Sudah Menonton Film Gadis Kretek?

Wijaya Kusumah

Semalam nonton film gadis kretek yang menarik di Netflix. Film tersebut dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Aryo Bayu. Ada 10 episode dalam film tersebut. Semoga anda sudah menonton filmnya.

sumber gambar dokpri

Setelah makan siang  Omjay menonton kembali serial bagian pertama. Ternyata film gadis kretek bagus juga. Kisahnya sangat menginspirasi penonton. Film Indonesia yang layak untuk ditonton orang Indonesia dan dunia.

Omjay menontonnya bersama istri dan anak. Namun sampai episode terakhir, hanya tinggal Omjay sendiri yang masih melek matanya. Semuanya sudah tertidur lelap dalam dunia mimpi.

Film gadis kretek memang menarik. Artis dan aktor sangat menjiwai peran masing-masing. Penonton dibuat terkesima dengan penampilan akting mereka. Ada persaingan bisnis rokok merek Merdeka dengan Proklamasi.

Artis Dian Sastrowardoyo menjadi pemeran Dasiyah dan biasa disapa jeng Yah. Beliau jatuh cinta pada Raya atau Soeraya dan akhirnya percintaan mereka disetujui oleh kedua orang tua Dasiyah. Walaupun awalnya sempat tidak disetujui.

Namun, pada suatu malam rumah Dasiyah diperiksa tentara. Ayah Dasiyah bernama Idrus meninggal dipukul oleh senjata tentara. Dasiyah atau jeng Yah dibawa oleh tentara dan ditahan. Keluarga jeng Yah dianggap ikut terlibat dalam partai komunis atau partai merah yang dilarang oleh pemerintah. Ada produk rokok partai merah di rumah mereka.

Raya yang melihat kejadian itu diminta kabur oleh Jeng Yah, dan tertembak kakinya oleh tentara. Kemudian Raya diselamatkan oleh keluarga Drajat yang merupakan saingan bisnis keluarga Idrus.

Raya tak kuasa masuk dalam perangkap Drajat dan akhirnya menikah dengan anaknya yang bernama Purwanti. Jeng Yah sangat marah ketika tahu Raya mau menikah dengan Purwanti anaknya Drajat. Mereka punya tiga orang putra salah satunya Lebas.

Lebas diminta oleh ayahnya untuk mencari jeng yah. Kisah pun dimulai dari pertemuan Lebas dengan dokter Arum yang merupakan anak jeng Yah. Mereka bertemu tak terduga di museum kretek di kota M. Dokter Arum kaget, karena ada foto ibu angkatnya dan budenya ada dalam foto yang dibawa Lebas. Kisahpun akhirnya berjalan natural dari masa kini dan masa lalu.

Film ini mengisahkan masa kini dan masa lalu. Membuat penonton dibawa ke masa silam di tahun 1964. Jeng yah adalah salah satu perakit rokok kretek yang mumpuni dan mampu membuat saus yang nikmat di hidung. Kebolehannya dalam meracik kretek membuat dirinya disebut gadis kretek.

Input sumber gambar dokpri

Film dengan 10 episode ini memang menarik dan membuat penonton tergiring emosinya dengan para pelaku utama. Omjay ingin sekali menonton filmnya sekali lagi. Semoga masih ada waktu menonton di Netflix.

Tadi Omjay sempat mencari informasi film tersebut di google dan YouTube. Ternyata sudah ada juga yang membuat resensi filmnya. Bahkan sudah ada yang mengulasnya dari awal hingga akhir. Sehingga penonton tidak perlu berlama-lama menonton filmnya.

Bagi Omjay sendiri lebih enak menontonnya secara berurutan supaya tahu dengan detail jalan ceritanya. Film ini diangkat dari sebuah novel yang judulnya Omjay lupa. Nanti Omjay cari lagi informasinya. Alhamdulillah bu Kanjeng membertahukan Omjay judul novelnya. Penulisnya Ratih Kumala.

Film gadis kretek yang menarik dengan artis Dian Sastrowardoyo dan Aryo Bayu membuat kami sekeluarga terhibur dengan film ini. Sambil makan sang, Omjay dan keluarga menonton kembali episode pertama.

Sebuah film pergulatan batin antara Raya dengan jeng Nah yang tidak jadi menikah. Dokter Arum menjadi tahu siapa ibunya. Selama ini dia dirawat oleh Rukayah adik dari ibunya yang bernama Daniyah. Raya pun akhirnya meninggal dan pemilik perusahaan DR itu akhirnya menceritakan kisahnya sebelum meninggal. DR ternyata singkatan dari Dasiyah dan Raya.

Demikianlah kisah Omjay kali ini tentang film gadis kretek yang Omjay tonton bersama keluarga tercinta. Semoga film ini bisa dinikmati oleh kawan-kawan pembaca Kompasiana. Selamat menonton Film Gadis Kretek kawan-kawan kompasiana.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Film Gadis Kretek yang Menarik dengan Artis Dian Sastrowardoyo”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/6562de9e12d50f59871e5fa2/film-gadis-kretek-dengan-artis-dian-sastrowardoyo

Kreator: Wijaya Kusumah

 

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan