Whaash Whiish Whuush Wheesh Whoosh

Huruf hidup dalam abjad Bahasa Indonesia hanya ada 5.  Anda sudah tahu A I U E O ketika duduk di sekolah dasar. Masih ingat Bu Guru dengan sabar mengeja ba bi bu be bo , wa wi wu we wo agar si murid pandai membaca.

Itulah sebabnya judul artikel ini mengikuti urutan baku huruf hidup. Whaash Whiish Whuush Wheesh dan Whoosh. Nanti awak jelaskan apa hubungan 5 kosa kata terkait kereta api super cepat pertama di Indonesia.

Nah ketemu ya sekarang apa itu Waktu Hemat Operasional Optimal Sistem Hebat disingkat Whoosh. Presiden Joko Widodo memberi nama kereta super cepat Jakarta Bandung Jakarta. Kecepatan Whoosh bolehlah dibanding film fiksi Super Man, Bat Man dan Spider Man. Gundala dari Indonesia si manusia paling cepat.

Bunyi Whuush sebenarnya merupakan suara asli angin berhembus. Atau juga angin yang ditimbulkan akibat pergerakan benda yang sangat cepat. Itulah yang awak rasakan ketika Kamis 16 November 2023 bersama 22 orang Komunitas Paguyuban Pensiunan Kesehatan Polri (P2KP) berkendara Whoosh dari Stasiun KA Halim ke Stasioun Padalarang.

Sebelumnya awak perlu men-khabar-kan disini agar tidak timbul syak wasangka. Banyak bersyukur di usia senja masih mendapat kesempatan merasakan naik Whoosh.  Tentu saja keputusan  ini lebih kepada penghormatan kepada kemajuan teknologi transportasi super canggih.

Fakta Whoosh dan Kereta Api Bawah Tanah  (MRT)  sudah hadir di Ibukota seperti kota kota Megapolitan negara lain. Walaupun baru bisa dinikmati setelah 78 tahun setelah merdeka.  Paling penting Fasilitas transportasi modern ada dulu deh mensejajarkan dengan negara Asean. Paling Tidak.”

Inilah kesan Bapak Suwignyo Senior P2KP usia 81 tahun ketika menyaksikan betapa megahnya bangunan Fisik Stasiun Whoosh di Halim Jakarta  Timur.

” Stasiun KCIC, MRT, LRT semuanya bagus bagus Mas Thamrin.  Kita bangga memiliki fasilitas kelas internasional ini sangat nyaman untuk lansia dan kaum disabilitas.

Terlepas dari perdebatan azas manfaat dan biaya pembangunan Whoosh rasanya awak  lebih fair menulis menggunakan pendekatan humaniora. Terutama bagi kami kaum lansia (yang juga suka di plesetkan komunitas Kolotneal) ketika disandingkan dengan anak cucu  bertingkah laku illeneal.

Selain itu saudara saudara dari luar Jawa.  Anda  tidak perlu lagi ke luar negeri apabila sekedar inginn merasakan bagaimana nak kereta api super cepat.  Cukup datang ke Jakarta. Pesan tiket by online, siapkan KTP and whoosh sampai di Paris van Java alias Bandung Euuy.

Daftar Peserta Halan Halan by Whoosh

1.Bp.Poernomo
2.Ibu Wiesye
3.ibu Ira W
4 Bp Hans
5 Ibu Aminah
6 Ibu Achmay Sani
7 Nanny Alaydrus
8 Djoko Is
9 Kiestu Hardini
10.Ibu Eddy .S
11.Bp .Suwignyo
12.Ibu.Suwignyo
13. Thamrin Dahlan
14. Enida Busri
15.Ibu Bambang Is
16.Bp.Lukman
17.Bp.Seno
18.Ibu Seno
19.Bp Priyo
20.Ibu Priyo
21.Bp. Sarwoto
22.Ibu Sarwoto

Perlu juga diinformasikan bahwa jalan jalan komunitas nan memiliki hubungan emosional kental sejak sama sama mengabdi di Pusat Kedokteran Kesehatan Polri (Pusdokkes Polri). Silaturahim berlanjut di P2KP. Merajut persahabatan akrab saling sapa salam sambil bernostalgia.

Sebelumnya kami telah wisata ke Jogya Solo Semarang, Garut, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Gelora Bung Karno (GBK), Pantai Indah Kapuk 2, Eco Park Tebet.  Jadwal rutin jalan jalan di sepakati setia pertengahan bulan.  Niat utama :  pertama bisa  pul – ngumpul, kedua : olahraga senam dan jalan kaki, ketiga menikmati kuliner maknyus.  Nikmat mana lagi nan dikau dustakan.

