Tulisan ini di dedikasikan untuk sahabat penulis.  Kali ini awak ingin menyampaikan perihal  Vitamin C.  Ada vitamin C  natural terdapat di beberapa jenis buah- buahan. Ada pula Vitamin  C kejiwaan terdapat sikap dan perilaku manusia.

Tabiat seperti ini  menurut hemat awak  secara khusus ada pada diri kita semua para penulis.  Tanpa disadari  secara rutin meng-konsumsi Vitamin  C untuk menjaga stamina  dalam menulis  dan kemudian posting.

Tak tanggung tanggung Vitamin itu bukan 1 jenis saja tetapi sesuai anjuran ahli,  penulis hendaknya   men konsumsi paling tidak 5 jenis Vitamin C.

Ini dia 5 Vitamin C

  1. cerdas
  2. cerewet
  3. cermat
  4. cendikia
  5. curhat

Cerdas : Setiap penulis so pasti cerdas, kalau tidak tentu tulisannya tidak akan di terima om Admin.  Tulisan yang lulus seleksi dari diri sendiri kemudian lulus sensor admin merupakan prestasi serta kebangaan tersendiri bagi kompasianer.  Kebanggaan itu akan lebih terasa  sewaktu dibandingkan dengan tulisan ditolak oleh media cetak, hahahaha.

: Penulis pada dasarnya cerewet, terutama kaum wanita dan manula.  Tulisannya panjang panjang , entah apah yang di cilotehkan.  Penulis kelompok ini kalau posting bisa berhalaman halaman sampai sakit mata memandang (bukan membaca). Lain pula halnya dengan penulis pria dan pemuda gagah tampan perkasa,  biasanya tulisan mereka  singkat padat sampai sampai hanya terdiri dari satu kalimat.

Cermat : Untuk menghindari salah ketik dalam tulisan, perlu  dilakukan proses  editing berulang ulang sebelum posting.  Tulisan yang rapi tanpa ada salah ketik mengambarkan penulis itu  seorang yang cermat dan teliti.  Namun apa daya,   namanya juga  manusia, walaupun tulisan sudah diplototi sesering mungkin selalu saja terjadi kesalahan ketik.  Pernah satu saat kami Panitia Raker  menuliskan salah kata- kata Rapat Kerja, entah bagaimana kejadiannya, huruf J terjatuh dikeyboard.   Jadilah kata kata itu Rapat Kera.

Cendikia : Sesuai dengan pesan Omjay Penulis senior, membacalah dulu sebelum menulis, maka membaca adalah pintu masuknya ilmu.   Membaca adalah ciri khas seorang cendikia.

Banyak membaca banyak pula yang didapat untuk bahan menulis.  Dari membaca beberapa referensi  terkadang muncul inspirasi untuk dijadikan sebuah tulisan. Hanya saja jangan sampai kebablasan membaca, sehingga bahan  bacaan itu di copy paste semua menjadi sebuah karya,   hehehe ini namanya plagiat.

Curhat : Berdasarkan pengamatan secara sekilas, kalau boleh saya menyimpulkan  bahwa hampir 60 persen tulisan adalah curahan hati.

Curhat terutama berada di tulisan fiksi dalam bentuk puisi.  Tidak menjadi soal penulis  dijadikan ajang curhat, karena Om Admin telah berbaik hati menerima segala bentuk curahan hati baik yang nelangsa sedih maupun  berita gembira penulis mendapat rezeki (hadiah lomba menulis khalee).

Curhat bertopik cinta hampir menguasai portal websit dimana mana  terutama datang dari penulis yang sedang mabok kepayang.  Selain itu kita patut berbangga karena terdapat juga jenis curhat sosial.  Posting yang mengedepankan kisah sejati penderitaan rakyat pantas  di hargai,    Curhat ke Anggota DPRRI  salah satunya.

Demikian ulasan singkat tentang Vitamin 5 C,  sahabat penulis ingin me menambahkan,  silahkan……

  • Salam Literasi
  • BHP, 12 Agustus 2023
  • YPTD

Tinggalkan Balasan

2 komentar