Piala Dunia U17 FIFA 2023 : Jerman Juara

Piala Dunia U17 FIFA tahun 2023 di Indonesia menyajikan laga final antara Jerman dan Prancis. Laga ini adalah ulangan final Piala Eropa U17 2023 yang dimenangkan Jerman melalui duel adu penalti. 

Kini mereka kembali bertemu untuk memperebutkan trofi yang jauh lebih bergengsi yaitu Piala Dunia U17, berlangsung di Stadion Manahan Surakarta, Sabtu (2/12/23) mulai pukul 19.00 WIB. 

Bagi skuad Jerman final ini adalah upaya menorehkan sejarah baru meraih gelar perdana juara Piala Dunia U17, sementara bagi Prancis adalah misi balas dendam atas kekalahan mereka dari Jerman di final Piala Eropa U17 2023.

Jerman melangkah ke final setelah menyingkirkan Argentina di semifinal, Selasa (28/11). Tim asuhan Christian Wuck itu menang dramatis atas Tim Tango muda dalam babak adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal.

Pada final Euro U17 bulan Juni tahun 2023 yang berlangsung di Budapest Hungaria, Jerman sukses mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti 5-4 setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal.

Sedangkan Prancis sukses menumbangkan Mali dengan skor tipis 2-1. Skuad Les Bleuets jadi tim paling solid karena baru kebobolan satu gol sepanjang turnamen.

Pada final ini Jerman sedang berusaha meraih gelar perdananya sebagai juara Piala Dunia U-17 dalam sejarah mereka.

Sebelumnya, tim muda Die Mannschaft baru merasakan sebagai runner up pada edisi ajang Dunia itu pada tahun 1985. Ketika itu Jerman masih bernama Jerman Barat.

Perjalanan Jerman hingga babak final diawali dengan kemenangan 3-0 atas Meksiko, 3-1 atas Selandia Baru dan 3-0 atas Venezuela, meraih juara grup F.

Pada 16 besar menang 3-2 atas Amerika Serikat. Di perempat final menang 1-0 atas Spanyol dan di semi final menyingkirkan Argentina dalam duel adu penalti 4-2 setelah imbang 3-3 di waktu normal.

Sementara itu bagi Prancis, gelar juara Piala Dunia U17 tahun 2023 ini adalah mengulang kesuksesan mereka yang diraih pada edisi tahun 2001 yang lalu.

Laga final ini seakan sebuah nostalgia yang kembali ingin mereka ulangi dengan prestasi Les Bleuets di ajang Piala Dunia U17 edisi tahun 2001.

Satu hal yang menjadi tekad Prancis adalah berusaha untuk membalas kekalahan mereka dari Jerman dalam adu penalti di final Piala Eropa U17, Juni lalu.

Sejauh ini Prancis telah tampil sangat mengesankan di kompetisi ini hanya sekali mengalami kebobolan dari gol Mali di semi final kemarin. Hal ini tidak lepas berkat usaha keras dari solidnya lini pertahanan skuad Prancis.

Perjalanan Prancis hingga babak final dimulai dengan kemenangan 3-0 atas Burkina Faso di grup E lalu menang 1-0 atas Korea Selatan dan 3-0 atas Amerika Serikat.

Laga ketat di 16 besar Prancis menang 5-3 dalam adu penalti lawan Senegal setelah bermain imbang 0-0 dalam waktu normal. Di perempat final menang 1-0 atas Uzbekistan sebelum menyingkirkan Mali di semi final.

Sungguh ini adalah dua tim finalis yang memiliki catatan laga yang sangat mengesankan. Jerman dan Prancis telah teruji selama perjalanan mereka hingga ke final.

Final ini berjalan ketat saling serang antara kedua tim seimbang. Jerman unggul lebih dulu 1-0 pada babak pertama.

Gol Jerman dicetak oleh Paris Brunner dari titik penalti akibat hukuman pelanggaran di area penalti Prancis pada menit ke-29.

Pada babak kedua kembali gol kedua Jerman lahir yang dicetak oleh Noah Darvich pada menit ke-51.

Tertinggal dua gol, Prancis memberikan respon hanya dua menit kemudian setelah gol kedua Jerman, mereka berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 berkat kreasi Saimon Bouabre dengan memanfaatkan asis dari Sangui.

Pada menit ke-69 Jerman harus bermain dengan 10 pemain. Hal itu karena Osawe mendapatkan kartu kuning kedua sehingga diganjar kartu merah.

Prancis terus menyerang memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka. Saat melawan Mali di semi final, Prancis berhasil comeback setelah tertinggal 0-1 menjadi unggul 2-1.

Jerman dengan 10 pemain lebih banyak bertahan karena tertekan dengan serangan gencar Prancis. Hanya sesekali saja Jerman melakukan serangan balik.

Usaha keras Prancis akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Berawal dari pergerakkan dari Gomis dari sisi kiri pertahanan Jerman. Bola asisnya berhasil menjadi gol berkat tembakan kaki Mathis Amougou.

Skuad Prancis terus mengepung Jerman dari segala penjuru. Beberapapeluang mereka ciptakan tapi penjaga gawang Jerman, Konstantine Heide berhasil meredam tembakan-tembakan mereka.

Akhirnya hingga waktu normal skor tetap 2-2 dan harus diselesaikan dengan duel adu penalti. Drama adu penalti di final malam itu menjadi milik Jerman setelah menang dengan skor 4-3.

Dengan kemenangan ini Jerman telah menorehkan sejarah meraih juara untuk pertama kalinya di ajang Piala Dunia U17 FIFA.

Mereka layak mendapatkannya karena penampilan yang konsisten selama ajang ini berlangsung.

Selamat kepada Jerman Sang Juara Piala Dunia U17 FIFA tahun 2023 di Indonesia yang berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.

Tentu saja kepada Indonesia penghargaan dan rasa bangga tiada terhingga karena telah berhasil menjadi penyelenggara yang sukses. Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa17.

#Germany

Tinggalkan Balasan