RENCANA PERJALANAN BANDUNG TOUR DENGAN KERETA WHOOSH

HARI KAMIS TGL 16 NOVEMBER 2023

1 06.30 SUDAH HADIR DI STASIUN KA CEPAT HALIM
kumpul distand “ Roti O ” untuk registrasi tiket
2 07.30 – 08.16 BERANGKAT KA HALIM – MENUJU KE
STASIUN PADALARANG tiba 08.16
3 08.30 – 09.00 MENUJU TOKO PRIMARASA
4 09.00 – 09.30 BELANJA OLEH2 KHAS BANDUNG
5 09.30 – 09.45 MENUJU JALAN ASIA AFRIKA BANDUNG
6 09.45 – 10.30 FOTO FOTO DI JALAN ASIA AFRIKA
7 10.30 – 11.00 MENUJU “MERCUSUAR CAFE RESTO”  PEMANDANGAN KOTA BANDUNG
8 11.00 – 12.00 FOTO FOTO DAN LIHAT PEMANDANGAN ALAM
9 12.00 – 12.30 MENUJU RUMAH “MODE”
10 12.30 – 14.30 RUMAH MODE –> SHOLAT , MAKAN SIANG , BELANJA PAKAIAN Sholat di Jama/Qodo Makan siang dibayar
panitia
11 14.30 – 15.15 MENUJU MASJID AL JABAR TENTATIF
12 15.15 – 16.00 KELILING MASJID TENTATIF
13 16.00 – 16.30 MENUJU STASIUN TEGAL LUAR BANDUNG
14 16.45 BERANGKAT DARI STASIUN TEGAL LUAR MENUJU JAKARTA
15 17.31 TIBA DI STASIUN HALIM

Terima kasih kepada Ibu Wisye Poernama, Mbak Nany Alaydrus dan Mbak Ira yang telah mempersiapkan Agenda perjalanan. Mulai dari pesan tiket sampai detail tempat singgah di Kota Bandung termasuk pesan 2 kendaraan untuk berkeliling Kota Bandung.

CATATAN :

  • 1. PAKAIN BAJU POLOS WARNA BEBAS CELANA HITAM, BAWA PAYUNG MUNGKIN
    PANAS / HUJAN
    2. BAWA MAKANAN & MINUM PAGI ( ROTI / KUE ) SENDIRI2 UTK DIMAKAN DI
    STASIUN ( DI KERETA CEPAT TDK BOLEH MAKAN )
    3. MAKAN SIANG DARI PANITIA
    4. OLEH – OLEH → BS – BS
    5. DIHARAPKAN SUDAH BERANGKAT DARI RUMAH PUKUL 05.30 ( HARI KERJA PADAT )

Seperti dijanjikan diatas Whaash adalah perasaan was was ketika kereta api mulai bergerak.  Kecepatan mulai  50 km, 100 km dan kemudian setelah melewati Bekasi terdengar suara pramugari

” Bapak Ibu sekalian sebentar lagi kita akan mencapai kecepatan 350 km per jam”

Whoosh Whoosh Whoosh, Yes

Harap maklum Lansia banyak was was bersebab ingat pesan nenek “biar lambat asal selamat”  Namun tampaknya kemajuan teknologi faktor keselamatan  perjalanan menjadi prioritas utama.  Whoosh membelah angin melewati kecepatan mobil bahkan hampir menyamai kecepatan pesawat terbang.

Whiish bermakna ketika telah sampai di Padalarang, deg deg-an mulai berkurang bahkan hilang.  Mas Seno Apoteker Senior berusia 75 tahun memberi komentar :

“Wis,  Mas Thamrin kita sudah selamat sampai dalam waktu sekejab 30 menit.”

Biasanya Jakarta Bandung ditempuh 4 jam lebih. Ya ada KA Parahiayangan. Bermobil lewat Cipularang.  Bisa juga lewat kawasan wisata  Puncak.  Bandung Jakarta terasa lebih dekat ibarat city sister soal macetnya.

 

Banyak suka duka selama halan halan seharian.  Sengaja memilih KA Cepat pulang dari Bandung  sore hari.  Pasalnya mengikuti rencana wisata mata dan wisata kuliner sesuai jadwal diatas.

Intinya perjalanan ini sangat menyenangkan dan menggembirakan.  Banyak cerita unik dan lucu serta juga menegangkan. Unik ketika Ny dr Priyo “hilang” Bukan tersesat namun bersebab sangat semangat sehingga si ibu mendahului turun dari eskalator.

Cerita menegangkan ketika timbul rasa was was dan  takut ketinggalan kereta.  Mengejar waktu ditengah hujan lebat.  Pak Sopir membuat deg deg’ an karena Beliau ternyata belum pernah ke Stasiun Tegal Luar. Koq sudah jalan lama tapi belum sampai juga distasiun. Inikah  sejenis uji nyali.  Yuk Mari Kita Berdoa…..

Wheesh ewesh ewes bablas angine. Lengkaplah sudah AIUEO.  Berakhir tentu saja di Whoosh. Penumpang pada masa discount mbludak.  Kami bersua dengan komunitas beragam.  Alasan utama ingin menikmati kereta cepat. Alasan kedua kapan lagi selagi korting.  Alasan ke tiga untuk bahan cerita halan halan ke Bandung pulang pergi cuma satu jam.

Demikian reportase menikmati berkendara Whoosh.  Pengalaman naik kereta cepat ini akan abadi dalam kenangan untuk dijadikan bahan berkisah.  Cerita menjelang tidur untuk anak cucu bahwa Eyang, Datuk,  Nenek sudah juga merasakan bagaimana suasana kebathinan naik kereta api dengan kesepatan 350 Km / jam. Bukan hoax, ini ada bukti bin alibi dokumentasi foto dan juga tulisan Pak Tede.

 

  • Salam Wisata
  • BHP. 18 November 2023
  • TD

Tinggalkan Balasan

2 komentar