Wisata Riung gunung Pangalengan

Wisata Riung gunung Pangalengan

Foto pribadi

Minggu pagi cuaca cerah namun udara masih terasa dingin di daerah Pangalengan Kabupaten Bandung Selatan.
Laju kendaraan sengaja melambat agar panca indera dapat merasakan kondisi perjalanan yang sangat menyenangkan, terpaan udara dingin lembut menembus pakaian meresap kulit badan, pandangan mata dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh yang sangat indah, persis seperti hamparan karpet hijau raksasa berpadu awan putih diatas langit biru adalah sebuah pemandangan menakjubkan.

Pangalengan berjarak 40 km di selatan Kota Bandung atau sekitar 29 km dari ibu kota Kabupaten Bandung, Soreang. Sangat banyak objek wisata di daerah Pangalengan, banyak objek wisata terkenal, beberapa objek wisata lama dan sudah dikenal luas seperti Situ Cileunca, perkebunan teh dan kolam pemandian air panas Cibolang.

Pangalengan juga dikenal sebagai daerah pertanian, peternakan dan perkebunan. Terdapat beberapa perkebunan teh dan kina yang dikelola oleh PTPN. Pangalengan juga merupakan daerah penghasil susu sapi. Peternakan dan pengolahan susu di daerah Pangalengan dan daerah Bandung Selatan

Saat ini kendaraan meluncur ke daerah wisata Riung Gunung masih termasuk kawasan alam yang masih baru, menyajikan pemandangan hamparan kebun teh dengan suasana pegunungan yang eksotis.

Untuk sampai ke lokasi Riung Gunung Pangalengan, tepatnya berada di Kampung Riung Gunung, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jalan menuju Riung Gunung Pangalengan sudah cukup baik jalan hotmix sangat nyaman untuk kendaraan motor dan mobil, lokasi parkir motor berada di bagian dalam sedangkan mobil berada di dekat jalan raya.

Akses menuju kesana bisa melalui jalan Tol dan keluar di Tol Buah Batu, beloklah ke kanan untuk menuju Baleendah Dayeuhkolot-Banjaran, Ketika berada di bunderan, ambil arah menuju Jalan Situ Cileunca.

Jam operasional Nuansa Riung Gunung Pangalengan mulai pukul 07.00 hingga 17.00
Dan beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu.

Banyak fasilitas yang bisa kita dapatkan namun disini saya hanya mengupas bagaimana kemudahan akses menuju kelokasi, suguhan pemandangan relatif sama, sedangkan sarana dan keunggulan fasilitas bisa kita dapatkan ketika berada disana.

 

Penulis : Purwa Nur Alam

Tinggalkan Balasan