Lo lo lo, Lokarya Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 di SMAN 39 Jakarta Begitu Ta?

Wijaya Kusumah

Lo lo Lokakarya Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 di SMAN 39 Jakarta Timur Begitu ta?

Input sumber gambar dokpri 

Lo lo Lokakarya program sekolah penggerak begitu ta? Itulah informasi yang Omjay baru ketahui setelah mengikuti kegiatannya dari pagi hingga sore hari. Kegiatannya hampir mirip dengan lokakarya guru penggerak dengan dua orang fasilitator.

Hari ini Sabtu, 11 November 2023, Omjay diajak bapak kepala sekolah SMP Labschool Jakarta untuk mengikuti lokakarya program sekolah penggerak angkatan 1 wilayah DKI Jakarta.  Alhamdulillah sekolah kami di SMP Labschool Jakarta telah ditunjuk sebagai sekolah penggerak oleh Kemdikbudristek.

Kami bertiga, pak haji Asdi, pak haji Dedi dan Omjay berangkat ke SMAN 39 Jakarta Timur dengan menyewa mobil gocar. Informasi dari panitia parkir mobil penuh di sekolah tersebut. Omjay sempat bertemu dengan bapak Sumardiansyah dari pengurus PB PGRI di SMAN 39 Cijantung Jakarta Timur.

Input sumber gambar dokpri 

Nah, apa yang kami lakukan selama berada di SMAN 39 Jakarta Timur?

Kami saling berbagi informasi dan pengalaman antar sekolah penggerak tentang masalah yang dihadapi dan solusinya. Setiap sekolah diminta presentasi dalam melakukan alur action plan. Juga mengisi padlet dalam perencanaan anggaran sekolah. Semua itu dilihat dari raport pendidikan sekolah masing-masing. Guru yang hadir diminta membuat lembar kerja menyusun rencana aksi. Kami memilih pelatihan mitigasi bahaya merokok, minuman keras, dan narkoba.

Who, siapa saja sekolah yang diundang dalam lokakarya?

Dalam ruang kelas ada kepala sekolah dan 2 orang guru dari SMP Labschool Jakarta, SMP Negeri 163, SMP Negeri 25, SMP global Islamic School, SMPN 283, SMPN 284, SMPN 168, SMPN 109, dan SMPN 193. Semoga tidak ada sekolah yang terlewat. Kami saling berkolaborasi dalam rangka mensukseskan program sekolah penggerak kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi.

Where, dimana lokakarya sekolah penggerak angkatan 1 dilaksanakan?

Kegiatan lokakarya dilaksanakan di ruang kelas 12 MIPA SMAN 39 Jakarta di lantai 2 gedung sekolah yang ada di bagian tengah. Sekolahnya berbentuk seperti huruf Q yang cukup luas untuk ukuran sekolah SMAN di Jakarta. Kegiatan ini sudah lebih dari tiga kali diadakan. Itulah informasi yang Omjay dapat dari pak haji Dedi yang merupakan ketua komite pembelajaran di SMP Labschool Jakarta.

When, kapan kegiatan lokakarya sekolah penggerak dilaksanakan?

Kegiatan lokakarya sekolah penggerak dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB yang dipandu oleh ibu Neny sebagai fasilitator dari kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur.

Who, siapa saja peserta lokakarya sekolah penggerak yang hadir?

Peserta yang dikirimkan untuk mengikuti lokakarya ini adalah seorang kepala sekolah dan dua orang guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah.

Omjay ditunjuk oleh kepala sekolah menggantikan bapak Agung yang ada acara keluarga. Omjay ditelpon pak Asdi Wiharto saat Omjay sedang bertugas di Makassar Sulawesi Selatan.

Liputan kegiatan tersebut ada di bawah ini.

Input sumber gambar dokpri 

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/65488d4fedff766d5f5178a2/uji-publik-organisasi-profesi-guru-di-makassar

Apakah anda sudah tahu isi rancangan uji publik pembentukan organisasi profesi guru Kemdikbudristek?

Semoga bermanfaat buat pembaca Kompasiana.

How, bagaimana acara lokakarya program sekolah penggerak berlangsung?

Saat liputan lokakarya sekolah penggerak ini dituliskan, acaranya berjalan dengan lancar. Nah, setiap sekolah diminta untuk melakukan presentasi dan membagikan apa yang sudah dilakukan dalam aksi nyata.

SMP Labschool Jakarta kebagian presentasi setelah sholat zhuhur berjamaah dan makan siang. Rekaman videonya ada di https://YouTube.com/wijayalabs.

Penutup

Demikianlah kisah Omjay kali ini tentang kegiatan lokakarya program sekolah penggerak angkatan 1 di SMAN 39 Jakarta Timur. Semoga kegiatan ini bermanfaat buat pembaca Kompasiana yang sekolahnya ditunjuk menjadi sekolah penggerak.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Lo lo Lokakarya Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 di SMAN 39 Jakarta Timur Begitu ta?”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/654eecc4110fce2e2e2a5b12/lokakarya-program-sekolah-penggerak-angkatan-1-di-sman-39-jakarta-timur

Kreator: Wijaya Kusumah

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan