Semangat Juang 45 Untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia

Nama : Velyan Dwi Hanisa

Kelas  : I B

NIM   : 20079

 

 

Wahai Seluruh Pemuda Indonesia, Guncanglah Dunia Ini! - Kompasiana.com

Sebagai mahasiswa kita harus mengimplementasikan semangat juang 45 kepada pemuda pemudi agar menjadi generasi emas penerus bangsa dan sebagaian masyarakat indonesia,pemuda – pemudi bangsa harus mempunyai dorongan yang kuat untuk membangkitkan semangat juang 45 . Apa yang di maksud dengan semangat juang 45 itu ,semangat juang 45 adalah dorongan dan manifestasi dinamis dari jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa,menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya.

Semangat juang 45 kepada mahasiswa untuk mewujudkan generasi emas itu harus di pertahankan ,karena seiring dengan kemajuan zaman ,rasa nasionalisme ,sikap patrotisme dan makna dari kesatuan dan persatuan itu semakin memudar. Karena terlihat dari sikap penerus bangsa yang acuh tak acuh akan nasib bangsanya sendiri,mulai melupakan pancasila ,tidak mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila serta makna dari bhineka tunggal ika. Oleh karna itu untuk mempertahankan jiwa ,semnagat dan nilai 45 harus ada pendorong dalam mewujudkan dan mempertahankannya.

Dengan diadakannya semangat juang 45 kepada generasi emas penerus bangsa memiliki tujuan agar indonesia tetap berdiri kokoh dan mempertahakan kebangsaannya ,menjamin persatuan dan kesatuan negara republik indonesia sehingga makna dari bhineka tunggal ika tetap berasatu ,serta mengembangkan kreativitas dan inovasi agar tidak kalah saing dengan luar negri .

Bagaimana cara generasi emas indonesia untuk mengembangkan semangatnya dengan cara :

  1. Dengan diadakannya metode keteladanan , keteladan kepada orang lain dengan cara saling menghargai antar sesama tanpa membedakan suku,ras ,agama, warna kulit atau pun derajatnya,mengamalkan jiwa- jiwa muda yang berkelas sebagai penerus bangsa dengan semangat dan mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam pacasila di kehidupan sehari-hari.
  2. Dengan memberikan informasi dan komunikasi ,tujuannya tidak hanya terbatas dengan memberikan penjelasnnya saja  ,tetapi dapat memberikan ajakan ,dorongan dan motivasi pada orang lain
  3. Mengenalakan budaya indonesia kepada dunia ,pemuda memiliki peran memancarkan atau memperkenalkan dalam bidang kebudayaan kepada negara internasional .
  4. Memiliki semangat juang yang tinggi ,harus ada pada jiwa emas generasi penerus bangsa dalam diri setiap pemuda haus ada sikap tidak mudah menyerah ,menjaga persatuan dan kesatuan cinta tanah air ,pemuda indonesia harus menempatkan dirinya sebagai pemuda yang progresif dan dinamis.

Semangat juang 45 juga bisa di tanamkan dalam mengisi agar generasi emas penerus bangsa bisa lebih maju dengan diadakannya metode sosialisasi atau pengambdian kepada masyarakat dengan cara menyampaikan pesan yang terkandung dalam jiwa jiwa muda ,semangat dan nilai – nilai 45 dalam ruang lingkup masyarakat.

BAGAIMANA CARA MENYIAPKAN GENERASI EMAS?JAWABANNYA :PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MASA DEPAN ?

Dalam rangka menyiapkan bangkitnya generasi emas Indonesia diperlukan pembangunan pendidikan dalam perspektif masa depan, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas,maju,mandiri,dan modern,serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa.Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi besar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan. Dalam konteks demikian,pembangunan pendidikan itu,mencakup berbagai dimensi yang sangat luas,yaitu dimensi sosial,budaya, ekonomi dan politik

Untik mengubah sudut pandang dari para generasi muda harus di jalankan secara rinci atau rasional mengenai nilai – nilai perjuangan dsn maknanya ,serta diikuti dengan menerapkan nilai- nilai perjuangan di dalam ruang lingkup masyarakat.Dan juga mengikutserakan para generasi muda untuk bergabung dalam kegiatan yang bersifat nasionalisme.

 

 

Tinggalkan Balasan