Semangat Juang 45 Mahasiswa Dalam Rangka Generasi Emas Indonesia

Terbaru0 Dilihat

Nama : Fanny Dwi Prastika

NIM   : 20055

Semangat juang 45 menurut saya adalah menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab, dapat diandalkan, disiplin dan yang paling terpenting adalah jujur. karena kejujuran adalah penilaian moral yang paling penting dalam penerapan di kehidupan sehari hari. semakin tinggi jabatan yang di duduki harus semakin tinggi pula penerapan sikap jujur agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti korupsi.

sedangkan, Semangat 45 adalah Dorongan dan manifestasi dinamis dari Jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa, menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya. Dengan ini peran mahasiswa juga sebagai menjaga persatuan dan kesatuan NKRI yang sudah ada sejak dulu sampai sekarang.

Saat ini keberadaan mahasiswa merupakan salah satu unsur penting dalam pemerintah, di mana mereka telah di anggap menjadi agen pembawa perubahan bagi suatu negara.ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri, dimana mahasiswa tidakhanya sebagai orang yang sedang menempuh pendidikan di suatu perguruan tinggi tetapi juga sebagai wadah pemberi solusi bagi berbagai permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat di suatu negara.

Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa.

Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa indonesia, pemuda harus selalu mempunyai peran yang sangat strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Ketika memperebutkan kemerdekaan dari penjajahan belanda dan jepang kala itu, ketika menjatuhkan rezim soekarno(orde lama) hingga kembali menjatuhkan rezim soeharto(orde baru), pemuda menjadi tulang punggung bagi setiap pergerakan perubahan ketika masa tersebut tidak sesuai dengan keinginan rakyat.

Mahasiswa, sebuah gelar baru yang hingga kini “dibanggakan”oleh sebagian besar masyarakat. Mahasiswa konon adalah para generasi harapan yang kelak mampu membawa perubahan bagi negara Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara-negara di dunia. Sebutan itu hendaknya bisa menjadi cambuk bagi mahasiswa itu sendiri yang dipandang sebagai Agent of Change (agen perubahan).

Mahasiswa dituntut mampu untuk mengontrol keadaan negara; bukan untuk sekedar mengkritik, tetapi juga memberikan kontribusi yang real untuk perubahan yang lebih baik (agent of social control). Sebagai kaum intelektual mahasiswa harus bersikap berani dan kritis, berani untuk mendobrak zaman ke arah kemajuan dan kritis terhadap kebijakan para pemegang roda pemerintahan.

Kesimpulannya bahwa peran mahasiswa bagi bangsa dan negera ini bukan hanya duduk di depan meja dan mendengarkan dosen berbicara, akan tetapi mahasiswa juga mempunyai berbagai perannya dalam melaksanakan perubahan untuk bangsa Indonesia, peran tersebut adalah sebagai generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan pada suatu kaum, sebagai generasi pengganti yang menggantikan kaum yang sudah rusak moral dan perilakunya, dan juga sebagai generasi pembaharu yang memperbaiki dan memperbaharui kerusakan dan penyimpangan negatif yang ada pada suatu kaum.

TERIMAKASIH

 

 

Tinggalkan Balasan