Dalam Musyawarah Diutamakan Kepentingan Bersama Diatas Kepentingan Pribadi Dan Golongan Sila ke-4 Butir ke-7

Humaniora0 Dilihat

Nama : Velyan Dwi Hanisa (20076)

Kelas : 1 B

Pancasila berfungsi sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa indonesia pada setiap masyarakat. Pancasila sebagai dasar negara dinyatakan secara jelas dalam pembukaannya Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD1945). Maksud dari pancasila adalah sebagai dasar negara adalah pancasila untuk mengatur ketatanegaraan negara republik Indonesia.

Upaya melaksanakan nilai – nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat ,berbangsa,dan bernegara telah di sarikan di dalam butir – butir pancasila. Dalam butir pancasila terdapat butir pengalaman pancasila baik dari segi sikap maupun perilaku dalam masyarakat yang harus kita pahami sebagai warga Indonesia. Pancasila terdiri dari 5 dasar negara Republik Indonesia, pancasila menjadi pilar ideologis bagi segenap bangsa Indonesia dan pancasila bisa di maknai dengansebagai rumusan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setiap sila dalam pancasila memiliki butir – butir pengalaman yang mengandung isi dan makna untuk di terapkan dalam kehidupan sehari – hari ,sila ke-4 pancasila yang disimbolkan sebagai kepala banteng mengandung 10 butir pengalaman. Di dalam sila ke-4 butir ke-7 yang isinya “Didalam musyawarah di utamakan kepentingan bersama diatas pribadi dan golongan”. Yang sesuai dengan sila ke-4 dalam pengambilan keputusan harus di lakukan dengan musyawarah karna musyawarah itu mengutamakan kepentingan bersama di bandingkan kepentingan pribadi dan kita tidak boleh memaksakan kehendak orang lain dalam penyampaian pendapat.

Dalam musyawarah di utamakan kepentingan bersama diatas pribadi dan golongan,bisa diterapkan pada kehidupan sehari -hari contohnya seperti kerja kelompok. Terkadang kita di butuhkan untuk mendiskusikan sesuatu untuk menyelesaikan tugas sehingga dapat tercipta suatu keputusan yang di sepakati bersama.

Biasanya masing- masing orang dalam kelompok memberikan pendapatnya. Saat inilah kita harus saling menghargai perbedaan pendapat satu sama lain. Karena di dalam masyarakat ini merupakan upaya yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah . Dengan mengikuti musyawarah seseorang bisa di latih untuk mengutarakan pendapat yang nantinya akan di jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mencari jalan keluar.

Didalam kerja kelompok atau musyawarah pasti kita akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang atau pendapatnya yang berbedaa – beda, jika di berikan kritik atau saran sebaiknya saran yang di berikan kita pertimbangkan dan di dengarkan sebelum kita mengambil tindakan lebih lanjut. Dan pendapat yang berbeda dari orang lain itu mungkin akan lebih baik dari pendapat kita sendiri untuk itu kita harus mempertimbangkannya. Yang nantinya pendapat tersebut dikumpulkan dan di pertimbangkan bersama – sama baik dan buruknya .

Kesepakatan yang diambil dari pendapat merupakan kesepakatan bersama yang di ambil tindak mengandung unsur paksaan di dalamnya. Hasil keputusan akhir dalam bermusyawarah adalah keputusan yang dianggap benar dan sah. Agar menghindari berbagai macam anggapan dan celaan orang lain keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah tidak benar jika merugikan salah satu pihak atau anggota.Agar hasil yang di putuskan dapat di terima seliruh anggota dengan keikhlasan

 

Tinggalkan Balasan