Manchester City Kokoh di Puncak Klasemen Liga Premier

Manchester City kokoh di puncak klasemen setelah Erling Haaland mencetak 3 gol dalam kemenangan 5-1 atas Fulham di Stadion Etihad, Sabtu (2/9/23) pada matchday 4 Premier League.

Dengan kemenangan ini City tetap kokoh di puncak klasemen dengan nilai sempurna 12 poin dengan surplus 9 gol.

Mereka unggul atas tim-tim lain sepeti Tottenham Hotspur di posisi kedua dengan 10 poin, disusul West Ham juga dengan 10 poin.

Malam itu Pep Guardiola menurunkan starter tanpa diperkuat oleh Jack Grealish yang mengalami cedera otot. Posisinya diserahkan kepada pemain baru Jeremy Doku untuk melakukan debut.

Manuel Akanji dan Phil Foden keduanya kembali turun ke lapangan menjadi starter setelah pulih kebugarannya.

Sementara itu rekrutan baru dari Wolves, Matheus Nunes yang baru tiba di hari batas akhir jendela trasnfer, masuk sebagai pemain di bangku cadangan.

Formasi City menggunakan 4-2-3-1 dengan memilih penjaga gawang Ederson dan kuartet lini belakang yang terdiri dari Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ae dan Manuel Akanji.

Menempatkan duet pivot sebagai stabilisator tim diberikan kepada Mateo Kovacic dan Rodrigo.

Mereka adalah gelandang yang bertanggung jawab pada keseimbangan dan transisi tim pada saat menyerang dan bertahan.

Sementara itu Jeremi Doku melakukan debutnya bersama Citizen malam itu sebagai pengganti posisi Gralish di winger kanan.

Untuk posisi winger kiri masih ada Phil Foden yang kembali bugar untuk membantu memberikan bola-bola silang dari sisi sayap.

Julian Alvarez kali ini bertugas sebagai penyerang lubang di belakang Erling Haaland sebagai penyerang tunggal.

Gol pembuka City hadir ketika Julian Alvarez mencetak skor pada menit ke-30. Alvarez berhasil membobol gawang Fulham dengan memanfaatkan umpan dari Erling Haaland.

Namun Fulham berhasil menyamakan kedudukan hanya 3 menit kemudian, ketika bek tengah Fulham, Tim Ream mencetak gol ke gawang yang kosong setelah Ederson menggagalkan upaya Raul Jimenez.

Nathan Ake berhasil membuat City unggul 2-1 pada injury time babak pertama menyelesaikan umpan dari sepak pojok Phil Foden.

Namun gol ini menjadi kontroversial karena sebelum terjadi gol, Manuel Akanji bergerak dalam posisi off side, tapi VAR tidak membatalkan gol itu setelah melakukan review.

Akanji juga beraksi sehingga pandangan Bernd Leno terhalang sehingga kiper Fullham tersebut tidak berdaya mencegah bola masuk ke gawangnya.

Pada babak kedua skuad Pep Guardiola itu semakin menguasai permainan. Erling Haaland mulai menemukan ketajamannya.

Pemain asal Norwegia ini kemudian mencetak tiga gol pada babak kedua ini. Bagi Haaland ini adalah hat-trick ketujuh sejak bergabung dengan City.

Gol Haaland dicetak ketika babak kedua baru berjalan 13 menit. Kemudian menyusul gol berikutnya pada menit ke-70 dari titik penalti dan di injury time menit ke-90+5.

Keberhasilan mengeksekusi penalti bagi Haaland, merupakan pemenebusan kegagalan tendangan penalti minggu lalu ketika City melawan Sheffield United.

Sejauh ini Haaland menjadi pemain tercepat dalam sejarah kompetisi papan atas yang mencapai 50 keterlibatan gol, dengan 42 gol dan sembilan assist hanya dalam 39 penampilan Premier League.

Melihat kiprahnya hingga 4 laga yang telah dijalani City, sosok yang satu ini bisa kembali menjadi top skor kompetisi tertinggi di Inggris pada musim ini.

Selamat kepada Pep Guardiola dan skuad Manchester City dengan keberhasilannya meraih 3 poin penuh untuk kokoh sebagai pemucak klasemen Premier League.

Salam bola @hensa17.

Tinggalkan Balasan