikan Narakarya dan di dampingin oleh Pembina pendamping masing-masing. Penulis sendiri mengadakan pertemuan dengan pendamping sebanyak 2 kali pertemuan. Alhamdulilah Narakarya 1 dapat penulis selesaikan. InsyaAllah di malam tanggal 14 hari Pramuka akan di kukuhkan menjadi pembina pramuka. Walaupun ada 72 peserta diklat namun tidak semua bisa di kukuhkan menjadi Pembina karena belum menyelesaikan Narakaryanya. Bagi pesera diklat yang lulus dan berhasil menyusun Narakarya maka berkesempatan untuk mendaftar sebagai peserta diklat Kursus Mahir Lanjutan.
Selamat bagi peserta diklat yang telah berhasil menyelesaikan Narakarya 1 dan segera di kukuhkan menjadi Pembina, bagi yang belum selesai tetaplah semangat untuk bisa menyelesaikan Narakarya 1 nya agar ilmunya makin bermanfaat dan di amalakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal kepramukaan.
Salam sehat salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.
Salam Pramuka …

Gunungkidul, 11 Agustus 2023

Tinggalkan Balasan