Beberapa hari ini, saya asyik mengumpulkan buku digital yang dibuat oleh siswa kelas 8 SMP Labschool Jakarta angkatan 28. Mereka mengumpulkannya kepada ketua kelas masing-masing dari tulisannya di blog. Keren sekali tulisannya, saya menjadi bersemangat untuk membuat bukunya. Baik dalam bentuk digital, maupun berbentuk cetak yang kelak akan ber-ISBN. YPTD akan membantu saya mewujudkannya menjadi buku bermutu.
Saya meminta bantuan Bang Aji untuk membuatkan cover bukunya, dan terereng dalam waktu sangat cepat, Bang Aji langsung membuatkannya dalam cover buku yang menarik. Berikut ini cover bukunya. Terima kasih Bang Aji.
Berikut ini saya upload juga file dalam bentuk digitalnya. Belum sempat dilayout dan diedit oleh tim editor dan disain grafis. Tapi cukuplah untuk sebuah buku digital yang menarik hati pembaca di dunia maya. Anak SMP Kelas 8 SMP Labschool Jakarta yang membuatnya. Mohon doanya segera berwujud buku cetaknya. Aamiin.
Buku Digital – Ceramah Umum dan DigiLabs 8B
Buku Digital – Ceramah Umum dan DigiLabs 8E
DIGITAL LABS & CERAMAH UMUM_8F
ceramah umum dan digital labs 8G
Dari Tulisan di Blog Bisa Menjadi Buku yang Bermutu. Asalkan kita tahu caranya dan mau duduk sebentar membaca kembali karya anak-anak kita yang luar biasa.
terima kasih sdh membaca tulisan saya
Gambar. 1 Community Collaboration halaman 29
Gambar 2. Desain Penelitian Tindakan Model Stringer halaman 36
Gambar 3. AR Model Lewin halaman 36
Gambar 4. Tahap Penelitian Tindakan (Action Research) halaman 37
Gambar 5. AR model Kemmis dan Taggart halaman 37
Gambar 6. AR model Carr dan Kemmis halaman 38
Gambar 7. Siklus Penelitian Tindakan Model Hitchcock (1995) halaman 40
Gambar 8. Blog Guru TIK di Blogspot.co.id halaman 42
Gambar 9. Blog Guru TIK di WordPress.com halaman 42
Gambar 10. Blog Guru TIK di Wijayalabs.com halaman 42
Tabel 1: Ada 5 Komponen Belajar Komunitas halaman 30
Tabel 2: Materi pelajaran Bimbingan TIK di SMP Labschool Jakarta halaman 45
Tabel. 3: Pembagian siklus AR di kelas 8 SMP Labschool Jakarta halaman 48
Tabel 4. Susunan Materi Pembelajaran Blog Pada Siklus 1 halaman 58
Tabel 5: Penilaian Rubrik Tulisan Siswa halaman 59
Tabel 7. Daftar Nilai Siswa Kelas 8 di Siklus 1 halaman 60
Tabel 8. Hasil Pembelajaran Siklus Satu Kelas 8A s.d. 8G.halaman 72
Tabel 9. Susunan Materi Pembelajaran Blog Pada Siklus 2 halaman 74
Tabel 10. Daftar Nilai Siswa Kelas 8 SMP Labschool Jakarta di siklus kedua halaman 74
Tabel 11. Hasil Pembelajaran di Siklus Dua Kelas 8A s.d. 8G. halaman 86
Tabel 11. Susunan Materi Pembelajaran Blog Pada Siklus 3 halaman 89
Tabel 12. Daftar Nilai Siswa Kelas 8 di Siklus 3 halaman 90
Tabel 13. Hasil Pembelajaran Siklus Tiga Kelas 8A s.d. 8G.halaman 102
Tabel 14. Susunan Materi Pembelajaran Blog Pada Siklus 4 halaman 105
Tabel 15. Hasil Pembelajaran di Siklus Keempat Kelas 8A s.d. 8G. halaman 106
Belajar kolaboratif menuntut adanya modifikasi tujuan pembelajaran dari yang semula sekedar penyampaian informasi menjadi konstruksi pengetahuan oleh individu melalui belajar kelompok. Dalam belajar kolaboratif, tidak ada perbedaan tugas untuk masing-masing individu, melainkan tugas itu milik bersama dan diselesaikan secara bersama tanpa membedakan percakapan belajar siswa.
Terima kasih sudah memberikan komentarnya