Motto Menulis Thamrin Dahlan : 3 Pena

YPTD0 Dilihat

Setiap Penulis sebaiknya memiliki motto. Motto menulis dijadikan sebagai pedoman menulis di media social.  Tujuannya  tidak lain agar dalam menyampaikan sesuatu sesuai dengan rambu rambu yang telah ditetapkan sendiri.

Awak memiliki motto menulis 3 Pena, yaitu Penasehat, Penakawan dan Penasaran.  Segala sesuatu ketika posting selalu di mulai dengan kosa kata Pena. Pada dasarnya  dalam kehidupan sehari hari seorang  selalu dikelilingi oleh 3 Pena :

  1. Pena Sehat,  bisa juga berarti sekelompok orang yang memberikan nasehat di sebut Penasehat
  2. Pena Kawan, bisa juga berarti sekelompok orang yang menjadi kawan disebut Penakawan
  3. Pena Saran, bisa jadi berarti sekelompok orang yang suka memberi saran, karena dia selalu penasaaran

Pena Saran terdiri dari dua kata ; pena dan saran. Buah pena berisikan saran kepada siapa saja, bisa jadi saran kepada teman atau kalau perlu saran kepada lawan.

Tulisan disampaikan dengan tulus ikhlas kepada teman yang berisikan saran saran agar kawan tersebut dapat memperbaiki kinerjanya, atau dalam bentuk saran lainnya yang intinya adalah berupa saran membangun karena kecintaan untuk kawan sejati.

Kepada lawan, Pena Saran. Dimaksudkan saran kepada lawan agar tidak usyah bermusuhan terus, mari bersahabat,ena pada dasarnya bermusuhan itu capek. Kata orang bijak, seribu kawan belum begitu banyak, sedangkan musuh satu orang sudah cukup buat pusing.

Kepada lawan Pena Saran bisa beberbentuk agitasi, atau sejenis ancaman atau pemerasan, nah kalau yang ini segera saja lapor kepada yang berwajib.

 

Penasaran. Penasaran yang teridri dari satu kata, bermakna sebagai rasa ingin tahu yang mengebu ngebu.  Tingkatan Penasaran sangat realtif tergantung penasaran itu keluar dari sosok tubuh manusia amna.

Penasaran seorang ilmuan berbeda tipis dengan penasaran orang yang jatuh cinta.  Sorang ilmuan mengobati rasa ingin tahu nya dengan membawa tubuhnya ke perpustakaan, atau menuju computer langsung akses internet.

Seorang petarung cinta mengobati dendam rindunya dengan mendatangi pujaan hati, atau paling tidak melihat rumah kekasih hatinya sudah cukup untuk meredakan gemuruh debaran jantungnya..  Penasaran Haji Rhoma Irama di dendang dangdutkan dengan lagu Penasaran;

 

sungguh aku mati aku jadi  penasaran….. 

sampai mati akan aku perjuangkan 

memang dia yang paling cantik 

di antara gadis yang lain

aku juga merasa heran……

kalau dia jadi rebutan…

Penasaran adalah sikap positif, rasa ingin tahu harus dipenuhi kalau tidak dia akan menjadi pena pena lain seperti yang di usulkan oleh kompasianer yang memberikan comment . Ini dia sahabat pena yang lainnya  

  1. pena gihan
  2. pena waran
  3. pena nya
  4. pena bok
  5. pena kan
  6. pena mas
  7. pena kut
  8. pena ampakan

Alhamdulillah 10 tahun berkiprah di media social sebagai penulis amatir 3 Pena sebagai motto memberikan rasa aman, nyaman dan tenang.  Semua itu bersebab menulis untuk kebaikan, berbagi informasi dan berupaya tidak memaki apalagi mendeskritkan orang lain.

Semoga semakin lama berkehidupan di dunia maya semakin  bijak pula bersuara.  Penakawan untuk kawan kawan, penasaran memberikan saran dan terakhir pena sehat bermakna menulis untuk kesehatan jiwa raga bagi semua.

Salamsalaman

YPTD

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar