Lionel Messi Bawa Argentina ke Final Piala Dunia 2022

Berita, Olahraga0 Dilihat

Lionel Messi menjadi sosok penting kemenangan Argentina 3-0 atas Kroasia di babak semi final Piala Dunia 2022. 

Laga Argentina lawan Kroasia berlangsung pada Rabu (14/12/22) pukul 02.00 WIB dini hari di Lusail Iconic Stadium, Doha.

Messi benar-benar sebagai pemain kunci yang membuat perbedaan dalam laga ini. Laga baru berlangsung 34 menit Argentina unggul dari titik penalti berkat tembakan Messi.

Penalti sebagai hadiah dari wasit asal Italia, Daniele Orsato akibat pelanggaran kiper Kroasia Dominik Livakovic terhadap Julian Alvarez.

Gol penalti Messi ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Argentina di Piala Dunia dengan 11 gol melewati rekor Gabriel Batistuta dengan 10 gol.

Messi juga berperan dalam lahirnya gol kedua Argentina 5 menit kemudian melalui kaki Julian Alvarez. Berawal dari serangan balik bola dari kaki Messi berpindah kepada Julian Alvarez.

Striker muda yang bermain di Manchester City ini melakukan pergerakan individu yang memukau. Alvarez melewati dua bek tengah sekaligus kiper Kroasia yang tidak berdaya mencegah bola membobol gawangnya.

Gol ketiga Argentina terjadi pada babak kedua tepatnya di menit ke-69. Ketika Messi melesat melewati Josko Gvardiol di sebelah kiri pertahanan Kroasia.

Dengan satu gerakan memutar, Messi berhasil melewati Gvardiol lalu memberikan umpan tarik dengan kaki kanannya. saat itu Alvarez pada posisi yang tepat menyambar bola melewati jangkauan Livakovic.

Argentina dalam laga ini bermain sangat taktis. Mereka hanya menunggu para pemain Kroasia menyerang. Itulah sebabnya kepemilikan bola Argentina hanya sekitar 40 persan.

Namun demikian Argentina sangat efektif menjalani laga ini. Hal itu terlihat dari peluang mereka untuk mencetak gol lebih banyak dari Kroasia.

Argentina memiliki 7 tembakan tepat sasaran dan hanya satu yang off target serta kiper dua tembakan berhasil diblok kiper.

Sementara Kroasia hanya punya 2 tembakan tepat sasaran dari 12 peluang yang mereka miliki. Sehingga benar-benar angka statistik yang menunjukkan permainan mereka tidak efektif dengan 60 persen dominasi bola.

Kemenangan Argentina ini membuka peluang mereka untuk meraih Piala Dunia La Albiceleste yang ketiga kalinya. Spesial bagi Messi ini juga menjadi kesempatan emas dalam karir sepak bolanya untuk mencetak sejarah.

Selamat untuk Argentina dan Lionel Messi.

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan