Kewenangan YPTD Mendapatkan ISBN Perpustakaan Nasional

Mekanisme kerja Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)  menerbitkan buku ber ISBN semakin lancar.  Kelancaran tersebut berkat kerjasama dengan Perpustakaan Nasional dan Percetakan Buring Digital Print.

ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan angka  13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap  satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit.

Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku  dari setiap penerbit, sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran  produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas  maupun distributor.

ISBN diberikan oleh Badan  Internasional ISBN yang berkedudukan di London. Perpustakaan Nasional RI  merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada  penerbit yang berada di wilayah Indonesia dan KDT (Katalog Dalam  Terbitan).

Peran serta Penulis  berupa ke disipilin an mematuhi Standard Operasional Procedure (SOP) mempermudah proses pekerjaan menerbitkan buku. Proses itu dimulai dari komunikasi,  pengiriman naskah, pengurusan ISBN, percetakan,  sampai buku diterima penulis.

Seluruh pekerjaan itu paling lama 14 hari. Jadwal rurin mengusulkan ISBN ke Perpusnas setiaop hari Senini.   Biasanya paling lama 2 hari barcode  ISBN sudah disetujui. Kemudian Para penulis mempersiapkan buku siap cetak

Setelah itu Manajemen menyampaikan Kata Pengantar Penerbir berikut barcode ISBN serta nomor urut terbit. Hari Rabu seluruh naskah buku dikirim by email ke Percatakan Buring, Transfer ongkos cetak by Bank sehingga secara fisik penuls dan YPTD idak berlyu lagi hadir di Margonda.

Tentu mekaisme kerja ini akan terus dievaluasi.  paling tidak effektivitas dan egffesiansi menjadi acuan utama selaian transparansi dan akhuntabel YPTD.

Senin 30 November 2020 Buku Ibu Guru Ii Shafuro segera terbit sering dnegan disetujuinya ISBN.  Sementara itu disampaikan permohonan ISBN an Mas Nurwendo, bang Ajinatha  dan Bang Nur Terbit.

Inilah permohonan YPTD untuk mendapatkan ISBN ke 71, 72 dan 73,  nmasih diitunggu naskah buku teman teman penulis dalam rangkaian cetak buku periode ke 8 pada tanggal 9 Desember 2020.

Mudah mudahan peran serta YPTD ikut  meningkatklan kualitaas dan kuantitas Lietrasi Indonesia dirasakan manfaatnya pada skala kecil. Aamiin Ya Rabbal Alamin

 

Salam Literasi

BHP, 301120

YPTD

Tinggalkan Balasan