Anda Pahlawan

Kita Semua Adalah Pahlawan

Memoar Thamrin Dahlan

Yes, kita semua adalah pahlawan.  Paling tidak pahlawan bagi keluarga.  Rela berkorban berpayah payah untuk mencari penghasilan guna mensejahterakan keluarga.  Rela berkorban membanting tulang guna membahagiakan lingkungan sekitar.  Inilah ciri abadi seorang pahlawan : rela berkorban.  Berkorban tenaga, pikiran dan harta, kalau perlu berkorban jiwa guna kemaslahatan umat.

Pahlawan tidaklah harus terkenal.  Menjadi pahlawan sejati tidak perlu pengakuan.  Biarlah masyarakat yang menilai mana pahlawan sejati mana pahlawan kesiangan.  Dalam skala kecilpun kita bisa menjadi pahlawan.  Jiwa kepahlawanan itu melekat pada setiap orang, hanya saja kualitas dan kuantitasnya yang berbeda.

Pahlawan sejati terutama warga yang telah berupaya membelakangkan kepentingan pribadi untuk kepentingan orang lain.  Orang yang telah selesai dengan urusan pribadinya.  Materi bukanlah ukuran untuk mejadi pahlawan, tetapi kekayaan hati adalah segalanya bagi seorang pahlawan. karena setiap manusia memiliki hati, tergantung hati itu diletakkan di sanubari atau telah terpendam oleh nafsu duniawi.

Sementara lupakan apa yang diberitakan koran dan televisi maupun radio ataupun desas desus. Pertikaian politik antara elit politik menjauhkan sifat pahlawan dari lingkungan kehidupan mereka.  Tidak ada sikap rela berkorban yang adalah upaya mengorbankan orang lain.  Oknum birokrat itu apakah di eksekutif, legislatif dan yudikatif telah terlena dalam buaian syahwat duniawi. Jiwa kepahlawan telah sirna dari hati nurani mereka. Ditengah hiruk pikuk hari pahlawan masih  saja ada oknum elit itu yang mengaku – mengaku menjadi pahlawan.  Katanya telah berjasa berbuat ini dan itu. Oke mari kita beri mereka gelar : pahlawan kesiangan.

Yes kita semua adalah pahlawan. Apakah dia seorang pria kepala keluarga, ataupun seorang ibu rumah tangga atau seorang pemuda/i. Pahlawan adalah orang yang keberadaannya disenangi lingkungan karena semua perbuatannya dilakukan dengan niat tulus ikhlas tanpa membutuhkan pujian.  Semua berangkat dari hati yang bersih. Dan pahlawan itu adalah diri anda saudaraku. Semoga pengabdian kita dapat memberikan rasa bahagia untuk semua.

Salam salman

Selamat Hari Pahlawan

TD

Behape, 10 Nopember 2012.

PenaSehat PenaKawan PenaSaran

Tinggalkan Balasan