Sejarah Berdirinya Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan

YPTD0 Dilihat

Alhamdulillah

Cita cita keluarga besar kami memiliki satu Yayasan terwujud sudah. Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan didirikan pada Hari Jum’at 29 Juli 2019 dengan Akta Notaris & PPAT Titin Etikawati, SH. Mkn. Nomor 2. Peristiwa berjalan mengikuti waktu dan menjadi sejarah di kemudian hari.  Itulah Yayasan

Sesuai Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU — 0010485.AH.01.Tahun 2019 ditanda tangani Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar, SH , LLM Nip 1969091918  199403 1 001.

Daftar Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan Nomor AHU-0013926.AH.01.12. Tahun 2019 Tanggal 29 Juli 2019.

Berdasarkan Regulasi  bahwa hubungan kekeluargaan tidak bisa mengeluarkan Akta Notaris maka sesuai ketentuan Notariat Pembuatan Akta diserahkan kepada  Notaris Titin Ekawati, SH, Mkn sahabat kemenakanda Marlisa, SH, Mkn.

Proses membuat Yayasan ternyata di mudahkan Allah SWT bersebab bantuan kemenakanda  Notaris Marlisa, SH, MKn.  Dorongan kuat dari Bundo kanduang Hj Husna Darwis Binti H. Dahlan yang juga pensiunan Notaris.  Berdasarkan ketentuan bahwa hubungan kekeluargaan tidak bisa mengeluarkan Akta Notaris maka sesuai ketentuan Notariat Pembuatan Akta diserahkan kepada  Notaris Titin Ekawati, SH, Mkn sahabat kemenakanda Marliasa, SH, Mkn.

Niat kuat mendirikan Yayasan terdorong oleh keinginan berupaya mandiri menerbitkan buku.  Selama ini sampai buku ke 20 penerbitkan diserahkan kepada penerbit Leutikaprio Jogya. Terpikir kenapa tidak menerbitkan buku sendiri. Artinya ketergantungan itu akan segera dilepas tali menjadi mandiri.

Berangkat dari niat itulah kami berkonsultasi dengan Perpustakaan Nasional di Gedung Salemba tentang proses memperoleh International Standard Book Number (ISBN).  Berdasarkan ketentuan untuk mendapatkan ISBN harus ada Badan Hukum (Legal Standing).

Pemilihan kosa kata PUSAKA bukan Pustaka memiliki alasan tersendiri.  Pusaka memaknai kesaktian, sejarah dan kekuatan.  Pusaka mengisyaratkan perjalanan sejarah seperti Bendera Pusaka, Keris Pusaka dan peninggalan atau warisan nan bermakna.  Buku buku yang sudah diterbitkan dan yang akan terus diterbitkan memeiliki induk naungan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan. InshaAllah.

ISBN merupakan persyaratan buku bisa di simpan di Perpustakaan Nasional dalam artian Buku sudah terregistrasi / terdaftar. Harkat sebuah buku adalah pengakuan dari pihak pemerintah.  Selain itu dengan adanya ISBN atau Barcode maka buku bisa dijual ke publik atau di letakkan di toko  buku Gramedia misalnya.

Struktur Organisasi Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan menempatkan Uni Husna Darwis dan M Yahya Dahlan sebagai Pembina.  Sedangkan Penguurus Ketua Yayasan Thamrin Dahlan, SKM,  M.Si, Sekretaris Rendithya Ramdan Fikri, S. Hum dan Bendahara Enida Busri, SKM , SKep.  Marlisa, SH,  MKn dan Imeklda Siamjuntak ditunjuk sebagap Pengawas Yayasan.

Pernanda tanganan Akta Notaris dilakukan di kediaman Bunda Kandung Taman Cimanggu Bogor. Selain Pembina, Pengurus dan Pengawas yang menanda tangani akta  hadir pula  Uda Syharial dan Uni Bice, Kemekandan Ria, Ananda Adithya Husada berserta Keluarga.  Tampak cucunda  Azka menjadi saksi dari generasi ke -3 keluarga besar Thamrin Dahlan.

Ruang lingkup kegiatan YPTD  meliputi Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.  Badan Hukum ini pada tahap pertama menerbitkan Buku berjudul Bunga Rampai 22 karya Thamrin Dahlan  pada Bulan Agustus 2019.

Rencana Kegiatan sudah dibuat guna menggerakan YPTD.  InshaAllah keberadaan Yayasan  akan menaungi segala kegiatan kemanusiaan dari keluarga Besar Petokayo dalam rangka ikut mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

Salamsalaman

TD

Tinggalkan Balasan