Manfaatkan tumbuhan disekitar kita sebagai Jamu

Pembangunan kesehatan mengedepankan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini dapat dicapai dengan cara meningkatkan kondisi kesehatan. Dalam upaya untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal diperlukan daya tahan tubuh yang baik sehingga tubuh menjadi bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

Dari masa ke masa bangsa Indonesia sudah mengenal bagaimana cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satunya , yaitu dengan memanfaatkan ramuan tradisional yang berasal dari tanaman obat asli Indonesia dan dimasyarakat biasa disebut JAMU.

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang, dan buah.

Jamu digunakan untuk pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran bahkan kecantikan. Saat ini, perkembangan dalam dunia pengobatan telah mencapai pada cara pemahaman baru yang meyakini bahwa semua yang berasal dari alam akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan dari pada produk kimiawi atau sintesa . Dunia saat ini sedang berlomba-lomba meningkatkan pemahaman dan pengetahuan  terkait pemanfaatan tanaman obat, sampai ke hasil akhir berupa obat dan produk-produk herbal.

Untuk mendorong pemanfaatan jamu secara luas di masyarakat, pada tahun 2015 Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu (Gernas Bude Jamu) dan hingga saat ini terus digaungkan.

Gerakan minum jamu dapat dimulai di keluarga. Ibu-ibu perlu diedukasi agar dapat mengenali bahan jamu, cara meracik hingga cara konsumsi. Anak-anak perlu dikenalkan minum jamu untuk kesehatan.

Dengan membudayakan minum jamu, kesehatan keluarga terjaga, dan anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

Selain menyehatkan, jamu juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, tak jarang ada orang yang tidak menyukai rasa jamu yang dianggap aneh. Namun, beberapa cara dapat dipilih agar rasa jamu menjadi enak yaitu dengan menambahkan madu atau jeruk nipis.

Berikut salah satu jenis jamu yang banyak di konsumsi di Masyarakat Kita

JAMU KUNYIT ASEM

Bahan-bahan :
– 100 gr kunyit
– 50 gr asem
– 100 gr gula merah
– 2 sdm gula pasir
– 700 ml air

Cara membuat :

1. Parut kunyit yang sudah dibersihkan
2. Tambahkan air pada parutan kunyit, sambil diperas hingga keluar sarinya
3. Campur seluruh bahan, lalu rebus hingga airnya mendidih
4. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan
5. Lebih nikmat jika disajikan dingin

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed