Liverpool Geser Manchester City di Klasemen Premier League

Berita, Olahraga0 Dilihat

Liverpool menggeser posisi Manchester City di klasemen Premier League setelah dalam laga pekan ke-14 skuad City gagal menang atas tamu mereka Tottenham Hotspur di Etihad, Minggu (3/12/23).

Terjadi 6 gol dalam laga tersebut dimana skuad asuhan Pep Guardiola ini hanya bermain imbang 3-3 dengan Tottenham Hotspur sehingga City hanya menambah satu poin. 

Dengan hasil ini The Citizen boro-boro mendekati Arsenal yang kokoh di puncak klasemen, tapi juga mereka harus tergeser oleh Liverpool yang malam itu menang 4-3 atas tamu mereka, Fulham di Anfield.

Manchester City kini berada pada peringkat ketiga dengan meraih 30 poin di bawah Liverpool di posisi kedua dengan 31 poin. Sementara Arsenal ada di puncak klasemen dengan 33 poin.

Pada laga big match menghadapi skuad asuhan Ange Postecoglou, Tottenham Hotspur, pasukan tuan rumah City dengan percaya diri memulai laga dengan serangan gencar ke gawang Spurs.

Namun justru gol cepat Son Heung min mengagetkan mereka. Striker asal Korea Selatan ini berhasil mencetak gol pada menit ke-6 untuk keunggulan skuad London 1-0.

Berawal dari serangan balik yang sangat cepat, Son Heung min menerobos dari dalam area pertahanannya sendiri memanfaatkan umpan panjang Kulusevski.

Pemain Korea Selatan yang cepat ini berhasil mengecoh Jeremy Doku sebelum melepaskan tembakan rendah yang tidak mampu dijangkau kiper City, Ederson.

Gol ini menjadi catatan bagi Son Heung min yang menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol tandang di ajang Premier League menghadapi empat juara bertahan.

Son Heung min juga berhasil melakukannya ketika menghadapi juara bertahan saat itu dari skuad Leicester City, Chelsea dan Liverpool.

Namun hanya 3 menit kemudian gol balasan City lahir justru akibat gol bunuh diri dari Son yang salah mengantisipasi tendangan bebas Julian Alfarez dari sebelah kanan area serangan skuad City.

City unggul menjadi 2-1 pada menit ke-31 berkat gol Phil Foden. Pemain muda Inggris ini menerima umpan cerdas dari Julian Alvarez.

Lalu Foden berhasil menaklukan kiper Spurs Guglielmo Vicario dan menembak bola dari jarak dekat. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, pasukan Pep Guardiola terus menyerang dengan tekanan bertubi-tubi ke gawang tamu mereka.

Beberapa peluang City lahir diantaranya tendangan indah Bernardo Silva dengan bagian luar kaki kirinya ditepis secara spektakuler oleh Vicario.

Namun gol yang datang kemudian berpihak pada Spurs. Pada menit ke-69 gol itu lahir ketika Giovani Lo Celso menerima umpan Son Heung min sebelum melakukan tendangan rendah ke gawang yang dikawal Ederson. Skor menjadi imbang mejadi 2 – 2.

Laga semakin menarik dengan gencarnya tuan rumah menyerang frontal dan terpaksa pasukan Spurs harus bertahan total.

Gol City akhirnya kembali lahir dari kaki Jack Grealish untuk membawa tim tuan rumah unggul 3-2 dengan hanya sembilan menit tersisa.

Gol ini hasil kerja sama yang apik berawal dari gelandang City, Rodri yang merebut bola dari gelandang bertahan Spurs, Yves Bissouma.

Lalu City dengan cepat melakukan serangan di sisi kanan, dengan Haaland memotong bola kembali untuk Grealish yang berhasil menaklukan kiper Spurs, Vicario.

Ketika semua suporter di Etihad ini lega dengan keunggulan skuad kesayangan mereka, tapi sangat disayangkan keunggulan ini ternyata tidak mampu dipertahankan skuad Manchester City dalam sisa waktu 9 menit tersebut.

Gol penyama kedudukan dari skuad Spurs lahir berkat sundulan kepala Dejan Kulusevki. Bagi skuad City gol ini sangat menyesakkan.

Brennan Johnson memberikan umpan silang dari area sayap kepada Kulusevski, yang mengarahkan sundulannya ke sudut kiri atas gawang Ederson untuk menyamakan kedudukan secara dramatisdengan skor 3-3.

Pada pekan ke-14 Premier League ini juga tidak kalah menarik adalah drama yang terjadi dalam laga Liverpool di Anfield, menghadapi tamu mereka klub asal London, Fulham.

Hujan gol sebanyak 7 gol tercipta dalam laga tersebut. Liverpool mencetak gol pada menit ke-87 dan ke-88 untuk mengejar ketinggalan mereka.

Dua gol di menit-menit akhir tersebut membuat Liverpool unggul 4-3 atas Fulham, menghasilkan kebangkitan akhir yang sensasional.

Saat itu pasukan The Reds sempat tertinggal 3-2 hingga menit ke-80 akibat gol dari sundulan Bobby De Cordova-Reid.

Namun dua gol yang lahir dari kaki Wataru Endo dan Trent Alexander Arnold hanya 3 menit sebelum laga berakhir membuat Liverpool meraih kemenangan 4-3 atas tamu mereka. Sungguh sangat dramatis bagi Fans The Reds.

Serangkaian laga Premier League pada bulan Desember ini semakin ketat dan seru paling tidak mereka akan menghadapi hingga pertandingan yang ke-20 di akhir Desember 2023 nanti. Akhir tahun yang sibuk di tengah Natal dan Tahun Baru.

Salam bola @hensa17.

Tinggalkan Balasan