Pesta Siaga Tingkat Cabang Gunungkidul ” Cerdas, Ceria, Bersahabat”

Terbaru61 Dilihat

Pesta Siaga Tingkat Cabang Gunungkidul
“Cerdas, Ceria, Bersahabat”

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunungkidul berupa “Berkarakter, Progresif, Berbudaya” maka perlu Upaya yang bersifat strategis sebagai Langkah-langkah ketercapainnya. Pengembangan dan peningkatan kapasitas keanggotaan meliputi pramuka siaga, penggalang, penegak dan anggota dewasa gerakan pramuka yang diharapkan dapat mencapai Tingkat atau tahapan tertinggi dari masing-masing golongannya. Untuk itu salah satu upaya yang dilakukan untuk pramuka golongan Siaga yaitu diadakannya Pesta Siaga di hari Rabu, 11 September 2024 dengan tema “Pramuka Siaga Cerdas, Ceria dan Bersahabat” dilaksanakan di Kapanewon Paliyan tepatnya di Kalurahan Giring, Paliyan Gunungkidul.
Sebanyak 44 barung 264 peserta se kabupaten Gunungkidul mengikuti kegiatan yang di mulai dengan registrasi peserta, persiapan upacara pembukaan dan tepat pukul 08.15 Wib upacara pembukaan di mulai. Sebagai Pembina upacaraBunda Paud yaitu Bunda Diah Purwanti Sunarryanto. Beliau membuka kegiatan dan memberikan sedikit amanh bahwa dalam kegiatan ini diharpakan dapat melatih peserta sebagai seorang pramuka dapat mengembangkan sikap yang baik, ,menambah pengetahuan, ketrampilan dan membuat hati riang gembira sehingga dapat memotivasi dan bersemangat untuk bisa menuju pramuka Garuda bahkan menuju pramuka Istimewa.
Selesai upacara pembukaan dilanjutkan dengan karnaval dan Bazar. Kegiatan karnaval ini bertujuan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan pada budaya di Gunungkidul dan DIY. Ada di antara peserta yang menampilkan thoklik yaitu salah satu alat musik tradisional di wilayah Gunungkidul. Sedangkan diadakannya bazar dengan tujuan agar peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha melalui simulasi transaksi jual beli. Di antara 6 peserta setiap Barung ada satu atau dua yang menunggu stan bazar. Peserta terlibat langsung dalam proses transaksi jual beli. Tempat pelaksanaan bazar di Taman Desa Giring.
Peserta sangat antusias dalam pelaksanaan bazar dan karnawal tersebut. Bahkan Ketika ditanya anak-anak tidak merasa capek namun sebaliknya mereka sangat senang. Mereka mendapatkan pemgalaman baru terkait engan transaksi jual beli. Selesai karnaval peserta mengikuti kegiatan di taman pesta siaga. Ada empat taman yang akan di kunjungi oleh peserta pesta siaga tersebut.
Pertama peserta akan berkunjung ke taman “Siaga Bertaqwa”. Di taman ini peserta diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan membiasakan membaca doa harian dan surat-surat pendek bagi yang beragama Islam serta kepedulian terhadap sesama dengan mengisi bumbung pramuka seiklasnya.
Di Taman kedua yaitu Taman Siaga Terampil, peserta mendapatkan tugas untuk bisa melakukan permaianan sekoci dan juga tali temali. Tujuan kegiatan di Taman Terampil ini peserta diharapkan dapat meningkatakan ketangkasan dan kerjasama dalam menghadapai tantangan. Selain itu peseta diharpakan dapat meningkatkan ketrampilan menggunakan simpul.
Empat taman belum di kunjungi semua masih ada dua taman lagi yang harus di kunjungi, namun suara adzan dhur berkumandang. Peserta pun mendapat intruksi untuk istirahat makan dan juga salat. Baru kemudia setelah istirahat makan dan salat kegiatan berkunjung ke dua taman yang lain akan dilanjutkan.
Taman ketiga yaitu “Taman Siaga Pintar” tujuan kegiatan di taman ini peserta diharapakan mampu meningkatkan wawasan mengenai daerah tempat tinggalnya dan wilayah Gunungkidul. Ada dua aktivtas di taman ini yang pertama peserta di minat Menyusun peta buta wilayah Gunungkidul dan aktivitas dua peserta di minat menyalin Bahasa Jawa ngoko menjadi Bahasa Jawa kromo inggil.
Selanjutnya peserta akan berkunjung di Taman Nasionalis. Tujuan kegiatan di taman ini peserta diharapakan dapat meningkatkan wawasan nasionalis terkait pahlawan dan tokoh gerakan pramuka. Taman satu hingga empat sudah di kunjungi semua. Alahamdulilah semua tugas-tugas di taman dapat terselesaikan dengan semangat dan kerjasama antar peserta.

Upacara penutupan dilaksanakan dengan tertib dilanjutkan dengan melakukan flasmop “ Yogyakarta Warisan Budaya Dunia” Waaw luar biasa rasa lelah terobati dengan melakukan kegiatan ini. Bahkan ketika di tanya peserta masih ingin melanjutkan kegiatan.

Serangkaian kegiatan Pesta Siaga telah terlaksana dengan lancar dan tidak halangan suatu apapun baik peserta, pembina pendamping maupun panitia. Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi kegiatan pramukan di kwaran masing-masing maupun di pangkalan gugus masing-masing. Demikian semoga bermanfaat. Salam sehat salam pramuka tetap semanagt dan terus berkarya.

Gunungkidul, 12 September 2024

Tinggalkan Balasan