Mengapa Memilih Profesi Perawat?

Terbaru0 Dilihat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo!. Perkenalkan nama saya Azzahra Nur Pradina Putri. Saya mahasiswi dari Akademi Keperawatan Polri, dikesempatan kali ini saya akan menceritakan alasan saya memlih jurusan keperawatan. Tidak pernah terpikirkan oleh saya bisa melanjutkan pendidikan di jurusan keperawatan.

Disaat masa kecil saya yaitu sekitar kelas 1 SD, saya bercita-cita ingin menjadi dokter karena sedari kecil saya sering masuk rumah sakit, saya sering melihat dokter-dokter disekitaran saya. Jadi saya pikir menjadi seorang dokter itu keren. Dan saya juga sangat menyukai bau rumah sakit atau bau obat. Akhirnya saat saya kelas 4 SD saya mengikuti ekskul dokter kecil di sekolah saya. Saya pernah mengikuti seminar dokter kecil pada waktu itu.

Umur semakin bertambah lulus dari SD saya melanjutkan ke jenjang SMP. Dimasa SMP saya belum mengerti bagaimana perjuangan untuk menjadi seorang dokter. Pada saat itu saya iseng mencari tahu tentang seluk beluk menjadi seorang dokter. Pada saat saya tahu menjadi seorang dokter sangat lah tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cita-cita saya yang tadinya ingin menjadi dokter hilang seketika. Saya takut kalau orang tua saya tidak bisa membiayain saya sekolah kedokteran.

Setelah lulus dari SMP saya melanjutkan pendidikan saya ke jenjang SMA. Di SMA saya mengambil jurusan IPA. Saat saya SMA cita-cita saya sering berubah-ubah. Terkadang saya bingung ingin menjadi apa nanti. Saat di kelas 11 saya sempat ingin menjadi farmasi seperti tante saya. Tapi karena farmasi adalah jurusan kedua yang paling diminati di saintek setelah kedokteran. Saya tidak jadi mengambil farmasi dengan kemampuan saya yang pas-pas an.

Pada saat saya di kelas 12 SMA cita-cita saya sudah tetap yaitu mengambil jurusan keperawatan. Alasan saya masuk jurusan keperawatan adalah keinginan dari diri saya sendiri agar saya bisa menjaga kesehatan keluarga dan orang yang saya sayangi. Selain itu juga untuk bisa menjadi perawat profesional yang dapat membantu langsung semua orang menjalani kehidupan yang lebih baik dan sehat. Akhirnya saya mendaftar ptn untuk melanjutkan Pendidikan saya, berkali-kali ditolak ptn saya memutuskan untuk melanjutkan Pendidikan saya di Akper Polri.

Sempat pernah terlintas dipikiran saya, saya ingin menjadi dokter forensik karena menurut saya menjadi dokter forensik itu hebat dan keren menyelidiki kejahatan dalam menegakkan keadilan yang menyangkut tubuh, kesehatan, dan nyawa manusia. Tapi kembali lagi kalua menjadi seorang dokter itu tidak mudah apalagi menjadi dokter forensik. Saya memutuskan untuk mencari tahu di internet “apakah ada perawat forensik?”. Jawabannya cabang ilmu ini belum ada di Indonesia, tetapi di Amerika Serikat ilmu ini sudah mulai berkembang. Dengan masuknya saya di Akademi Keperawatan ini saya berharap bisa melanjutkan Pendidikan saya di luar negeri dan bisa menjadi perawat forensik dari Indonesia. Sekian dari saya

Terima Kasih😊

Tinggalkan Balasan