Selamat : Cum Laude Doktor Mayor TNI AL Nani Kusmiyati

 

Terlalu banyak pilihan judul menyambut prestasi Mayor TNI  AL Nani Kusmiyati.  Seorang wanita single parent berjuang bersama Putra Galazy menuntaskan Pendidikan Tertinggi Tingkat Doktoral (S 3) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selamat : Cum Laude Doktor Mayor TNI AL Nani Kusmiyati

Secara pribadi saya bersyukur penuh rasa bangga ketika ditakdirkan bersua, berkenalan, bersahabat  dalam genre literasi dengan Mbak Nani Kusmiyati.  Demikian kami menyebutnya di Whats Up YPTD Group selain sebutan sayang lain. Ibu Komandan, Ibu Mayor dan Ibu Guru Bahasa Inggris serta Ibu Nan Rendah Hati.

Ini untuk kedua kalinya saya bersengaja hadir di Ujian Terbuka Doktoral.  Sebelumnya saya hadir di Universitas Merdeka Malang Jawa Timur  untuk mengapresiasi Kompol Dr. dr. Rommy Sebastian, M. Kes. Berbusana kemeja lengan panjang dengan dasi sebenarnya bukan untuk bergaya namun lebih kepada penghormatan untuk Mejelis Ilmu Perguruan Tinggi Berkelas.

Salut kepada siapa saja yang telah menyelesaikan Pendidikan Doktoral. Istilah paling tepat inilah Pendidikan Terakhir setelah SD, SMP, SMA, S1, S2 final di tingkat S3 Doktoral. 20 tahun lebih duduk di bangku sekolah suatu ketekunan pembelajaran luar biasa.

Setelah S3 tidak ada lagi pendidikan formal. Kini tantangan Para Doktoral bagaimana mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan agar bermanfaat bagi masyarakat.   Selain itu Anda kini berada di periode pembelajaran  menuntaskan sekolah hidup dan kehidupan nan tiada bergelar.

DISERTASI Komisaris Polisi DR. dr Rommy Sebastian Koto, M.Kes Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Melalui Pendekatan Ilmu Sosial Halaman 2 – Kompasiana.com

Rabu, 30 Agustus 2023 Gedung Bung Hatta Kampus UNJ Lantai 5 Rawamangun Jakarta Timur  menjadi saksi sejarah keberhasilan perjuangan pendidikan akademik Dr. Nani Kusmiyati. Predikat cum laude di tasbihkan Ketua Pengguji Prof Dr Dedi diringi rasa haru seluruh hadirin dan tepok tangan meriah.

Hadir bersama pegiat Literasi Omyay (Dr. Wijaya Kusuma) Mbak Mutiah  Alhasany dan Mbak Sukma Gulton. Dari Lemhanas Kolonel TNI AD  Dr. Diana.  Hadir pula Ibu Agnes dan  rekan rekan satu Angkatan Doktoral UNJ.  Tetap setia mendampingi  rekan yang sedang berjuang ditahap akhir mempertahankan disertasi.

Rasa haru biru  semakin meyeruak hati  ketika hadirin mendengar Ibu Nani terisak berkisah tentang keluarga.  Suami dan anak tertua telah medahului. Dalam situasi dan kondisi keluarga demikian di tengarai kesibukan tugas sebagai anggota TNI AL Nani Kusmiyati menyikapi kehidupan dengan ketegaran penuh kesabaran nan tiada tara.

Dalam kapasitas sesama anggota TNI / Polri  saya salut.  Bisa jadi prestasi seorang Bintara mencapai tingkat doktoral termasuk sosok langka. Pilihan Sersan Dua Nani Kusmiyati sejak masuk di lingkungan TNI AL  mempelajari Bahasa Inggris membawa dirinya dimuliakan dan diangkat derajat hidup dan kehidupan. Sesungguhnya seseorang akan diangkat derajatnya ketika dia berilmu.

Kehidupan ini bisa berubah ketika ada usaha dan upaya serius tanpa menyerah meningkatkan kemampuan. Nilai Tambah (add value) Bahasa Inggris, Public Speaking dan Menguasai IT  telah di buktikan Dr. Nani Kusmiyati membawa dirinya berprestasi cemerlang baik di Kesatuan maupun di Forum Internasional.

Memiliki add value sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman dirasakan manfaatnya oleh Nani Kusmiyati dalam penugasan.  Keterpilihan melaksanakan tugas sebagai Pramugari Haji, Penugasan Dinas Militer di Manca Negara dan beberapa penugasan lainnya adalah rekam jejak luar bisa yang sukar tertandingi dari seorang berawal dari pangkat bintara.

Saya mengapresiasi ketika  Nani Kusmiyati bergabung di Komunitas YPTD. 4 Judul Buku solo telah diterbitkan.  Aktif dalam kegiatan meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia.  Lengkap sudah pekerjaan peradaban seorang insan ketika dalam keseharian berkutat sdebagai Guru dan Penulis.

Bagi TNI Al Dr. Nani Kusmiati adalah aset.  Team Penguji Doktoral Universitas Negeri Jakarta  merekomendasikan untuk berlanjut menjadi Dosen di Universitas Pertahanan (Unas) ketika memasuki masa pensiun 2024.  Science, Skill and Atittude  Dr. Nani Kusmiyati patut dan pantas di wakaf persembahan untuk dunia pendidikan Indonesia. The Old Soldier Never Retired Just Fade Away

  • Salam Literasi
  • BHP, 31 Agustus 2023
  • YPTD

 

Tinggalkan Balasan

8 komentar

  1. Selamat Bunda Komandan Nani sekarang udah encaoai apa yang telaimh diperjuangkan. Banyak pembelajaran dari pengalaman berproses bunda . Proud of you Bun. Senang bisa mengenalmu walau tatap Maya jauh Dimata dekat didoa ya bun

  2. Bapak Thamrin terima kasih atas kehadirannya pada saat saya melaksanakan ujian terbuka. Saya serasa memiliki keluarga penulis. Terima kasih om Jay, Mba Muthia, mba Sukma juga bu Agnes dan ibu Enymay. Beliau-beliau semua adalah sahabat dan keluarga literasi. Tanpa bimbingan bapak Thamrin, Om Jay dan sahabat semua, saya mungkin tidak dapat mencapai cita-cita ini. Sekali lagi terima kasih. Semoga persahabatan senantiasa terjalin. Amiin