Alasan Menjadi Seorang Perawat

Terbaru0 Dilihat

 

Asalamualaikum wr. wb, perkenalkan nama saya Cendani Mutia, dikesempatan kali ini saya akan menceritakan bagaimana proses saya menjadi seorang mahasiswa keperawatan yang insyaallah akan menjadi seorang perawat. Awalnya saya tidak pernah berfikir sedikitpun untuk menjadi seorang perawat, saya juga belum tau bagaimana sih perawat itu?

Karena saya sangat menyukai rumah sakit, dan saya bertekad ingin menjadi kerja dirumah sakit entah sebagai perawat atau dokter atau pun sebagai tenaga medis lainnya. tetapi itu masih berangan angan untuk menjadi seorang perawat saja.

Saat saya masih SMA saya belum memikirkan ingin menjadi seorang perawat dan mengambil kejuruan perawat. Karena dulu yang saya tau dan inginkan hanya ingin menjadi seorang pembisnis. tetapi, setelah aku tahu ada profesi perawat sempat aku cari tahu juga. Saat aku lulus SMA sempat aku berfikir untuk menjadi perawat.

Menurut saya perawat itu adalah pekerjaan mulia yang akan dihargai oleh siapa saja, jika mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. perawat membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Merawat orang dan membantu orang lain menjalani kehidupan sehat adalah memuaskan dan penting bagi diri sendiri dan orang lain.

Perawat juga memiliki prinsip Erika keperawatan yang fungsinya agar pasien merasa nyaman dan tidak merasa dilakukan semena-mena:

  1. Autonomy (kemandirian)
  2. Beneficence (berbuat baik)
  3. Justice (keadilan)
  4. Non Maleficence (tidak merugikan)
  5. Varacity (kejujuran)
  6. Fidelity (menepati janji)
  7. Confidentiality (kerahasiaan)
  8. Accountability (akuntabilitas)

Dari prinsip etikaa keperawatan itu juga dijadikan sebuah landasan dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada masyarakat sehingga baik pemberi dan penerima pelayanan dilindungi dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Alasan saya ingin menjadi perawat karena agar bisa merawat keluarga yang saya cintai, membantu satu sama lain, agar ilmu yang saya dapat lebih bermanfaat dan berbekal pahala saya. Apabila kita menjalankan suatu dengan ikhlas dan tulus pasti akan mendapatkan balasan yang baik juga.

Tinggalkan Balasan