Mengakui persamaan derajad,persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia,tanpa membedabedakansuku,keturunan,agama,kepercayaan,jenis kelamin,kedudukan sosial,warna kulit dan sebagainya.pa membeda bedakan suku

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puja dan puji bagi ALLAH SWT yang telah memberikan kemudahan dalam menyelesaikan tulisan ini tepat waktu.Tanpa rahmat dan pertolongan-Nya saya tidak mampu menyelesaikan ini dengan baik.Tidak lupa sholawat serta salam tercurahkan kepada Nabi agung Muhammad SAW yang syafaatnya kita nantikan.

Saya menyadari bahwa tulisan ini masih perlu banyak penyempurnaan karna kesalah dan kekurangan.Saya terbuka terhadap kritik dan saran pembaca agar tulisan ini dapat lebih baik.apabila terdapat banyak kesalahan dalam penulisa ini saya mohon maaf.

 

Persamaan derajat manusia, manusia mempunyai derajat yg sama di mata Tuhan masing-masing, yang membedakan hanya lah status manusia tersebut  tapi derajat  manusia  itu sama,mereka  hidup di bumi dan mereka  menghirup udara yang sama, dan setiap manusia memiliki Hak dan Kewajiban masing masing tanpa terikat oleh kepentingan apa pun, Hak mereka untuk mendapat kan keadilan yg seadil-adilnya.

Hak mereka untuk menyampai kan aspirasi. Dan Kewajiban manusia pula untuk menaati segala peraturan dan tata tertib yg berlaku di  suatu tempat.

Kewajiban seluruh warga negara untuk melindungi bangsa dan tanah air nya. Oleh karena itu Indonesia memiliki 4 pilar utama dalam berkenegaraan :

  1. PANCASILA

Dimana terdapat 5 sila yg  banyak arti dan banyak nilai-nilai yg terkandung di dalamnya  yang  menjadikan  pancasila  sebagai Idiologi  atau dasar negara indonesia.

  1. Udang- Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Udang undang yang mengatur warga dan Negara indonesia, undang undang 1945 di buat untuk menjadi pedoman dalam hal pembuatan peraturan dan hukuman di negara indonesia.

  1. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Warga negara indonesia harus bersatu dalam kesatuan republik indonesia, saling menjaga, saling Toleransi, Menghormati, dan saling menghargai satu dengan yg lain.

  1. BHINEKA TUNGGAL IKA

( Berbeda beda tetapi tetap Satu jua )

Apa pun Suku nya, Agama nya, Keturunan nya, kedudukan sosial, warna kulit, dan pekerjaan nya semua akan menjadi 1 di dalam semboyan tersebut, indonesia membutuhkan  orang-orang  yg peduli dengan orang lain, semua saling membutuh kan jadi jangan membeda-beda kan dari suku mana, agama apa, warna kulit nya berbeda dan lain sebagai nya kita semua akan membutuh kan satu sama lain. Tidak ada manusia yg mampu hidup individual dan sendirian jangan mementingkan ego yang akhir nya membuat dongo. manusia tidak lepas dari sifat sosial membutuh kan 1 sama lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan.Akhir kata,semoga tulisan ini dapat bermanfaat .

Wasslamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Indonesia hebat kalo kita bersatu dan bertekad.

Nama : DAFA DHILLA NR

NIM : 20009

Tinggalkan Balasan