Pertahankan Integritas Anda

Setiap hari Anda berupaya untuk mempertahankan nilai-nilai kebenaran dalam setiap perkataan, perilaku dan tindakan Anda. Ternyata tidak mudah, karena Anda senantiasa melihat orang-orang di sekitar Anda melakukan berbagai hal yang berlawanan dengan integritas Anda, bahkan seolah-olah hal itu adalah hal yang wajar. Sementara Anda mengetahui bahwa semua itu tidak sepantasnya dilakukan. Pertentanganpun kerap terjadi di dalam diri Anda, apakah seharusnya Anda harus ikut melakukan hal yang sudah dianggap “wajar” di kehidupan yang sedang Anda hadapi atau tetap bertahan dengan integritas Anda? Misal, teman-teman Anda dengan tenangnya melakukan korupsi waktu, menilep uang negara atau uang perusahaan dan berfoya-foya dengan menggunakan dana negara atau perusahaan.

Saat Anda berada pada posisi tertentu, Anda dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup di tempat baru. Namun Anda harus tetap teguh mempertahankan kepercayaan atasan atau negara. Meski banyak tekanan demi tekanan, godaan demi godaan namun Anda harus tetap kuat, tidak perlu goyah. Meski yang mereka lakukan melawan atau melanggar aturan, namun integritas yang Anda jaga akan memberi kepuasan tersendiri  pada hati Anda. Anda harus menang atas segala godaan yang muncul. Dari waktu ke waktu, Anda akan selalu dipercaya dan semua orang akan hormat pada kesetiaan dan keteguhan Anda.

Terkadang, Anda merasa lebih mudah untuk mengikuti perbuatan rekan-rekan Anda. Bahkan Anda merasa yakin tidak akan ketahuan atau ketangkap bila meniru cara mereka yang sudah sangat rapi. Ingat, Anda harus tetap setia pada integritas Anda, karena sekali Anda melakukan penyimpangan, bakal selamanya kredibilitas Anda akan hancur dan Anda tidak pernah dipercaya lagi. Anda harus menyikapinya dengan hikmat sambil terus menjaga kemurnian hati Anda. Belajarlah dan teguhlah di manapun berada, apa pun yang terjadi, jangan pernah lupa pada identitas Anda sebagai orang baik. Jangan terpesona pada kenyamanan hidup sementara, yang bakalan mencelakakan Anda selamanya.

Ayo, Anda harus mampu menjaga integritas hidup Anda di manapun berada.

Jika Anda berada di dalam tekanan, sebaiknya  Anda jangan cenderung untuk berkompromi. Anda harus terus bertahan. Tentukan komitmen Anda untuk dapat memiliki hidup yang berintegritas.

Integritas adalah berpikir, berkata-kata, bertingkah laku dengan benar, baik saat dilihat oleh orang lain, maupun ketika tidak ada seorangpun yang melihatnya.

Tangerang Selatan, 4 September 2021.

@sg

 

Tinggalkan Balasan