oleh

Bagaimana Posting di Blog YPTD

-Teknologi-Telah Dibaca : 1.487 Orang

Rupanya masih banyak diantara teman-teman yang belum biasa bermain di blog Word Press, sehingga masih banyak yang bingung bagaimana posting di blog baru YPTD ini.

Oke, sekarang saya akan mencoba mencoba menjelaskan bagaimana cara posting di Blog kita ini.

  1. Setelah Anda membuka situs www.terbitkanbukugratis.id ini, maka akan tapillah halaman muka atau beranda
    dari Blog YPTD ini
  2. Langkah selanjutnya adalah login.
    Untuk login Silakan Klik garis tiga putih dengan latar merah sehingga timbul tiga tulisan di bagian bawahnya, yaitu Registrasi, Login dan Terbitkan Buku. Silakan klik Login yang ada di tengah yang saya kasih tanda kotak hijau.
  3. Setelah tombol Login diklik, maka akan tampil kotak dialog Login
    Silakan masukkan alamat email Anda di kotak bagian atas dan password di bagian bawah. Bila Anda tidak mau repot mengulang-ulang memasukkan Email dan Password setiap Login, silakan klik kotak segi empat kecil yang di sampingnya ada tulisan Ingat Saya, sehingga nanti tampil centang biru di dalam kotak tersebut. Bila semua telah selesai, silakan klik kotak hitam yang bertuliskan Log Masuk di kanan bawah.
  4. Bila alamat email Anda benar dan password Anda juga tidak salah, maka dengan segera akan tampil di hadapan Anda halaman muka atau beranda Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan seperti dibawah ini:
  5. Untuk membuat artikel baru anda harus masuk ke Dasbor. Caranya yaitu dengan menggeser mouse ke sudut beranda dimana terlihat tulisan YPTD. Saat mouse berada di sana, maka tulisan YPTD tersebut akan berubah menjadi biru dan di bawahnya muncul tulisan Dasbor.
  6. Kliklah tulisan Dasbor tersebut, maka seketika akan tampil halaman Dasbor dimana kita akan menulis artikel.
  7. Sekarang coba lihat ke bagian kiri atas Dasbor. Kita akan melihat deretan tulisan dibagian kiri di bawah tulisan Dasbor yang berwarna biru, yaitu; Pos, Media,Komentar, Templates, Profil, dan Peralatan.
  8. Bila Anda ingin menulis artikel baru, silakan arahkan mouse Anda ke tulisan Pos yang kemudian warnanya berubah jadi biru dan di samping kanannya juga tampil dua tulisan, Semua Pos sebelah atas dan Tambah Baru di bawahnya. Silakan klik  tulisan Tambah Baru.
  9. Sekarang sebuah halaman baru tampil di hadapan AndaHal pertama yang kita lakukan saat membuat artikel adalah membuat judul artikelnya.

    Setelah judulnya jadi, silakan melanjutkan dengan menulis artikel di halaman kosong di bawahnya.
  10. Tentu Anda juga ingin memasang foto di dalam artikel yang Anda tulis. Untuk memasang foto di halaman artikel silakan klik tombol Tambahkan Media seperti yang ada di dalam kurung hijau di bawah.

    Selanjutnya akan tampil kotak dialog sebagai berikut:
    Kelihatan disini yang terbuka adalah Pustaka Media tempat foto-foto yang pernah Anda maupun teman-teman posting sebelumnya disimpan oleh blog. Untuk menambahkan foto baru Anda harus mengklik tab Unggah Berkas yang ada di sebelah kiri Pustaka Media.Sekarang yang tampil di hadapan Anda adalah kota dialog Tambahkan Media. Silakan klik tombol persegi empat bertuliskan Pilih Berkas yang sudah ditandai dengan garis kotak hijau

    Perintah pilih berkas ini akan membuka folder dimana foto-foto yang akan Anda unggah berada
    Pilihlah foto yang akan Anda unggah, lalu klik OpenLho, yang tampil foto siapa ini? kwkwkwkw
  11. Bila artikel Anda sudah selesai ditulis, jangan lupa memilih Kategori artikel Anda. Lihatlan di sebelah kanan beranda. Ada beberapa kotak dialog disana berderet dari atas ke bawah. Anda akan menemukan kota dialog Kategori. Silakan pilih apa jenis kategori artikel Anda, silakan centang di dalam kotak segi empat yang ada di samping kiri.
  12. Nah bila artikel Anda sudah selesai semua, silakan klik Terbitkan yang ada di kanan di samping kotak judul artikel.

Selanjutnya silakan menikmati postingan Anda yang sudah tampil di halaman depan Blog YPTD ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

3 komentar

  1. Terima kasih Uda Dina Kelana. Posting ini sangat membantu teman teman yang akan posting di website YPTD terbitkanbukugratis.id. Memang awalnya saya menemukan beberapa kendala, namun setelah membaca panduan maka lambat laun menjadi lebih familier dengan website ini. Sekali lagi terima kasih semoga semakin banyak penulis posting dalam upaya kita sebagai Pejuang Leterasi Indonesia meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan khususnya di bidang jurnalistik. Salam YPTD

News Feed