Paska KMAC Whats Next

 

Assalamualaikum

Selamat Pagi.

Have a nice days.

Menulis itu Perkerjaan, Hobby, Tugas atau apapun alasan tetap menyenangkan. Itulah yang kita rasakan setelah usai Program KMAC. Ceria bermakna kemampuan menyebarkan energi positif untuk siapa saja mulai dari keluarga, lingkungan tempat tinggal,  pekerjaan dan dimanapun kita berinteraksi.

Saya merasakan hal itu disini. Tegur sapa komunitas Pengarang YPTD sopan santun  sungguh merupakan satu suasana menyenangkan penuh nilai nilai peradaban. Kita ditakdirkan berhimpun disini dengan latar belakang yang sangat beragam. Keberagaman itu direkat Literasi sehingga suasana nyaman aman menyenangkan kita niknati di sini.

Terima kasih sahabat. Tetaplah menebar energi positif dengan niat berbagi kebaikan melalui karya jurnalis yang bermanfaat bagi kemaslahatan bersama. Program KMAC usai. Tentu semangat menulis tak kan pernah pudar.

Yuk kumpulkan tulisan kemudian kirim email ke YPTD thamrindahlan@gmail.com . Bersama ini di share contoh file untuk pengajuan permohonan ISBN ke Perpustakaan Nasional. Desain Cover buku dibantu Bang Ajinatha dan Cing Ato .

Yes Whats Next After KMAC

Literasi adalah pekerjaan peradaban nan berkelanjutan.  Masih ingat petuah Buya Hamka bahwa Muara Tulisan adalah Buku. Sungguh sangat sayang katika  tulisan nan terserak idak dikumpulkan menjadi sebuah kitab.

Buku merupakan lambang keabadian bersebab usia buku melebihi usia penulis.  Buku merupakan salah satu warisan literasi berperan pula  menjadi alibi bukti seorang anak manusia pernah mukim di dunia fana.

Tentu saja buku  wajib terdaftar di kancah literasi internasional.  Bersebab hal itu Penerbit YPTD menfasilitasi buku KMAC memiliki Barcode ISBN mengikuti jejak  365 Judul Buku yang telah diterbitkan.

Saya selalu mengingatkan rekan penulis.  Point terpenting dari menerbitkan buku adalah Naskah. Naskah (jadi) adalah roh buku.  Sedangklan proses menerbitkan buku mulai dari pengajuan ISBN sampai buku dicetak menjadi pekerjaan dan tanggung jawab Penerbit.

KMAC telah menghasilkan naskah buku berupa 40 Judul tulisan untuk setiap peserta.  Silahkan sahabat Pengarang YPTD menghimpun tulisan tersebut.

Caranya kita sudah paham semua.  Ketik nama  anda dan pengarang (misal Bonytha Pengarang) di mesin pencarian google.com.  Disana  sudah tertera  semua posting KMAC di website YPTD terbitkanbukugratis.id seeprti terlihat di dokumentasi foro  ini

Pindahkan satu persatu tulisan tersebut kedalam File Word.

  1. Ukuran kertas A 5.
  2. Font 12
  3. Huruf Times News Roman,
  4. Spasi 1.5
  5. Margin standard.

Perlu kesabaran dan ketelitian   mengumpulkan tulisan menjadi sebuah naskah buku.  Bisa jadi 2-3 hari naskah sudah tersimpan dalam satu file. Jangan lupa memberi / menetapkan Judul Buku

Silahkan kirim sinopsis buku, judul dan Nama Pengarang  ke Bang Ajinatha dan Cing Ato  untuk desain cover buku. Terima kasih banyak dan penghargaan  kepada dua pengarang YPTD yang telah mewakafkan diri untuk desain cover buku.

Tahapan selanjutnya pengajuan ISBN ke Perpusnas. Sahabat Pengarang YPTD mempedomani file Permohonan ISBN .  Contoh surat Permohonan ISBN bisa di lihat di WAG YPTD.

Kelengkapan permohonan ISBN antara lain

  1. Surat Pernyataan Keaslian Karya,
  2. Daftar Isi,
  3. Kata Pengantar,
  4. Sinopsis
  5. Cover Buku.

KIta berharap proses Penerbittan Buku KMAC bisa selesai sebelum Hari Raya Idhul Fitri. Seandainya tidak ada kendala berarti pada permohonan ISBN sahabat Pegarang YPTD  buku diterima di masing masing alamat.

Perlu pula disampaikan berita gembira dari Perpustakaan Pemda DKI Jakarta. Buku buku Penerbit YPTD ber ISBN akan di beli dengan syarat menyerahkan 1 exp buku ke  Perpustakaan Jakarta. Buku KMAC menjadi percontohan meningkatkan produktifitas penulis.

Demkian informasi keberlanjutan dari KMAC. Kita bisa terus ber Komunikasi Informasi dan Edukasi di WAG YPTD untuk meng update data dan berita. KMAC selesai bukan berarti menulis berhenti.

Sahabat yang belum lengkap KMAC teruslah lanjutkan  posting. Saya jadi teringat kisah seorang pelari marathon.   Pelari terus berlari dan berlari sampai mencapai finish walaupun sudah tertinggal.  Panitia memberikan hadiah khusus atas semangat menyelesaikan tantangan.

  • Salam Literasi
  • BHP, 23 Maret 2023
  • YPTD

 

 

Tinggalkan Balasan

4 komentar

    1. Selamat Sore Ibu Theresia. Izin saya menampilkan dokumentasi tulisan ibu di head tulisan. Terus terang saya sangat terkesan dengan semangat Ibu Guru. Bersama sahabat peserta KMAC saling memberikan semangat. YPTD berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah mengirim umat terbaik untuk saling menguatkan berbuat kebaikan. Salam Hormat.

  1. Terima kasih, Pak Haji.
    Luar biasa perjuangan dan dukungan Bapak dan YPTD buat kami.
    Semoga kami tetap bersemangat menulis. Amin.
    Semoga YPTD tetap jaya dan Bapak makin eksis dalam membangun literasi. Amin.
    Salam literasi,