oleh

Tips Mencari Ide untuk Menulis

-Literasi, Terbaru-Telah Dibaca : 239 Orang

Halo pembaca yang budiman,

Apakah saat ini Anda sedang mencari inspirasi untuk menulis? Atau sekedar membaca untuk menambah wawasan? Well, apa pun jawabannya, semoga postingan ini akan bermanfaat.

 

Writer’s block memang bisa menimpa siapa saja. Penulis pemula bahkan penulis profesional sekali pun mungkin pernah mengalaminya. Tangan terasa kaku. Pikiran terasa jemu dan kosong. Tak ada satu inspirasi pun untuk menulis. Seolah semua kata telah hilang dari kamus kehidupan kita. Tak satu kata pun mampu kita tulis! Aaarrghhh … rasanya sungguh menyebalkan!

 

Saya juga pernah mengalaminya! Tapi, berkat mengikuti kelas menulis bersama Omjay dan PGRI pada Maret hingga April 2020, saya mendapat tips berharga yang bisa kita gunakan untuk mencari ide dalam menulis.

Berikut adalah beberapa tips mencari ide untuk menulis yang bisa kita praktikkan :

1. Membuat Tulisan dari Sebuah Foto

Saat menjadi peserta pelatihan belajar menulis, Omjay sering mengirimkan foto ke grup WhatsApp. Beliau lalu meminta kami (para peserta) membuat tulisan dari foto tersebut.

 

“Buatlah tulisan 3 alinea tentang foto ini”, begitu awal-awal perintah Omjay sambil melampirkan sebuah foto.

 

Hihi, tahukah Anda foto apa yang beliau kirim? Ada foto setoples kue kacang, seekor kucing, gorengan plus kopi, rempeyek, kurma, singkong dan ikan asin, selembar uang 100 ribu, semur jengkol, dsb. Foto-foto sederhana dari benda yang bisa kita temukan bahkan walau hanya di rumah saja!

 

Keajaiban pun terjadi. Para peserta yang awalnya kesulitan membuat tulisan, lama-lama menjadi terbiasa. Hari demi hari semakin banyak yang ikut menulis berdasarkan foto yang dikirim. Bahkan, beberapa ada yang sampai melebihi tiga alinea! Wow!

 

So, tips pertama untuk mencari ide menulis adalah dengan mencoba memotret benda apa pun di sekitar kita. Kemudian buatlah tulisan dari foto tersebut. Saya yakin, Anda akan mampu membuat tulisan bahkan dari foto jemuran baju sekalipun.

 

Jika Anda enggan mengambil foto, Anda bisa gunakan foto favorit Anda untuk dijadikan sebuah tulisan. Cobalah dan buktikan apa yang terjadi!

 

2. Membuat Tulisan dari ENAM BENDA

Tips kedua ini saya dapatkan dari Om Budiman Hakim atau yang lebih akrab disapa Om Bud. Beliau adalah salah satu narasumber di kelas menulis bersama Omjay. Jika berminat, Anda bisa baca bukunya yang berjudul Menulis Tanpa Ide.

 

Oke kembali ke tips. Menurut Om Bud, salah satu cara mendatangkan ide untuk menulis adalah dengan menuliskan enam benda di sekitar kita. Setelah itu, buatlah tulisan terpadu dari keenam benda tersebut.

 

Ini adalah contoh dari Om Bud :

Otak Asep lagi nge-blank karena nggak punya ide buat nulis. Dia lalu melihat benda di sekitarnya. Ada enam benda yang dicatat, yaitu :

1. PRINTER

2. KERTAS

3. DINDING

4. AC

5. JAM

6. LAPTOP

 

Setelah itu, Asep mulai mengetik. Dia menyusun kalimat yang menghubungkan semua benda tadi. Beginilah hasilnya :

 

“PRINTER warna hitam di depanku menungguiku kaku, ditemani KERTAS-KERTAS kosong yang berserakan di sekitarnya. Aku lihat DINDING tampak pucat, barangkali kedinginan karena berjam-jam disembur AC yang begitu angkuh. JAM menunjukkan pukul 2 pagi. Tapi layar LAPTOPKU masih juga kosong. Dan hingga detik ini, tak satupun ide bergairah menghampiri.”

 

Nah, kan keren? Hihihi … wanna try?

 

3. Do What You Wanna Do

Nah, kalau ini sih tips dari saya, hehe. Do what you wanna do. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan. Yang Anda sukai. Hobi Anda.

 

Saat kita terkena virus writer’s block, mungkin itu pertanda bahwa otak kita perlu diinstal ulang. Minimal, di-refresh. So, salah satu caranya adalah dengan melakukan hal-hal yang kita sukai. Hal yang membuat kita merasa lebih baik dan bahagia.

 

Hanya saja … untuk mengembalikan atau mendapat inspirasi menulis, lakukan hobi Anda dengan cara yang berbeda. How? Dengan meresapinya!

 

Misal, jika Anda senang berolahraga, coba pikirkan bagaimana hidup Anda tanpa olahraga? Jika Anda senang mendengarkan musik, resapi baik-baik setiap kata dalam lagu. Mengapa pengarang lagu tersebut memilih kata-kata itu?

 

Jika Anda senang memasak, perhatikan baik-baik bahan masakan Anda. Bagaimana jadinya jika ada bahan yang diganti? Jika Anda senang traveling, coba dengarkan apa yang alam sampaikan pada Anda.

 

Intinya, optimalkan seluruh indera yang Anda miliki untuk mendapat inspirasi. Lalu buatlah sebuah tulisan!

 

Bagaimana, sudah mendapat ide untuk menulis hari ini? 😁

 

Kalau belum juga, ingatlah pesan Om Bud, “Jangan menunggu ide datang, tapi pancunglah ide itu agar datang”.

 

Masih kurang? Yo wes saya tambahi dengan kalimat yang pernah diungkapkan Dan Poynter :

 

“Jika kamu menunggu inspirasi untuk menulis maka you’re not a writer, you’re a waiter.”

 

Beuh, jleb banget! Hehehe …

So, ayo nulis! Nulis! Nulis!

Be a writer not a waiter 😁

 

Semoga bermanfaat dan menginspirasi 🤗

 

Ditta Widya Utami, S.Pd.

NPA. 10162000676

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed