Nol Rupiah, Mau?

Kula Menulis Asyik

Dokpri

Perhatikan ayam bila mencari makan ditumpukan dedaunan lapuk, kaki menggaruk semangat mematuk.

Dedaunan menyimpan daya tarik bagi perut ayam. Banyak jangkrik dan terdapat cacing bila ditemui ditumpukan dedaunan lapuk.

Pagi ini tergerak untuk mengambil hikmah dari semangat ayam menggaruk tanah beralaskan dedaunan lapuk.

Yang jelas bukan mau ikut makan jangkrik dan cacing seperti ayam.hehe.

Membuat pupuk organik, itu tujuan pagi ini, pupuk organik kaya akan nutrisi dan hayati bagi tanaman.

Alternatif murah meriah sejak lama diketahui, namun kerap terabaikan.

Bagi hobis tanaman ataupun pembuat media tanaman membuat pupuk menjadi keharusan.

Nah agan yang budiman, membeli pupuk entah organik atau anorganik bagi hobis berkantung tebal itu tak jadi soal. Tetapi bagi sebagian orang termasuk kula cukup jadi persoalan bersebab jatah dapur terganggu.Hehe.

Bagaimana cara Kula mengolah dedaunan kering menjadi pupuk layak pakai, tentu sangat mudah.

Kula katakan cara ini nol rupiah, menarik bukan.?

Dokpri

Begini tahapannya.

Pertama : siapkan dedaunan kering juga dedaunan lapuk.

Kedua: gunakan wadah ember besar jikalau ada karung juga bisa atau menggali lubang tanah, bagaimana dengan ukuran wadah atau lobang galian,? bebas sesuka hati menyesuaikan banyaknya dedaunan.

Dokpri starter

Ketiga: Masukan terlebih dahulu dedaunan lapuk pada wadah ditekan sepadat mungkin selanjutnya disusul tumpukan dedaunan kering, begitu seterusnya hingga wadah dirasa penuh.

Bagaimana dengan mikro organisme pengurai nya, bisa menggunakan cairan EM-4 khusus tanaman banyak di kios pertanian. Akan tetapi karena nol rupiah, pengurainya kita menggunakan dedaunan lapuk. Karena dedaunan lapuk secara alamiah memiliki jasad renik pengurai.

Ke empat; tutup rapat wadah simpan ditempat teduh hindari kena sinar matahari langsung, setiap Minggu wajib diaduk supaya proses dekomposisi pelapukan merata.

Ke lima: Usia satu bulan hingga dua bulan pupuk kompos bisa digunakan, juga menjadi starter kompos untuk membuat pupuk kompos dedaunan selanjutnya.

Bagaimana dengan pemberian pupuknya,? menyesuaikan dengan kebutuhan antara media pot dan ditanah langsung berbeda volume aplikasinya.

Halaman rumah bersih, sampah dedaunan tidak terbuang percuma, kita punya tera Petra alias pupuk kompos yang bagus tanpa merogoh cuan di kantong.

Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi agan dan nyai dimana saja berada.

Slahkan mencari referensi lain bila dirasa perlu dalam pengolahannya.

Cara diatas merupakan cara Kula membuat kompos dedaunan kering dengan biaya nol rupiah.

 

  • Salam Literasi
  • Asikin Widi Jatnika

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Modal Nol Rupiah Hasil Jutaan Kepuasan. Tidaklah harus setiap upaya berbagi kebaikan itu menghasilak bernilai rupiah. Keyakinan nan tertanam didalam hati ketika tulus ikhlas berbuat kebaikan menyerahkan hasilnya dengan tawakkal kepada Allah SWT.
    Keahlian Pak Guru bercocok tanam memiliki nilai tambah bersebab setiap memberikan informasi tentang tanam menanam selalu dikaitan dengan Kebesaran Ciptaan Allah SWT. Luar biasa. Salam Literasi.