Semangat Nordik Paguyuban Pensiunan Kesehatan Polri

Semangat Nordik Paguyuban Pensiunan Kesehatan Polri (P2KP).

  • Sambil bersiulan sepanjang jalan
  • Jalan mendaki bersama sang adik
  • Bukan berjalan  sembarang Jalan
  • Jalan kaki memakai tongkat Nordik

Terus terang saya dan mungkin beberapa teman belum  paham benar apa itu tongkat nordik.  Mungkin  kita cuma bisa mengira-ngira  mengapa juga  orang sehat berjalan kaki memakai tongkat.  Agak aneh juga ya  tampaknya.

Tak pelak timbul syak wasangka apakah  ini sejenis gaya hidup baru yang mengada ngada. Bersebab hal itu timbul lah issue ditengah masyarakat atau media sosial.  Mereka memberi kepanjangan Nordik itu Norak Norak dikit.

Yes, Akhir akhir ini kita sering  melihat orang-orang berjalan dengan tongkat meskipun di permukaan datar. kemudian timbul pertanyaan: apa alasan mereka melakukannya?  Ternyata hal  ini dikenal sebagai jalan Nordik,.  Mirip  dengan cara orang berjalan ketika melakukan ski lintas alam.  Juga ketika naik gunung mengunakan tongkat sebagai alat bantu.

 

Kini prasangka nyeleneh itu  terjawab sudah. Jum’at 6 September 2024 bersama Komunitas Paguyuban Pensiunan Kesehatan Polri (P2KP) di perkenalkan Nordik.  Wakil Ketua P2KP BJPP Drs H. Sutrisno Untoro Apt  bersama KBPP drg Ike menjelaskan dan memperagakan bagaimana cara memakai tongkat nordik untuk olahraga jalan kaki.

Lapangan Buperta (Bumi Perkemahan Pramuka) Cibubur Pukul 06.30 sudah depenuhi bapak ibu berseragam hijau dan juga biru. Lebih dari 70 Anggota P2KP memenuhi undangan olahraga bersama. Tampaknya pengurus memberi contoh teladan baik.  Mereka semua sudah memiliki Tongkat Nordik.

Hadir Pendiri P2KP Bapak BJPP dr Soerjono, SKM beserta Ibu. Mantan Kapusdokkes Polri IJPP Dr dr Rusdianto, MM  dan Kerpala Rumah Sakit Bhayangkara Tk Irjen Pol Dr Haryanto, Sp.PD. KBPP dr Budi Rahardjo, Sp, A, dan beberapa perwira menengah. Berserta anggota P2KP baik dari Rumkit Polri, Polda Metro dan Mabes Polri juga BNN.

Mbak Wulan sebagai pembaca acara menyapa dan mengucapkan selamat datang. Berdoa sesuai keimanan masing masing. Segera saja Mas Trisno  dengan gaya khas membuat suasana menajadi riuh meriah. Drg Ike menjelaskan tentang kegunaan Nordik  dan langsung memperagakan bagaiman  cara yang benar menggunakan  tokgkat kesehatan tersebut.

Sebelum jalan kaki,  Mbak Watini memimpin senam  pemanasan.  Senam santai serius untuk melonggarkan otot agar nanti tidak kram.  Setelah itu olahraga berjalan kaki dimulai.  Kecepatan berjalan bertongkat  disesuaikan dengan kemampuan kesehatan masing masing. Rasanya pensiunan orang kesehatan memang luar biasa.   Masih mampu berjalan cepat mengelilingi setengah Buperta. Panitia tampaknya membatasi untuk tahap awal ini cukup 2 km saja.

Panitia menyiapkan makanan dan minuman cukup banyak untuk seluruh peserta.  Tampak Bu Beres KBPP Ahmaysani dan KBPP Sri Sundari mengkoordinir pendistribusian konsumsi. Mulai dari makakan rebus rebusan, pisang sampai ke minuman sehat,  Ternyata selera kita semua tertantang ketika dihidangkan rujak, Terima kasih terima kasih P2KP

Sambil duduk lesehanan diatas tikar kita menikmati makanan mendengarkan suara Mas Trisno yang mengggelegar dan kocak.  Di ikuti pula dengan joget atau dansa emak emak . Pokoknya bergoyang heboh. yel tyes P2KP Hebat dan Moto NOrdik SBS, Sehat Bugar dan Selaras di ulang ulang agar tidak lupa.

Seperti biasa ajang silatrahim ini dimanfaatkan untuk saling bertukar sapa dengan sesama teman pensiunan.  Mereka berkelompok dan jalan wara wiri saling bersalam salaman  melepas rindu.  P2KP merupakan wadah yang sangat di cintai karena mempertemukan para pensiunan minimal 2 kali setahun untuk bernostalgia.

Berdasarkan suara terbanmyak anggota P2KP berhaap senam Nordik di selenggarakan elbih sring,  Kalau bisa di tempat berbeda.  Panitia tampaknya setuju dengan syarat pada olahraga berikutnya semua peseserta sudah memiliki tongkat Nordik.

Silahkan pesan Nordik asli dan lengkap ke Ibu Indri Astuti Pengurus P2KP di Nomor Hp. 081388162253.

Bersama ini disampaikan informasi tentangNordik dari referensi berkaitan kesehatan,  Berjalan dengan tongkat pertama kali dikembangkan di Skandinavia dan mulai dikenal di Eropa tengah sekitar 20 tahun yang lalu. Meskipun belum cukup populer, jalan Nordik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah alasannya – di samping beberapa alasan untuk mencoba jalan Nordik.

1. Membakar lebih banyak kalori

Pada tahun 1995, para peneliti memahami bahwa berjalan Nordik membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa. Faktanya, mereka menemukan bahwa jalan Nordik membakar kalori hingga 18% lebih banyak dari berjalan biasa.

Dapatkan rangkuman isu terkini langsung dari editor-editor kami

Sejumlah penelitian telah mengonfirmasi temuan ini. Itulah sebabnya jalan Nordik disarankan sebagai bentuk olahrga yang tepat untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Satu studi di Italia bahkan menemukan bahwa orang-orang yang kelebihan berat bedan lebih cepat menurunkan berat badan mereka dengan melakukan jalan Nordik dibandingkan jalan kaki biasa.

Meskipun tidak membakar lebih banyak kalori daripada bentuk olahraga lain yang lebih intens – seperti berlari – jalan Nordik dapat menjadi pilihan olahraga ringan yang bagus atau sebagai cara untuk meningkatkan manfaat jalan kaki rutin kamu setiap hari.

2. Dapat mengurangi nyeri pada tubuh

Menggunakan tongkat saat berjalan dapat mendistribusikan berat badan melalui lengan dan dada, sehingga mengurangi ketegangan pada punggung, lutut, dan pinggul. Secara teori, ini berpotensi mengatasi nyeri punggung saat berjalan.

Namun, penelitian menunjukkan temuan beragam. Beberapa penelitian menemukan bahwa jalan Nordik dapat mengurangi nyeri punggung bagian bawah dan benturan pada lutut, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa jalan Nordik tidak lebih efektif dari jalan biasa.

Jika kamu menderita nyeri punggung bawah, pinggul, atau lutut, jalan Nordik dapat membantu karena ini setidaknya mendistribusikan kembali berat badan kamu. Akan tetapi, sebaiknya kamu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya, dan berhentilah jika rasa sakit masih berlanjut bahkan saat menggunakan tongkat.

3. Meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas

Jalan Nordik lebih banyak melibatkan lengan dan bahu daripada jalan biasa, sehingga dapat meningkatkan kekuatan kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa jalan Nordik tidak hanya meningkatkan kekuatan genggaman tangan tetapi juga meningkatkan aktivitas otot pada bahu.

Kekuatan tubuh bagian atas–termasuk kekuatan genggaman–memiliki peran yang penting untuk banyak hal dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari membawa belanjaan hingga mengisi pemanas air. Meningkatkan kekuatan otot juga penting untuk mencegah cedera karena dapat membantu menstabilkan persendian dan melindunginya saat bergerak di bawah benturan, seperti saat membawa tas belanjaan yang berat.


Baca juga: How strong your grip is says a lot about your health


4. Meningkatkan kekuatan otot inti

Jalan Nordik juga melibatkan lebih banyak otot inti, termasuk pada perut dan punggung, daripada jalan biasa.

Keterlibatan otot yang lebih besar akan membantu menguatkannya, dan pada akhirnya akan memperbaiki postur tubuh. Kekuatan otot inti yang lebih baik juga dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan kamu untuk bergerak.

5. Mengurangi risiko terjatuh

Seiring bertambahnya usia, kita lebih cenderung untuk tersandung dan jatuh saat berjalan. Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan kekuatan otot, masalah keseimbangan, dan masalah pada cara berjalan.

Manfat jalan Nordik akan kamu dapatkan ketika meletakkan tongkat di tanah pada waktu yang bersamaan saat menggunakan kaki kamu. Hal ini akan meningkatkan keseimbangan dan menurunkan risiko terjauh.

Faktanya, suatu penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan orang-orang yang mengikuti program jalan Nordik selama tiga minggu telah meningkat – bahkan ketika berjalan tanpa tongkat. Oleh karena itu, tidak heran jika Public Health England merekomendasikan jalan Nordik untuk meningkatkan keseimbangan para lansia.

6. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Penelitian menunjukkan bahwa jalan Nordik dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular hanya dalam kurun waktu empat minggu.

Studi lain pada beberapa perempuan obesitas juga menemukan bahwa jalan Nordik mampu memperbaiki tekanan darah, walaupun dengan tingkat yang tidak jauh berbeda dari jalan biasa. Tidak hanya itu, jalan Nordik juga telah menjaga kadar gula darah saat istirahat pada perempuan setelah menopause. Ini merupakan hal penting dalam mencegah diabetes dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.

7. Membantu berjalan lebih cepat

Jalan Nordik dapat membantu kamu mencapai tempat tujuan lebih cepat daripada jalan biasa. Faktanya, sebuah ulasan menunjukkan bahwa jalan Nordik meningkatkan kecepatan berjalan rata-rata hingga 25%Hasilnya, lebih banyak kalori akan terbakar. Jika kamu berjalan Nordik selama 30 menit, kamu dapat berjalan lebih jauh dan membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa.

Hal ini dengan jelas menunjukkan keuntungan-keuntungan jalan Nordik yang akan bermanfaat bagi orang-orang yang tidak menyukai jenis olahraga lain – seperti lari – tetapi tetap ingin melakukan aktivitas dengan intensitas yang lebih tinggi daripada jalan cepat.

  • Salam Olahraga
  • BHP, 6 September 2024
  • TD

Tinggalkan Balasan