Panduan Menulis Bagi Pemula

Wijaya Kusumah

Input sumber gambar dokpri

Sebuah tulisan bisa lahir dari sebuah foto atau gambar. Sebagai seorang penulis pemula, kita bisa mendeskripsikan atau menggambarkan foto yang kita tayangkan di Kompasiana.

Mulailah menulis dari tiga alinea yaitu pembukaan, isi tulisan, dan penutupan.

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/65da9aa7de948f11762cc252/panduan-menulis-bagi-pemula-di-kompasiana-bagian-pertama

Sebuah foto atau gambar dapat digunakan untuk memperkuat isi tulisan. Terkadang tulisan akan lebih menarik bila ditambahkan gambar atau foto.

Misalnya gambar atau foto di atas.

Kita bisa menulis dari sudut pandang kita. Tentu setiap orang akan menulis dari sudut pandang masing-masing. Tidak akan pernah sama gaya menulis seseorang walaupun guru menulisnya sama.

Sebagai contoh tulisan Omjay di bawah ini.

Kemarin Omjay sholat subuh berjamaah di mushola Al Hamzah Jatibening indah pondok gede Bekasi. Omjay sholat sunah dulu sebelum sholat subuh. Masih tersisa waktu 59 detik untuk kita sholat subuh berjamaah.

Jamaah sholat subuh musholla Al Hamzah cukup banyak. Satu persatu mereka datang dari rumahnya masing-masing. Sholat subuh berjamaah pasti akan selalu dikerjakan oleh hamba Allah yang beriman dan beramal shaleh.

Kalau bulan suci Ramadhan tiba, maka jumlah jamaah akan semakin bertambah. Senang sekali berkumpul dan beribadah di rumah Allah.

Input sumber gambar dokpri

Input sumber gambar dokpri
Bila ada foto tambahan, kita bisa menambahkan beberapa kata atau kalimat yang bermakna.

Misalnya, setelah sholat subuh berjamaah, ada salah satu jamaah tampil ke mimbar. Beliau menyampaikan dan membaca hadist nabi Muhammad Saw. Isinya sangat bagus sekali dan membuat kita selalu berbuat kebaikan demi kebaikan kepada sesama manusia. Hidup di dunia ini hanya sementara dan akan ada hidup sesudah mati.

Kita juga bisa menambahkan informasi dalam tulisan di atas.

Sholat subuh berjamaah di mushola Al Hamzah Jatibening indah pondok gede Bekasi Jawa Barat itu unik. Pengurus musholla Al Hamzah meminta para jamaahnya untuk bergantian membaca hadist nabi Muhammad Saw. Setiap jamaah yang bersedia akan mendapatkan giliran. Mereka mendapatkan jadwal membaca hadist nabi Muhammad Saw secara bergantian setiap harinya.

Input sumber gambar dokpri

Input sumber gambar dokpri
Ada banyak manfaat Omjay dapatkan dari pembacaan hadist nabi Muhammad Saw. Selama ini kita jarang membuka hadist nabi Muhammad Saw. Dengan dibacakan setiap hari, kita menjadi tahu pesan penting yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad Saw dalam sabda beliau.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, setelah sholat subuh berjamaah, ada pengajian buat bapak-bapak yang mau belajar agama Islam. Mulai dari membaca Al-Qur’an sampai memahami isinya. Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengamalkannya.

Panduan belajar menulis bagi pemula ini semgaka eh sengaja Omjay tuliskan agar kawan-kawan yang belum bisa menulis untuk segera belajar menulis. Dengan menulis ada pesan atau informasi yang dapat kita sampaikan. Kita bisa mulai menulis dari sebuah gambar atau foto.

Sebuah foto atau gambar dapat kita deskripsikan atau gambarkan menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca. Kemampuan mengolah gambar menjadi kata-kata atau kalimat yang enak dibaca perlu latihan terus menerus. Omjay melakukannya dengan cara menulis setiap hari di Kompasiana.

Jadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan. Sama halnya kita makan dan minum. Kalau kita tidak makan, maka akan terasa lapar dan bila tidak minum akan terasa haus. Itulah rahasia mengapa Omjay bisa menulis setiap hari. Menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi Omjay.

Membaca dan menulis adalah seperti mata uang logam. Keduanya tidak dapat dipisahkan dalam hidup manusia. Kalau ingin menjadi penulis,  maka harus banyak membaca tulisan orang lain. Dengan banyak membaca, maka perbendaharaan kata di kepala akan banyak dan ketika anda menulis, maka akan dengan mudah dituangkan dalam bentuk tulisan yang bermakna. Begitulah pengalaman Omjay menulis setiap hari.

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat Omjay berikan dalam panduan menulis bagi pemula di Kompasiana. Semoga bermanfaat buat pembaca Kompasiana tercinta. Jangan lupa ikuti terus kisah Omjay setiap harinya di Kompasiana.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Panduan Menulis Bagi Pemula Bagian Kedua”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/65dceab6147093627573ece2/panduan-menulis-bagi-pemula-bagian-kedua

Kreator: Wijaya Kusumah

 

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan