Peluang Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Dunia U17

Berita, Olahraga0 Dilihat

Piala Dunia U17 sudah memasuki matchday kedua pada fase grup. Tercatat sudah 4 grup menyelesaikan laga-laga mereka yaitu Grup A, B, C dan D. Hari ini tinggal grup E dan F merampungkan laga kedua mereka.

Timnas Indonesia U17 saat ini berada pada posisi ke-3 grup A dengan dua poin hasil dari bermain imbang melawan Ekuador dan Panama.

Pada matchday kedua fase grup ini Brasil dan Argentina berhasil bangkit dari kekalahan mereka di laga perdananya. Brasil menang besar 9-0 atas New Caledonia dan Argentina menang 3-1 atas Jepang.

Kemenangan ini membuat Brasil naik ke posisi kedua di grup C dan Argentina juga merangkak ke posisi kedua grup D. Mereka sekarang diunggulkan lolos ke babak 16 besar dari grup masing-masing.

Ekuador memimpin puncak klasemen grup A dengan 4 poin berkat kemenangannya 2-0 atas Maroko pada laga kedua mereka. Maroko sendiri berada di posisi kedua denga 3 poin.

Sementara Panama berada pada posisi juru kunci karena mereka setelah kalah dari Maroko, hanya mampu meraih satu poin dari imbang dengan Indonesia.

Melihat posisi seperti ini Ekuador merupakan tim paling besar peluangnya lolos ke 16 besar. Mereka hanya butuh bermain imbang melawan Panama, tapi mereka juga diunggulkan bisa menang atas Panama.

Tim kedua yang besar peluangnya lolos adalah Maroko. Melihat permainan dari skuad runner up Piala Afrika U17 ini, jelas Maroko lebih unggul dari Indonesia. Bahkan mereka cukup imbang saja sudah lolos ke 16 besar.

Pada posisi ketiga dengan dua poin, Timnas Garuda Asia tidak ada jalan lain kecuali memenangkan laga terakhirnya menghadapi Maroko jika mereka ingin bersaing lolos ke 16 besar.  Atau bermain imbang masih membuka peluang Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar. Hanya kekalahan yang membuat Garuda Asia tersisih.

Kemenangan atas Maroko membawa Timnas Indonesia U17 ke posisi kedua dengan 5 poin menggeser Maroko yang hanya punya 3 poin. Inilah satu-satunya cara paling aman untuk lolos ke 16 besar.

Bagaimana jika ternyata hanya mampu bermain imbang dengan Maroko? Maka Timnas Indonesia U17 hanya mengumpulkan 3 poin dengan selisih gol Nol.

Dengan memiliki 3 poin terlalu riskan bersaing dengan tim-tim peringkat ketiga dari grup lain seperti Uzbekistan (grup B), Iran (grup C) dan Jepang (grup D).

Uzbekistan akan menghadapi Spanyol dalam laga terakhir grup B dan Jepang menghadapi tim kuat Senegal di grup D. Dua tim ini harus menempuh jalan terjal untuk meraih peringkat ketiga terbaik.

Mungkin ini kesempatan baik bagi Indonesia bisa bersaing karena Jepang dan Uzbekistan menghadapi lawan kuat di laga terakhir mereka.

Sementara Iran menghadapi lawan yang ringan di laga terakhirnya yaitu New Caledonia yang sudah kebobolan 19 gol dari Inggris dan Brasil.

Saat ini Indonesia masih berada pada posisi ke-4 sebagai peringkat ketiga terbaik di bawah Uzbekistan 3 poin, Iran 3 poin, Jepang 3 poin, Indonesia 2 poin, Korea Selatan 0 poin dan Meksiko 0 poin.

Korea Selatan di grup E dan Meksiko di grup F baru memainkan laga mereka yang kedua fase grup pada hari ini, Rabu (15/11/23). Korea Selatan berhadapan lawan Prancis dan Meksiko menghadapi Venezuela.

Dua laga tersebut cukup berat bagi Korea Selatan dan Meksiko. Misalnya mereka kalah dalam laga tersebut, mereka masih punya kesempatan terakhir menghadapi lawan-lawannya di gup mereka.

Meksiko akan berhadapan lawan tim lemah New Zealand dan Korea Selatan berhadapan lawan Burkina Faso. Tampaknya Meksiko lebih berpeluang menang atas New Zealand untuk meraih 3 poin.

Timnas Indonesia U17 masih punya peluang lolos ke 16 besar hanya ada satu syaratnya yaitu tidak kalah dari Maroko pada laga terakhirnya di grup A. Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa17.

Tinggalkan Balasan