Perjuangan pahlawan adalah satukan langkah untuk negeri

” Perjuangan pahlawan adalah satukan langkah untuk negeri “

 

 

Apa itu Hari Pahlawan ? selalu menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang . Hari Pahlawan merupakan hari yang diperingati pada setiap tanggal 10 November yang bertepatan dengan pertempuran Surabaya (merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia).

Sejarah Hari Pahlawan sering dikaitkan dengan puncak pertempuran Surabaya yang terjadi antara pasukan asing dan Indonesia. Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran pertama yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia. Puncak pertempuran ini berlangsung pada 10 November 1945.

Sebagai generasi muda, sebaiknya kita mengetahui apa makna Hari Pahlawan. Karena tanpa adanya pahlawan, belum tentu kita dapat menikmati kemakmuran seperti sekarang.

Nah peran kita sebagai mahasiswa itu apa sih ? mahasiswa sering disebut sebagai agent of change (agen perubahan).Sebagai agen perubahan, dengan sikap kritis dan semangatnya, mereka memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan suatu gerakan perubahan sosial. Mahasiswa juga bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat dari ketidak sesuaian kebijakan pemerintah. Karena seringkali kebijakan pemerintah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.Pemuda ini menjadi harapan bangsa yang menjadi tulang punggung negara di masa depan.

Mengenang, menghargai perjuangan dan pengorbanan serta kesetiaan para pahlawan merupakan salah satu cara bentuk kebanggan kita atas jasa pahlawan . Ada istilah umum yang mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa jasa para pahlawannya”. Seremonial hari pahlawan ini seharusnya menjadi sebuah fundamental bagi kaum muda untuk melanjutkan perjuangan pahlawan yang terdahulu, pahlawan tidak harus angkat senjata namun dapat menjadi panutan dan berwawasan luas serta menjaga keutuhan Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI) adalah sosok pahlawan yang kta butuhkan saat ini.

Dengan semangat hari pahlawan menjadi motivasi buat pemuda jika ingin Negara kita di hargai oleh bangsa lain, maka selaku generasi penerus harus mampu menghargai bangsa sendiri dengan mengisi kemerdekaan dalam bentuk karya nyata dan prestasi diri yang telah di raih. Pemuda juga harus mampu berada pada garda terdepan menjadi pemersatu bangsa Indonesia di tengah meningkatnya intoleransi antar sesama masyarakat Indonesia sekarang ini. Sosok pahlawan yang kita butuhkan saat ini adalah sosok yang mempunyai kriteria.

Kita sebagai mahasiswa keperawatan harus mengambil peran penting dalam menghargai jasa para pahlawan . dengan cara berpartisipasi menjadi tenaga medis penanganan covid 19 . Adanya wabah Covid-19 ini menunjukkan bahwa para Perawat yang saat ini bekerja di garda terdepan telah menerapkan beberapa nilai profesionalime Keperawatan.

Nilai-nilai ini terdiri dari altruism, human dignity, integrity, dan social justice ( Berman, Snyder, & Frandson, 2016 ). Nilai altruism ditunjukkan oleh Perawat dengan kepeduliannya terhadap kesehatan dan kesembuhan paien serta memperlakukan pasien sebagaimana ia ingin diperlakukan. Nilai human dignity ditunjukkan oleh Perawat dengan menghargai harkat dan martabat pasien sebagai manusia. Nilai integrity oleh Perawat dengan bertindak sesuai dengan kode etik keperawatan. Dan nilai scial justice ditunjukkan oleh Perawat dengan bersikap adil terhadap semua pasiennya dalam memberikan asuhan keperawatan.

Nama : Vinka Ayuning Tyas

NIM : 20039

 

Tinggalkan Balasan