[Catatan Umroh : 2] Abo Khalil Madinah

abo777

Prosesi Ibadah Haji dan Umroh ke Tanah Suci Madinah dan Mekkah merupakan silaturahim antar umat moslem se dunia. Itulah sebab musabab  ketika awak diperjalankan Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa  ke tanah suci untuk yang ke – 5 kali berniat menambah sebanyak mungkin sahabat seiman.

Pada setiap kesempatan apakah di Masjid Nabawi, Masjidil Harram, atau di tempat lain kami selalu berusaha saling bertegur sapa. Minimal ucapan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabbarakatuh. Waalaikumussalam disertai senyum ramah renyah setulus hati.

Alangkah nikmat mendapat sahabat baru. Iman dan Islam mempersatukan kita walaupun berbeda asal negara namun kekerabatan itu seolah sudah terasa sangat kental sekali.  Ketika hati saling tersentuh maka segala sesuatu menjadi mudah dan lancar walau berbeda bahasa.

Yes bahasa tutur hati sangat mudah dipahami sehingga tidak ada lagi hambatan berkomunikasi. Disamping itu saudara sebangsa se tanah air Bulan April – Mei 2022 semakin ramai memenuhi tanah suci.  Pasalnya protokol  kesehatan Kerajaan Saudi Arabia di era paska pandemi covid 19  sudah sangat longgar sehingga membuat jamaah umroh sedunia  semakin aman dan nyaman.

Tida ada lagi PCR, Swab  apalagi karantina.  Demikian pula shalat berjamaah bisa rapat bersentuhan bahu.  Hanya masker tetap dikenakan walaupun terkadang Askar Kerajaan tidak terlalu ketat menegur.  Nikmat  mana lagi nan dikau dustakan.

Cuaca Kota Madinah lumayan dingin ditambah hembusan angin kencang di saat shalat subuh.  Demikian pula di Mekkah  cuaca panas mengiringi langkah jamaah berangkat dari hotel menegakkan Shnat Dzhuhur ke Masjidil Haram.

Menunggu tiba shalat Isya di Masjid Nabawi Senin, Ahad 27 April 22  awak sejenak berdiri meluruskan kaki. Sementara meninggalkan sahabat seperjalanan juga sekamar : Dr Lukman Hakim dan Dr Djoko Ismoyo yang sedang mengaji. Biasanya antara shalat Maghrib Isya jamaah umroh tidak pulang ke hotel.

Menunggu sembari dzikir atau mendengar tausyah ulama. Awak beranjak mengelilingi beberapa syaf.  Tetiba disapa oleh seorang Arab sembari melambaikan tangan mempersilahkan mendekat dan duduk disampingnya.  Beliau Syeikh Abo Khalil warga kota Madinah.  Demikianlah rupanya  takdir mempertemukan kami

Bisa jadi inilah ijabah doa dalam hati tadi.  Awak ingin sekali menikmati roti atau apalah namanya karena perut ini terasa sedikit agak lapar.  Mungkin karena menunda waktu menikmati makan malam.  Syeikh Abo Khalil sepertinya  paham.  Beliau serta merta menyajikan Roti, Kurma dan secawan minuman.

Alhamdulillah.  Keramahan Penduduk Madinah sahabat baru ku  ini tampak ketika beberapa kali teman teman nya menyapa.  Bukan sekedar menyapa tetapi ada juga tempat  singgah dan memberi hadiah kurma dan roti.

Komunikasi kami cukup lancar bersebab Syeikh Abo pandai berbahasa Inggris. Kami bertukan nomor ponsel. Sebagai tanda terima kasih Awak menghadiahkan sebuah Buku terbitan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD),

Pada hari hari selanjutnya sebelum berangkat ke  Kota Mekkah, awak selalu bersua Syeki Abo Khalil. Antara waktu Maghrib  Isya. Tempat pertemuan tetap di sekitar  kotak penyimpanan sandal / sepatu nor 265. Posisi ini persis  menghadap Raudhah Itulah penanda awak bila mencari Mr Abo agar tidak tersesat diantara sedemikian luas dan ramai jamaah Masjid Nabawi.

Abo Khalil Hafizd Al Qur’an mengajarkan mengaji.  Awak membaca surat Al Fatehah dan surat surat pendek Juz Ammah.  Bersyukur  mendapat guru nan ikhlas ketika membetulkan tajwid dan kharaj.   Beliau acap mengabadikan pertemuan kami dalam bentuk foto dan video.

I will sent this video to our family, He said

Demikian pula ketika di Mekkah awak mengirim video suasana Masjidil Haram.  Tampaknya Syeikh Abo senang sekali dan Beliau membalas kiriman video suasana Masjid Nabawi.  Suasana buka puasa bareng di 2 kota suci dengan puluhan ribu jamaah umroh dan warga sekitar sungguh satu pengalaman reliji tak terlupakan. ,

Komuikasi by Whatsapp sampai sekarang terus terkoneksi.  Alhamdulillah 28 orang Jamaah Umroh Hawla Mabrur  tiba di tanah air 6 Mei 2022. Selama 13 hari pejalanan ibadah umroh  nan sangat mengesankan ditandai karunia sehat walafiat ditandai berat badan turun 3.5 kg.

Syeikh Abo Khalil melalui WA terus menerus dari Madinah mendoakan keselamatan Keluarga Haji Thamrin Dahlan.  Tentu pula Sheikh Abo mendoakan kita semua sahabat pembaca atas seizin Allah SWT diperjalankan ke Madinah ziarah ke Maqam Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan Tawaf serta Saii di Masjidil  Haram.

Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

  • Salam Literasi
  • BHP, 25 April 2022
  • 23 Ramadhan 1443 Hijriah
  • Salam Literasi

Tinggalkan Balasan

3 komentar

  1. Alhamdulillah semoga ibadah umroh Ayahanda Mabrur Aamiin. Labbaikallah Humma Labbaik semoga kita dimudahkan tuk kembali ke Baitullah
    Rindu Baitullah
    Kerinduan yang Elok balut dengan doa.