Rebana Akza Zaidan Atallah

Malam Jum’at bagi anak anak kecil dan remaja di lingkungan RW 05 Kelurahan Rambutan merupakan malam istimewa. Pasalnya di malam penuh berkah itu mereka berhimpun di baitullah.  Sejak 3 tahun terakhir Masjid Jami An Nur dimeriahkan oleh remaja penabuh hadrah. Puluhan anak anak kecil dan remaja sejak Maghrib telah mendatangi tempat suci ini.  Mereka berseragam baju koko  merah marun dan kain sarung hitam di lengkapi kopiah haji berwarna putih.

Remaja bersiap dalam formasi tetap. Ada 4 kelompok remaja yang terdiri penabuh rebana standard, penabuh genderang besar, penabuh rebana kecil dan vocalis. Jumlah mereka 12 orang, duduk teratur  di bagian depan masjid sesuai dengan formasi alat tetabuhan. Sang vocalis, maksud saya remaja pembaca Rawi Nabi Muhammad SAW duduk didekat Ustazd mengikuti bacaan sejarah Rasulullah dalam nada nan sendu.  Ya mereka telah terlatih membawakann beberapa syair syair syiar Agama Islam, bahkan telah beberapa kali mengikuti Lomba Hadrah.

Baitullah wajib di makmurkan demikian perintah Allah SWT pada Surat At Taubah Ayat 18. ” Sesungguhnya orang orang  yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Khadimull Masjid Jami An Nur mengorganisir seluruh kegiatan Baitullah mulai dari peribadatan sampai kepada fungsi sosial. Salah satu penjabaran dari Visi Masjid yaitu Shalat Fardhu Seramai Sholat Jum’at adalah membina remaja sejak dini agar mencintai baitullah. Oleh karena itu  investasi dunia berupa pengadaan alat alat tabuh rebana itu menjadi prioritas utama agar anak anak tertarik untuk beribadah di rumah suci. Inilah salah satu kiat  ampuh yang ternyata menjadi kegiatan positif dalam bentuk gairah semangat remaja menghabiskan waktunya di Masjid terdekat dengan rumah.

Rutinitas ritual Malam Jumat di semua Masjid nusantara nampaknya hampir sama yaitu membaca surah Yasin bada Sholat Maghrib. Setelah itu terdengar suara dentuman keras namun harmonis remaja. Anak kolong ini  mulai memukul rebana sesuai dengan keahlian masing masing.  Nada suara puji pujian dan rasa terima kasih atas nikmat berlimpah Allah SWT merupakan gubahan yang selalu di gaungkan.  Selain itu Salam dan Shalawat kehadirat junjungan Nabi Muhammad SAW terasa sangat syahdu sehingga terkadang tak terasa terlihat air mata jamaah menetes ketika tiba di bacaan shalawat.

Setelah tiba Sholat Isya dengan tertib anak anak menyimpan peralatan hadrah di bilik khusus disebelah ruang kantor Khadimull. Kemudian setelah itu berjamaah menegakkan sholat Isya dengan tertib pula di syaf syaf ketiga dan ke empat. Mengajarkan anak anak tertib di baitullah bukan perkara mudah, namun jamaah yang terdiri dari Purnawirawan Polri nampaknya cukup bersabar membina generasi penerus pengurus Masjid di Komplek Polri Polsek Ciracas.

Satu hal yang menjadi istimewa di setiap malam Jumat khususnya bagi anak anak kecil dan remaja adalah ketika mereka menerima hadiah.  Hadiah gratis itu adalah sajian roti dalam sebagal macam bentuk dan rasa yang di traktir oleh Haji Ajad.  Haji Ajad seorang pengusaha kelapa memberikan infaq untuk anak anak hadrah dan seluruh anak anak yang berada di masjid setiap malam Jumat.  Ada sekitar 20 – 30 anak, masing masing menikmati roti sesuia  selera.

Azka Zaidan Athallah adalah salah seorang dari anak anak kecil tersebut.  Sudah 7 minggu Azka my grandson mengikuti ritual malam Juma’at di Masjid Jami An Nur. Inilah kegiatan rutin Azka sejak neneknya atau besan menunaikan Ibadah Haji periode tahun 2015. Sementara itu Azka dan Zafran serta Ayah dan Ibu menginap di kediaman Bumi Harapan Permai.  Azka sangat senang dan semangat ketika hari kamis sore dia telah berbusana muslim mengingatkan Datuk dan Nenek  untuk bersegera pergi ke Masjid Jami An Nur.

Inilah salah satu upaya menuliskan sekuel peribadatan di memory permanet sang cucu. Kenangan ini akan terus diingat Azka dan semoga akan terus bisa didawamkan sampai dia meningkat remaja hingga dewasa.  Investasi keimanan kenapa tidak,…

  • Salamsalaman
  • TD
  • 091011

Tinggalkan Balasan