YPTD Semakin Effektif Effisien

Manajemen Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan terus berbenah.  Perjalanan organisasi hampir memasuki bulan ke – 2 terus di evaluasi.  Setiap kegiatan ditujukan kearah effektif dan effesien.  Proses melakukan evaluasi ditujukan untuk menghemat waktu dan tenaga disamping biaya  operasional mencetak buku.

Rabu 14 Oktober 2020 untuk kesekian kali YPTD mencetak buku di Buring Digital Print Jl. Margonda Raya nomor 393 Pondok Cina Depok.  Percetakan ini menjadi pilihan utama bersebab kualitas cetak boleh dibilang memuaskan selain pelayanan memang cepat karena menggunakan perlalatan modern

Saat ini sudah mulai ter pola mencetak buku 2 pekan sekali.  10 buku dicetak lebih cepat karena naskah buku rata rata sudah benar benar siap cetak  Waktu 2 pekan dirasakan cukup mempersiapkan buku setelah ISBN diterima dau Perpustakaan Nasional

Kali ini Admin YPTD tidak perlu menunggu sampai selsai buku dicetak.  Biasanya  hampir 4- 5 jam menunggu sehingga cukup melelahkan.  Manajer Buring Pak  Idrus menawarkan jasa ongkos kirim gratis.  Oleh karena itu kami bisa segera pulang setelah menyelesaikan transaksi keuangan.

Effektif dan Effesien dua kosa kata yang tidak boleh dipisadahkan.  Effektif dimaknai tujuan tercapai sedang effesien berati melakukan penghematan terkait sumber daya yang digunakan.  Effektif didahulukan untuk menjamin bahwa tujuan mencetak buku tercapai.  Setelah itu baru diperhitungkan penghematanm biaya cetak.

Fasilitas bebas ongkir dari Buring cukup membantu dengan syarat buku baru diantar ke kantor YPTD sehari kemudian.  Tak mengapa memakan waktu sehari dari pada lelah dan letih menunggu kawaasan Margonda Depok.

Alhamdulillah Kamis 15 Oktober pukul 12.30 10 buku tiba.  Diantar oleh seorang kurir Buring. Admin  meng check masing 5 buku untuk setiap judul .  Alhamdulillah tidak ada kekhilafan kirim sesuai harapan.  Inilah yang dinamakan effektif effesien sesungguhnya.

InshaAllah hari Jumat buku akan dikirim ke alamat masing masing Penulis. Alamat kirim telah diterima melalui WA Terbitkan Buku Gratis.  Memang ada tambahan biaya kirim.  Inilah resiko yang akan dihadapi manajeman YPTD sebagai  bentuk komitment kepada penulis bahwa makna gratis itu berarti buku sampai di kediaman penilis tanpa biaya.

Evaluasi terus di lakukan sehingga di temukan pola ideal menyangkut waktu dan kualitas buku yang diterbitkan YPTD.  Berdasarkan pengalaman pengurusan ISBN ke Perpustakaan Nasional baru bisa dilakukan setelah naskah buku lengkap.

Cover buku harus sudah fix demikian pula ketaatan ketebalan buku hendaknya tidak lebih dari 200 halaman. Standard baku Buku Terbitan YPTD :

  1.  Ukuran A5
  2. Font 12
  3. Margin 1.5/1/1/1
  4. Huruf Times News Roman
  5. Spasi 1.5
  6. Ketebalan 150 – 200 Halaman

Point yang ingin disampaikan disini adalah bahwa komitment YPTD membantu para penulis menerbitkan buku ber lisensi barcode ISBN tanpa biaya semoga bisa berlangsung terus.   Kami yakin niat baik akan mendapatkan redha Allah SWT.  Aamiin ya Rabbal Alamin.

 

Tinggalkan Balasan