oleh

Suka Memberi Pertolongan Kepada Orang Lain Agar Dapat Berdiri Sendiri

-Terbaru-Telah Dibaca : 8.488 Orang

Nama : Vinka Ayuning Tyas

Tingkat : 1A

NIM : 20039

“ Suka Memberi Pertolongan Kepada Orang Lain Agar Dapat Berdiri Sendiri ”

Memberi pertolongan merupakan butir atau bagian dari sila kelima pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Sebagai manusia kita harus menanamkan sikap saling menolong dimasyarakat maka akan tercipta keadilan bagi masyarakat itu sendiri.Menolong merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk orang lain. Dengan memberikan pertolongan, kita memberi keuntungan kepada pihak yang ditolong. Tidak jarang kita menemukan perilaku menolong dalam kehidupan sehari-hari.

Masih berhubungan dengan tolong menolong. Menolong orang yang membutuhkan pertolongan tanpa mengharapkan balasan . Menolong orang-orang yang lebih lemah dari dirinya, seperti orang yang cacat, orang yang sudah tua, atau seorang kakak yang memberi pertolongan kepada adiknya yang masih kecil ketika terjatuh.

Dalam pancasila sila kelima menjelaskan bahwa keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Berarti kita sebagi warga indonesia harus saling tolong menolong tanpa memilih derajat ,suku dan ras.kita harus menolong tanpa harus mengharapkan balasan apa pun dari orang yang sudah kita tolong .

Kebiasaan menolong muncul saat seorang manusia menyadari adanya orang lain yang mengalami kesusahan. Sebagai manusia yang baik, manusia dididik untuk mematuhi peraturan dalam menjalani hidupnya. Salah satu hal yang selalu diajarkan pada kebanyakan orang sejak kecil adalah kebiasaan untuk menolong orang lain. Kebiasaan ini akan tertanam di dalam diri manusia dan akan muncul secara otomatis saat melihat sesama yang membutuhkan. Selain itu, manusia membutuhkan kemampuan saling bekerjasama dan saling membantu saat dihadapkan pada satu masalah. Karena sebagi manusia kita tidak dapat berdiri sendiri kalo tidak ada bantuan orang lain.

Jika salah satu memiliki masalah maka semua kemungkinan terancam. Maka dari itu, penting bagi setiap orang dalam diri sendiri untuk memiliki kesadaran menolong orang lain yang seoang bermasalah. Faktor utama yang menentukan apakah seseorang akan menolong orang lain atau tidak adalah apakah diri seseorang tersebut akan merugikan dirinya atau tidak. Jika adanya kemungkinan merugikan, manusia akan cenderung untuk mengurungkan niatnya untuk menolong.

Jika ada tetangga dekat yang anaknya sedan sakit, menjenguk dan menyumbangkan sedikit uang . Ada perasaan berguna dan berharga saat seseorang berhasil menolong mereka yang membutuhkan. Menolong orang lain juga terkait dengan kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang, termasuk kebiasaan pribadi serta keagamaan yang mendorong untuk selalu melakukan perbuatan baik. Menolong orang lain yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan diri kita juga dapat membantu kita belajar serta memahami hal-hal baru.

Manfaat yang lain dari menolong orang lain adalah memberikan tantangan bagi diri sendiri, terutama jika situasi dan kondisi yang harus dihadapi saat itu sulit. Para relawan yang terjun langsung pada saat terjadi bencana alam, aksi terorisme, perang ataupun kerusuhan tentu tahu akan bahaya yang menghadang mereka. Menolong orang lain juga dapat memberikan teman, pengetahuan, pengalaman, dan bahkan mengubah pandangan hidup kita. Saat ini aktivitas menolong bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Butir ini mengajak kita agar saling tolong menolong kepada orang lain. jadi sebagai warga yg baik kita harus saling tolong menolong dalam keadaan apapun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed